Logo Skycitytrans

5 Informasi Jelang Mudik, Jumlah Pemudik Diprediksi 136,7 Juta

Informasi Jelang Mudik – Pemerintah telah memulai persiapan-persiapan untuk menyambut kedatangan mudik Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024. Sejumlah skenario telah disiapkan guna memperlancar arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Dikutip dari detik.com. Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan, mengumumkan berbagai rencana rekayasa lalu lintas dalam Rapat Koordinasi Arus Mudik 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Selasa (5/3/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Korlantas juga menandatangani surat keputusan bersama (SKB) dengan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub dan Ditjen Bina Marga PUPR. Berikut adalah 5 informasi jelang mudik yang disampaikan oleh Kakorlantas:

Informasi Jelang Mudik

informasi jelang mudik

(Sumber: detikNews – detikcom)

1. Prediksi Jumlah Pemudik Menyentuh Angka 136,7 Juta

Irjen Aan menyatakan bahwa jumlah pemudik pada Lebaran 2024 diperkirakan akan meningkat. Kenaikan tersebut diperkirakan mencapai 6 persen dibanding tahun sebelumnya.

Aan Suhanan menjelaskan, “Kemungkinan adanya peningkatan atau minat masyarakat yang akan meninggalkan Jabodetabek sekitar 5-6 persen.”

“Jika tahun sebelumnya terdapat lebih dari 123 juta penduduk Indonesia yang melakukan perjalanan mudik dan liburan selama periode Idul Fitri, dengan penambahan 5 persen hingga 6 persen, jumlahnya mencapai sekitar 136 juta, atau lebih tepatnya 136,7 juta,” tambahnya.

Aan meminta bawahannya untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi akibat peningkatan jumlah pemudik. Dia mengatakan bahwa beberapa skenario rekayasa lalu lintas harus dipersiapkan dengan cermat.

Aan juga mengungkapkan bahwa berbagai strategi pengelolaan arus mudik Lebaran 2023 yang terbukti berhasil akan diadopsi kembali tahun ini. Namun, menurutnya, evaluasi terus dilakukan untuk menyusun rencana rekayasa lalu lintas.

“Kami berharap untuk meraih kesuksesan seperti tahun sebelumnya. Oleh karena itu, kami melakukan persiapan-persiapan, termasuk survei kesiapan jalur, survei kesiapan operasional, kesiapan personel, dan semua fasilitas yang dibutuhkan,” kata Aan.

“Dalam setiap kepolisian daerah juga dilakukan survei yang sama, sehingga kami dapat mengidentifikasi dan memetakan potensi hambatan selama Operasi Ketupat 2024 nanti,” tambahnya.

2. One Way di Jalan Tol Trans Jawa dari Kilometer 72 hingga Kilometer 414

Aan menyatakan bahwa pihaknya akan mengatur batasan operasional transportasi barang selama periode arus mudik dan balik Lebaran. Dia menjelaskan bahwa ada pengecualian untuk kendaraan yang mengangkut barang pokok dan bahan bakar minyak (BBM).

“Apa yang kami atur pertama adalah pembatasan operasional beberapa kendaraan pengangkut barang dengan sumbu tiga ke atas, namun ada beberapa pengecualian untuk barang pokok, kebutuhan sehari-hari masyarakat, dan BBM,” ujar Aan Suhanan.

Aan menjelaskan bahwa rekayasa lalu lintas akan dilakukan baik di jalan tol maupun di jalan arteri. Salah satu bentuk rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan adalah penerapan sistem one way di Jalan Tol Trans Jawa.

“Jadi, dalam Surat Keputusan Bersama (SKB), kami telah menetapkan tanggal-tanggal pelaksanaannya. Secara jelas, tanggal 5 April 2024 pukul 14.00 WIB, kami akan menerapkan kontraflow, kemudian one way, dan juga pembatasan operasional kendaraan pengangkut barang tertentu. Hal ini akan berlaku mulai tanggal 5 April 2024 pukul 14.00 WIB,” jelasnya.

Dia kemudian menjelaskan di mana kontraflow dan one way akan dimulai. Dia juga menyebutkan bahwa petugas akan mencari solusi untuk mengatasi kepadatan di area istirahat jalan tol.

