Logo Skycitytrans

10 Rekomendasi Rest Area Tol Trans Jawa Untuk Mudik Lebaran

Rekomendasi Rest Area – Mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi memang membutuhkan istirahat yang cukup karena dapat menguras stamina. Rest area yang tersedia di sekitar jalan tol menjadi solusi bagi para pemudik untuk beristirahat sejenak, termasuk di wilayah Tol Trans Jawa.

Terdapat beragam pilihan rest area di sepanjang jalur Trans Jawa yang tidak hanya lengkap dengan fasilitasnya, tetapi juga memiliki tampilan yang menarik untuk menghilangkan kepenatan. Berikut adalah beberapa rekomendasi rest area tol Trans Jawa yang menarik untuk persiapan mudik lebaran mendatang.

Rekomendasi Rest Area Tol Trans Jawa

1. Rest Area KM 391 (Tol Semarang – Batang)

rekomendasi rest area

(Sumber: Suara.com)

Salah satu rest area yang terbilang terbaik di Tol Trans Jawa terletak di Kabupaten Kendal, tepatnya di KM 391 Tol Semarang-Batang arah Jakarta. Rest area ini bukan hanya tempat untuk beristirahat sejenak selama perjalanan mudik, tetapi juga cocok untuk menyegarkan pikiran dengan pemandangan menarik di sekitarnya. Terdapat banyak food station yang menyediakan berbagai kuliner khas Jawa Tengah untuk dinikmati oleh para pemudik.

2. Rest Area KM 575 (Tol Ngawi-Sragen)

rekomendasi rest area

(Sumber: detikFinance – detikcom)

Jika Anda merasa bahwa rest area biasanya memiliki suasana yang membosankan, coba kunjungi rest area ini. Desain bangunannya sangat instagramable dengan gaya arsitektur Eropa modern-klasik. Selain itu, terdapat banyak spot menarik lainnya bagi penggemar fotografi. Rest area ini berlokasi di KM 575 Tol Ngawi-Sragen.

Di rest area ini, terdapat taman, halaman, dan berbagai fasilitas lainnya yang didesain dengan sangat unik. Panorama alam Gunung Lawu di sekitarnya juga menambah suasana menjadi lebih sejuk. Tersedia banyak outlet pujasera yang siap memanjakan lidah dengan beragam kuliner lezat.

3. Rest Area KM 429 (Tol Semarang – Bawen)

rekomendasi rest area

(Sumber: IDN Times)

Masih di sekitar Semarang, terletak di wilayah Kabupaten Ungaran, terdapat sebuah rest area yang menawarkan pemandangan pegunungan yang memesona. Rest area ini berada di KM 429 dan menjadi tempat yang cocok bagi para pemudik untuk bersantai sejenak menikmati udara segar di sekitarnya.

Selain itu, pengelola juga menyediakan beragam fasilitas pendukung dengan baik. Ada masjid, SPBU, dan restoran yang siap memenuhi kebutuhan para pengguna jalan. Tidak hanya itu, area taman bermain anak juga tersedia untuk membuat anak-anak terhibur selama perjalanan mudik.

Tidak hanya menawarkan keindahan di siang hari, pengunjung juga bisa menikmati kecantikan panorama matahari terbenam di arah Gunung Ungaran. Pengalaman ini tidak hanya sekadar mudik, tetapi juga menjadi momen penyembuhan melalui keindahan alam.

4. Rest Area KM 5 (Tol Jatingaleh – Krapyak)

Jika Anda sampai di Semarang, salah satu rest area terdekat yang sangat direkomendasikan adalah rest area KM 5. Terletak di wilayah Tol Trans Jawa yang masuk ke dalam kota Semarang dan menuju arah Jakarta. Fasilitas umum yang lengkap dengan mudah ditemukan di sini, termasuk masjid, pusat oleh-oleh, dan SPBU untuk memenuhi kebutuhan pemudik.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen saat berada di rest area ini dengan berfoto. Desain bangunannya yang modern menjadi ciri khas tersendiri. Selain itu, rest area di Tol Jatingaleh-Krapyak ini juga menawarkan bangunan yang luas dan nyaman untuk beristirahat.

5. Rest Area 97 (Tol Purbaleunyi)

Rest area yang terletak di Tol Purbaleunyi ini mengarah ke arah Jakarta. Pada musim mudik, kunjungan pengunjung meningkat secara signifikan. Meskipun demikian, sistem one way yang diterapkan memudahkan akses masuk ke dalam rest area ini bagi para pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di area istirahat bagi pengguna jalan ini sangat lengkap. Mulai dari SPBU, restoran, masjid, hingga toilet, semuanya tersedia dengan lengkap. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan menarik di sekitarnya.

