Logo Skycitytrans

5 Cara Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Overheat

Cara Merawat Radiator Mobil – Radiator mobil adalah elemen krusial dan pusat dari sistem pengatur suhu mesin, yang bertugas menjaga suhu kendaraan tetap stabil dan mencegah terjadinya kelebihan panas selama proses pembakaran berlangsung.

Sistem pendingin ini bergantung pada tiga komponen inti, yaitu cairan pendingin, minyak pelumas, dan udara. Keseimbangan yang baik dari ketiga komponen ini akan memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja mesin mobil.

Cara Merawat Radiator Mobil

cara merawat radiator mobil

(Sumber: CNN Indonesia)

Oleh karena itu, pemilik kendaraan empat roda perlu memahami dengan baik cara merawat radiator mobil. Mengutip dari laman Professional Auto Repair, berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Memeriksa Level Cairan pada Radiator

Air dalam tangki radiator berperan dalam menjaga suhu mesin mobil tetap stabil. Penurunan volume air dapat menyebabkan risiko overheat atau kelebihan panas pada mesin.

Penting untuk secara teratur memeriksa level air radiator sesuai dengan batas maksimal dan minimal yang ditandai pada tangki. Selain itu, pengisian tangki radiator sebaiknya menggunakan cairan pendingin khusus, karena penggunaan air biasa dapat meningkatkan risiko korosi pada radiator karena kandungan tinggi zat besinya.

2. Membersihkan Tangki Radiator secara Teratur

Untuk mencegah korosi yang dapat merusak mesin, tangki radiator perlu dibersihkan secara rutin, minimal dua minggu sekali. Selain itu, bagian lain dari radiator seperti penutup, pompa oli, klem selang, dan kipas pendingin juga perlu dibersihkan.

Klem selang yang sering terpapar suhu tinggi dapat menjadi rentan terhadap kebocoran. Jika terjadi kerusakan pada selang, segera ganti dan pastikan klemnya terpasang dengan kuat. Pastikan juga kondisi cairan silikon dan tali kipas pada kipas pendingin dalam keadaan baik untuk menjaga suhu mesin tetap stabil.

3. Pilih Penggunaan Radiator Coolant

Untuk menjaga radiator mobil tetap awet, disarankan untuk menggunakan radiator coolant. Fungsi radiator coolant ini adalah menjaga suhu mesin kendaraan tetap stabil.

Pergantian cairan radiator dengan radiator coolant yang dirancang khusus untuk mesin mobil akan membantu menghilangkan karat dan kotoran yang menumpuk di dalam tangki radiator.

4. Pastikan Penutup Tangki Radiator Terpasang dengan Rapat

Penting untuk memastikan bahwa penutup tangki radiator terpasang dengan baik agar cairan radiator coolant tidak bocor, sehingga dapat menjaga suhu mesin mobil.

Selain itu, penutup tangki radiator yang rapat juga penting untuk mengatur tekanan dan menjaga suhu dalam sistem pendingin mobil agar tetap stabil.

5. Hindari Membebani Mobil Melebihi Kapasitasnya

Beberapa beban berlebihan dapat menyebabkan mobil mengalami overheat. Semakin besar beban yang diangkut oleh kendaraan, semakin berat pula tugas radiator untuk mendinginkan mesin mobil.

Karena itu, penting untuk mengetahui batas maksimum beban yang dapat ditampung oleh kendaraan agar kondisinya tetap terjaga dan radiator mobil tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...