“Dengan kata lain, mulai dari Kilometer 36, kami akan menerapkan kontraflow. Mulai dari Kilometer 72 hingga Kilometer 414 di Kalikangkung, kami akan menerapkan sistem one way dan pembatasan operasional juga akan berlaku pada hari itu,” tambahnya.

“Kemudian, pengelolaan area istirahat memang menjadi perhatian karena kapasitasnya masih terbatas. Oleh karena itu, kami perlu mengatur, pertama-tama, pengaturan di pintu masuk area istirahat, dan kemudian mengatur arus lalu lintas di dalam area istirahat agar tidak terjadi penumpukan di depan. Ini sudah disepakati dengan pengelola area istirahat, kami akan melakukan intervensi untuk mengatur aliran lalu lintas di dalamnya,” tambahnya.

3. Rekayasa di Rest Area Tol 

Dia menyoroti masalah yang timbul di rest area saat musim mudik dan balik Lebaran tahun sebelumnya. Dia mengungkapkan bahwa kapasitas area istirahat tidak pernah meningkat, menyebabkan kemacetan akibat penumpukan kendaraan yang ingin masuk.

“Rest area ini masih menjadi permasalahan yang perlu kita tangani dengan mengatur aliran masuk dan keluar serta arus lalu lintas di dalamnya. Karena dalam dua tahun terakhir, kapasitas area istirahat tidak pernah bertambah,” ujar Aan.

Aan meminta jajaran Direktorat Lalu Lintas untuk menyiapkan solusi-solusi. Salah satu solusi yang diusulkan adalah mengatur rekayasa lalu lintas di dalam area istirahat.

“Jadi, saya harap Direktur Lalu Lintas yang memiliki tanggung jawab terhadap rest area dapat bekerja sama dengan pengelola area istirahat untuk merencanakan rekayasa lalu lintas di sana. Karena ini masih menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan,” tambahnya.

Aan menekankan bahwa keberhasilan kebijakan lalu lintas yang disiapkan juga membutuhkan dukungan dari para pemudik. Dia mengajak pemudik untuk mematuhi aturan tentang waktu istirahat di area istirahat.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar cukup menghabiskan waktu istirahat selama 30 menit di sana, kemudian bergantian dengan rekan-rekan yang lain,” tambahnya.

4. Imbau Warga Tak Pakai Sepeda Motor

Aan mengajak warga untuk tidak menggunakan sepeda motor ketika melakukan mudik. Dia menyoroti bahwa 74 persen dari kecelakaan lalu lintas saat musim mudik melibatkan pengendara sepeda motor.

“Mengenai penggunaan sepeda motor, kami tidak melarang secara tegas, namun mengimbau,” ungkap Aan.

“Dengan data tersebut, sebaiknya masyarakat Indonesia yang akan melakukan mudik mempertimbangkan untuk tidak menggunakan sepeda motor karena risiko kecelakaan lalu lintas yang sangat tinggi,” tambahnya.

Dia menyarankan agar warga memanfaatkan program mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah atau swasta, serta menggunakan transportasi umum. Bagi mereka yang tetap memilih untuk menggunakan sepeda motor, Aan menekankan pentingnya memeriksa kondisi motor dan kesehatan diri sebelum perjalanan.

“Yang terpenting adalah memastikan bahwa sepeda motor dalam kondisi baik, pengendara dalam keadaan sehat, serta menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm, sepatu, dan jaket,” jelasnya.

“Selain itu, waktu istirahat harus dimanfaatkan secara optimal, karena setelah dua jam perjalanan, kelelahan dan kurangnya konsentrasi sudah mulai terasa. Jadi, setelah dua jam perjalanan, sebaiknya beristirahat di area istirahat, minimal 30 menit jika menggunakan sepeda motor,” tambahnya.

Aan juga mengingatkan agar pemudik yang menggunakan sepeda motor tidak membawa penumpang lebih dari satu orang dan tidak membawa barang berlebihan, karena hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

5. Rekayasa Lalu Lintas di Pelabuhan Penyeberangan

Aan mengumumkan rencananya untuk mengatur arus lalu lintas di beberapa pelabuhan penyeberangan antar-pulau, termasuk di Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

“Kami akan menetapkan sistem penundaan perjalanan atau delaying system,” kata Aan.