6. Rest Area KM 57 (Tol Cikampek)

rekomendasi rest area

(Sumber: AUKSI)

Salah satu keunikan dari rest area KM 57 adalah luasnya area parkir yang disediakan. Hal ini tentu membuat akses keluar-masuk menjadi lebih mudah bagi pengunjung. Rest area ini juga menawarkan berbagai fasilitas lain yang memberikan kenyamanan kepada para pemudik, seperti masjid, SPBU, restoran, toilet, pemandangan yang instagramable, dan masih banyak lagi.

7. Rest Area KM 88 (Tol Purbaleunyi)

rekomendasi rest area

(Sumber: Blibli.com)

Salah satu fitur menonjol dari rest area ini adalah keberadaan masjidnya. Masjid yang dikenal sebagai Al-Safar ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah bagi para pemudik, tetapi juga memiliki desain yang sangat unik dan instagramable. Desain masjid ini dikreasikan oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, yang menghadirkan keindahan futuristik.

Selain itu, keberadaan mobil Wuling Alvez juga dapat menambah kesan yang apik pada foto-foto Anda. Mobil ini tidak hanya menawarkan desain yang stylish dan modern untuk kalangan muda, tetapi juga memberikan kenyamanan dengan fitur-fitur unggulannya. Salah satunya adalah teknologi Remote Control App atau IoV (Internet of Vehicle) yang memungkinkan Anda terhubung dengan mobil melalui internet.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati fitur Online Music dan Online Navigation untuk pengalaman perjalanan yang lebih seru. Dalam hal keamanan, mobil ini dilengkapi dengan ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang memiliki tiga fitur utama: Adaptive Cruise, Lane Recognition, dan Safe Distance & Braking Assistance.

8. Rest Area KM 207A (Tol Palimanan – Kanci)

rekomendasi rest area

(Sumber: Otomotif – TEMPO.co)

Rest area di Tol Trans Jawa berikutnya terletak di daerah Brebes, Jawa Tengah. Selain kenyamanan yang ditawarkan, berbagai layanan juga tersedia di sini. Salah satunya adalah pengaturan jalur khusus saat musim padat seperti saat mudik lebaran.

Area istirahat ini menyediakan jalur terpisah untuk pengisian bahan bakar, tempat makan, dan fasilitas toilet. Jalur yang terpisah ini bertujuan untuk mempercepat antrian saat ramai, sehingga pengunjung tetap merasa nyaman.

9. Rest Area KM 456A-456B (Tol Semarang-Solo)

rekomendasi rest area

(Sumber: Regional – KOMPAS.com)

Keunikan dari rest area ini terletak pada keberadaan skybridge yang juga instagramable. Skybridge ini menghubungkan area 456A dan 456B. Konsepnya menarik, sehingga rest area ini tidak hanya sekadar tempat untuk beristirahat, tetapi juga menambah pengalaman baru selama perjalanan.

Bangunannya didesain dengan arsitektur yang mirip dengan pendopo, dengan suasana yang terasa mewah dan modern di sekitarnya. Selain menyediakan restoran, pujasera, dan fasilitas umum lainnya, pengalaman liburan juga dapat dirasakan saat beristirahat di rest area Tol Semarang-Solo ini.

10. Rest Area KM 260B (Tol Pejagan-Pemalang)

rekomendasi rest area

(Sumber: Regional – KOMPAS.com)

Tidak terduga bahwa bekas pabrik gula dapat diubah menjadi rest area yang instagramable. Tempat istirahat ini telah mengalami berbagai modifikasi sehingga pengunjung dapat menikmati beragam fasilitas dan kenyamanan selama beristirahat di sini.

Desain bangunannya yang vintage sangat unik dan menarik untuk difoto. Dengan kapasitas bangunan yang mampu menampung hingga 10 ribu pengunjung, rest area di Tol Pejagan-Pemalang ini dapat memberikan kenyamanan dan kesempatan bagi para pemudik untuk beristirahat. Fasilitas yang lengkap dan luas area istirahat ini sesuai dengan kebutuhan para pengguna jalan. Mulai dari pusat kuliner dan oleh-oleh, masjid, hingga toilet, semuanya tersedia dengan baik.

Itulah 10 rekomendasi rest area yang berhasil kami rangkum. Rest area di Tol Trans Jawa tersebut tidak hanya membantu para pemudik untuk beristirahat, tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih menarik melalui layanan dan fasilitas yang disediakan. Agar mudik penuh dengan pengalaman yang menarik dan tak terlupakan, sewa Hiace saja di Skycity Trans!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...