Logo Skycitytrans

5 Tips Merawat Body Mobil Agar Cat Tidak Mudah Pudar

Merawat Body Mobil – Tampak kendaraan bermotor dapat mencerminkan sifat dan kepribadian dari pemiliknya. Apabila kendaraan selalu terjaga kebersihannya karena pemiliknya rajin merawatnya, maka pemilik kendaraan tersebut akan dianggap memiliki kepribadian yang rapi. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara merawat cat mobil agar tetap terjaga kebersihannya dan warnanya tidak mudah memudar.

Sebenarnya, melakukan perawatan pada bodi kendaraan bermotor, terutama cat mobil, tidaklah sulit asalkan seseorang terbiasa melakukannya. Berikut beberapa metode untuk merawat cat mobil agar tetap bersih, mulus, dan tidak cepat memudar.

merawat body mobil

(Sumber: Otomotif – SINDOnews.com)

Tips Merawat Body Mobil Agar Cat Tidak Mudah Pudar

1. Menghindari parkir di lokasi yang tidak tepat

Upayakan untuk mencari tempat parkir yang terlindungi dari sinar matahari langsung, seperti di bawah naungan kanopi atau bangunan, terutama jika mobil akan diparkir dalam waktu yang lama. Paparan terus-menerus terhadap sinar matahari dapat menyebabkan cat mobil cepat memudar dan meningkatkan risiko terkena kotoran burung atau getah pohon yang merusak cat.

Di malam hari, hindari parkir di tempat terbuka karena embun dapat merusak cat dan mengurangi kekuatan bodi mobil. Penggunaan sarung mobil saat parkir di tempat terbuka dapat melindungi mobil dari air dan kotoran yang dapat merusak cat.

2. Menggunakan sampo khusus

Sampo mobil memiliki formula yang sesuai untuk membersihkan mobil tanpa merusak cat. Hindari menggunakan deterjen atau sabun cuci biasa, karena dapat membuat cat menjadi tipis dan permukaannya kasar.

3. Menggunakan kain lap yang halus dan bersih

Gunakan kain lap yang halus dan bersih ketika membersihkan bodi mobil setelah dicuci. Penggunaan kain lap yang kotor dapat meninggalkan noda dan membuat warna cat terlihat tidak bersih.

4. Menghindari mengelap bodi mobil saat kondisinya kering.

Sebelum melakukan pembersihan, pastikan untuk menyiram mobil dengan air terlebih dahulu. Mengelap bodi mobil dalam keadaan kering dapat meninggalkan goresan kecil dan membuat permukaan bodi mobil terlihat tidak bersih. Partikel debu yang menempel pada bodi mobil juga dapat menyebabkan goresan pada cat mobil.

5. Melakukan pencucian mobil secara teratur

Lakukan pencucian mobil secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran yang dapat merusak kilau cat mobil. Disarankan untuk mencuci mobil di area yang memiliki atap atau tempat teduh guna menghindari paparan langsung sinar matahari.

Jika mobil terkena hujan, segera siram dengan air bersih dan keringkan. Lebih baik lagi jika mobil segera dicuci karena air hujan mengandung asam yang dapat merusak cat mobil jika dibiarkan. Selain itu, penundaan pembersihan juga dapat menyebabkan munculnya noda air di beberapa bagian bodi mobil yang dapat membuat cat terlihat kusam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...