Dia menjelaskan bahwa beberapa pelabuhan akan dipersiapkan untuk mengurangi kepadatan penyeberangan di Pelabuhan Merak. Sebagai contoh, Pelabuhan Ciwandan akan diperuntukkan bagi sepeda motor dan kendaraan angkutan barang dengan sumbu tiga ke bawah.

Selanjutnya, Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) akan dibuka bagi kendaraan angkutan barang kelas 7 sampai 9. Jika terjadi penumpukan di Merak, Pelabuhan Indah Kiat Cilegon juga akan dibuka.

Aan menjelaskan bahwa delaying system juga akan diterapkan di Pelabuhan Bakauheni, dan rekayasa serupa juga akan dilakukan untuk penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

Dia menyatakan bahwa Pelabuhan Jangkar di Situbondo akan dibuka untuk penyeberangan kendaraan angkutan barang, sehingga kendaraan yang menuju ke Lombok tidak perlu masuk ke Banyuwangi. Dermaga Bulusan juga akan dibuka untuk menampung kendaraan angkutan barang yang menuju Gilimanuk, Bali.

“Dari Gilimanuk, beberapa dermaga yang sebelumnya menjadi masalah saat air surut telah ditambahkan oleh ASDP, sehingga diharapkan tidak akan ada lagi kendala saat air surut,” jelasnya.

Para pengemudi juga diminta untuk melakukan pembelian tiket penyeberangan sejauh 5 km sebelum mencapai pelabuhan. Pembelian ini dapat dilakukan secara online.

Ketentuan ini didasarkan pada surat dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat, AP.406/1/5/DJPD/2023, yang membahas tentang Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik Di Sekitar Pelabuhan. Artinya, pemesanan tiket feri hanya bisa dilakukan hingga jarak maksimal 5 km sebelum mencapai pelabuhan.

Berikut adalah daftar lokasi batas pembelian tiket Ferizy:

1. Dari titik terjauh di sekitar Pelabuhan Merak hingga Hotel Pesona Merak, dengan jarak sekitar 4,71 km.
2. Dari titik terjauh di sekitar Pelabuhan Bakauheni hingga Balai Karantina Pertanian, dengan jarak sekitar 4,24 km.
3. Dari titik terjauh di sekitar Pelabuhan Ketapang hingga Terminal Sritanjung, dengan jarak sekitar 2,65 km.
4. Dari titik terjauh di sekitar Pelabuhan Gilimanuk hingga Terminal Kargo, dengan jarak sekitar 2 km.

Itulah informasi jelang mudik yang bisa kami berikan. Semoga informasi jelang mudik ini bermanfaat untuk Anda yang berencana melakukan mudik lebaran 2024. Untuk mudik lebih aman dan nyaman, sewa Hiace saja di Skycity Trans!

Skycity Trans: Tempat Sewa Hiace Terpercaya di Jakarta

rental mobil jakarta

Skycity Trans merupakan salah satu tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta. Berikut adalah alasan mengapa Skycity Trans layak dipertimbangkan:

Kelebihan Sewa Hiace di Skycity Trans

Sewa Hiace Lebih Mudah

Skycity Trans adalah penyedia layanan sewa Hiace Jakarta dengan pilihan armada terbaru dan harga terjangkau. Nikmati kenyamanan dalam perjalanan Anda dengan Skycitytrans.

Terpercaya

Skycity Trans Sudah terpercaya dalam bidang sewa mobil Jakarta, kami sudah bertahun tahun berada dibidang ini dan telah dipercaya oleh banyak pelanggan.

Unit Siap Jalan

Kami selalu melakukan perawatan secara rutin untuk memastikan unit ardama kami selalu berada dalam kondisi prima, aman dan siap jalan!

Driver Berpengalaman

Driver yang kami sediakan adalah driver yang telah tersertifikasi, terlatih dan berpengalaman dalam menyetir mobil berpenumpang.

Harga Terjangkau

Dengan Harga terjangkau Anda dapat menyewa mobil keluaran terbaru dan terawat dengan jaminan kenyamanan & kemanan.

Daftar Harga Sewa Hiace Jakarta

Daftar Harga Sewa Hiace Jakarta

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...