Logo Skycitytrans

10 Wisata Kota Tua Jakarta yang Populer dan Instagrammable

Ingin merasakan suasana liburan yang unik? Cobalah kunjungi Kota Tua Jakarta sebagai destinasi wisata! Di sana, terdapat beragam atraksi yang cocok dinikmati bersama anak-anak. Mulai dari wisata edukasi sejarah hingga pemandangan yang memukau. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Bacalah ulasan di bawah ini!

Mengenal Wisata Kota Tua Jakarta

Old Batavia atau Kota Tua Jakarta adalah salah satu destinasi wisata yang paling ikonis di ibu kota. Kawasan ini telah ada sejak masa kolonial Belanda dan masih menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun internasional hingga saat ini. Jadi, apa saja tempat wisata yang dapat ditemukan di Kota Tua Jakarta? Berikut beberapa tempat ikonis yang layak Anda kunjungi saat berwisata di sana.

1. Stasiun Kereta Api Jakarta Kota

6 Fakta Stasiun Jakarta Kota, Ada Peresmian dengan Tanam Kepala Kerbau Halaman all - Kompas.com

(Sumber: Travel Kompas)

Stasiun Kereta Api Jakarta Kota, yang didirikan pada tahun 1870, merupakan stasiun tertua di kota ini. Hingga kini, stasiun ini tetap menjadi tempat aktif untuk jalur commuter line Jabodetabek.

Stasiun ini juga dikenal dengan nama Stasiun Beos, terletak tepat di seberang Taman Fatahillah, dan memiliki arsitektur yang mencerminkan gaya Belanda klasik.

2. Art Street Kota Tua

Tidak terlalu jauh dari pintu masuk stasiun kota, langsung di seberangnya, Anda akan menemukan Art Street Kota Tua. Area ini menjadi titik fokus para seniman jalanan.

Di sepanjang jalan, Anda akan melihat seniman jalanan yang melakukan beragam kegiatan seperti bermain musik, cosplay, dan pantomim dengan berbagai kostum yang menggambarkan zaman penjajahan.

3. Taman Fatahillah

Bergerak sedikit dari Art Street, Anda akan masuk ke Taman Fatahillah yang merupakan salah satu tempat paling terkenal di kota tua.

Tempat yang ikonis ini sering digunakan sebagai latar belakang foto prewedding karena atmosfernya yang masih klasik dan unik. Bahkan pengunjung juga dapat menyewa sepeda ontel di sekitarnya untuk mengelilingi kota tua secara menyenangkan.

4. Museum Fatahillah

Jakarta History Museum (Fatahillah Museum) - All You Need to Know BEFORE You Go (with Photos)

(Sumber: Tripadvisor)

Ketika berada di Taman Fatahillah, Anda dapat mengunjungi Museum yang terletak sangat dekat dengan taman. Museum ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu, tetapi tutup setiap hari Senin.

Di dalam Museum Fatahillah, terdapat berbagai koleksi artefak dari zaman penjajahan Belanda, termasuk mebel, senjata, keramik, dan lainnya.

Para pengunjung dapat menikmati pengalaman berwisata sejarah ini tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Hanya dengan membayar Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak, Anda dapat masuk dan menikmati beragam koleksi di dalam museum.

5. Cafe Batavia

Apa yang bisa ditemui di Kota Tua Jakarta berikutnya? Anda bisa singgah di Cafe Batavia yang terletak tepat di seberang museum dan Taman Fatahillah.

Suasana di kafe ini masih memancarkan nuansa kolonial dan vintage yang khas. Pengunjung dapat menikmati beragam hidangan lezat yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp20 ribu hingga ratusan ribu.

6. Pelabuhan Sunda Kelapa

Profil Pelabuhan Sunda Kelapa, Sejarah, dan Fungsinya Halaman all - Kompas.com

(Sumber: Kompas Money)

Pada masa kolonialisme, Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan salah satu pelabuhan tersibuk yang memegang peran utama sebagai tempat sandar kapal-kapal perdagangan besar.

Keberadaan Pelabuhan Sunda Kelapa sebagai pusat perdagangan lintas sudah berlangsung sejak zaman Kerajaan Tarumanegara.

Selain masih berfungsi sebagai pelabuhan yang aktif, saat ini Sunda Kelapa juga menjadi tujuan wisata bagi banyak orang yang ingin menikmati suasana historis atau sekadar mengabadikan momen dengan berfoto.

7. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan, juga dikenal sebagai Engelse Brug, merupakan jembatan tertua di Indonesia yang dibangun pada masa pemerintahan VOC.

Hingga saat ini, jembatan gantung ini masih tegak berdiri dengan kokoh dan seringkali menjadi latar belakang untuk berfoto karena menjadi spot menarik.

8. Toko Merah

Wisata Sejarah Toko Merah di Jakarta, Ketahui Rute dan Harga Tiket Masuknya | Orami

(Sumber: Orami)

Ketika mengunjungi Kota Tua Jakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat Toko Merah yang terkenal dengan desain dan interior bangunannya yang khas serta penuh dengan nuansa klasik.

Sesuai dengan namanya, bangunan ini disebut Toko Merah karena dicat dengan warna merah, yang mengacu pada peristiwa mengerikan pada tahun 1740.

Menurut catatan sejarah, Toko Merah telah mengalami beberapa kali perubahan fungsi, termasuk digunakan sebagai bank, kantor dinas kesehatan, dan berbagai peran lainnya.

9. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia - All You Need to Know BEFORE You Go (with Photos)

(Sumber: Tripadvisor)

Di samping tempat-tempat bersejarah dari masa kolonial Belanda, salah satu atraksi wisata lainnya di Kota Tua Jakarta adalah rangkaian museum perbankan, termasuk Museum Bank Indonesia.

Arsitektur bangunannya tetap mempertahankan gaya kolonial yang khas. Harga tiket masuknya sekitar Rp5 ribu. Di sini, pengunjung dapat melihat koleksi uang kertas yang pernah beredar di Indonesia pada masa lampau secara langsung.

10. Museum Bank Mandiri

Museum Mandiri Jakarta Dibuka Lagi, Ini Harga Tiketnya

(Sumber: Travel Kompas)

Berikutnya, terdapat Museum Bank Mandiri yang berlokasi berdampingan dengan Museum Bank Indonesia. Harga tiket masuk ke museum ini sekitar Rp2 ribu.

Para pengunjung diberikan kesempatan untuk menjelajahi berbagai koleksi yang berkaitan dengan sejarah perbankan, bermula dari era gedung yang sebelumnya dikenal sebagai Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM).

Itulah 10 wisata Kota Tua Jakarta yang populer dan instagrammable yang berhasil kami rangkum. Ayo nikmati berbagai macam pesona keindahan kota Jakarta bersama Skycity Trans!

Skycity Trans: Tempat Sewa Hiace Terpercaya di Jakarta

wisata jakarta

skycity trans

Skycity Trans merupakan salah satu tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta. Berikut adalah alasan mengapa Skycity Trans layak dipertimbangkan:

Mengapa Memilih Skycity Trans?

  1. Reputasi yang Baik: Skycity Trans telah membangun reputasi yang baik sebagai penyedia layanan penyewaan Hiace yang terpercaya di Jakarta. Dengan puluhan ulasan positif dari pelanggan puas, Anda dapat mempercayai layanan yang mereka tawarkan.
  2. Kendaraan Berkualitas: Skycity Trans menyediakan Hiace yang terawat dengan baik dan dalam kondisi prima. Setiap kendaraan menjalani pemeriksaan rutin untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan.
  3. Fleksibilitas Penyewaan: Anda dapat memilih paket penyewaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk perjalanan singkat maupun jangka panjang. Layanan pelanggan mereka juga siap membantu Anda dalam proses penyewaan.
  4. Harga yang Kompetitif: Skycity Trans menawarkan harga yang kompetitif dengan biaya yang jelas dan transparan. Anda tidak perlu khawatir akan adanya biaya tambahan yang tersembunyi.
  5. Layanan Pelanggan yang Responsif: Skycity Trans siap membantu Anda dengan segala pertanyaan dan kebutuhan Anda sepanjang proses penyewaan. Mereka mengutamakan kepuasan pelanggan dan siap memberikan layanan terbaik.

Dengan demikian, jika Anda mencari tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta, Skycity Trans adalah pilihan yang tepat. Dengan reputasi yang baik, kendaraan berkualitas, fleksibilitas penyewaan, harga yang kompetitif, dan layanan pelanggan yang responsif, Anda dapat mempercayakan kebutuhan transportasi Anda kepada mereka. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Skycity Trans untuk mendapatkan pengalaman menyewa Hiace yang menyenangkan dan tanpa stres di Jakarta!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...