Logo Skycitytrans

6 Pilihan Transportasi Umum di Jakarta Bagi Wisatawan

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta seringkali menjadi tujuan favorit bagi wisatawan baik lokal maupun internasional. Saat mengunjungi Jakarta, penting bagi para wisatawan untuk memahami opsi transportasi umum yang tersedia di kota ini. Tujuannya adalah untuk memudahkan pergerakan dan menghindari kebingungan di jalan.

Dengan berbagai opsi transportasi yang ada, wisatawan dapat menikmati beragam destinasi menarik di Jakarta, mulai dari tempat-tempat bersejarah, keindahan budaya, hingga kuliner khas daerah tersebut.

Berikut adalah beberapa opsi transportasi umum yang dapat dipertimbangkan oleh wisatawan yang berlibur di Jakarta, seperti Transjakarta dan MRT.

Pilihan Transportasi Umum di Jakarta

Berikut ini adalah enam alternatif transportasi umum di Jakarta yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan.

1. Transjakarta Bus (Busway)

transportasi umum jakarta

(Sumber: Pemprov DKI Jakarta)

Transportasi umum Transjakarta telah beroperasi sejak tahun 2004. Transjakarta, atau yang sering disebut Busway, adalah perwujudan dari sistem transportasi publik yang terintegrasi di Jakarta.
Ada jalur khusus yang disiapkan agar Busway dapat beroperasi lancar di tengah kemacetan lalu lintas, terutama pada jam-jam sibuk.

Busway berjalan setiap hari mulai dari pukul 05.00 hingga pukul 23.00 WIB, bahkan di beberapa rute, bus beroperasi selama 24 jam, sehingga wisatawan asing tidak perlu khawatir jika pulang larut malam.
Fasilitas yang disediakan cukup memadai, seperti AC, CCTV, petugas bus, dan ruang khusus untuk perempuan yang biasanya berada di bagian depan.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Jakarta dan ingin menggunakan transportasi umum, Busway merupakan salah satu opsi yang bisa dipertimbangkan. Tarif yang dikenakan untuk menggunakan transportasi ini adalah tarif tetap mulai dari Rp2.000 hingga Rp3.500 tergantung pada jam keberangkatan.

Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu elektronik yang diterbitkan oleh beberapa bank seperti BRI, BCA, BNI, dan Bank Mandiri. Wisatawan asing juga dapat mengakses 22 bus wisata yang gratis dengan 7 rute yang berbeda.

2. Kereta Api Komuter (KRL)

transportasi umum jakarta

(Sumber : Wikipedia)

Pelayanan komuter di Jakarta merupakan salah satu opsi transportasi umum yang memberikan kenyamanan yang cukup, sehingga sangat sesuai bagi wisatawan yang ingin menikmati perjalanan dengan nyaman dan efisien.
Melalui KRL, wisatawan dapat mengexplore berbagai wilayah di sekitar Jabodetabek seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

KRL beroperasi mulai dari pukul 04.00 hingga sekitar pukul 24.00 WIB dengan dilengkapi berbagai fasilitas seperti AC, kursi, dan ruang yang cukup luas untuk berdiri. Terdapat dua gerbong khusus untuk penumpang perempuan sebagai langkah untuk menjamin keamanan mereka.

Tarifnya juga tergolong terjangkau, yaitu Rp3.000 untuk 25 km pertama dan Rp1.000 untuk setiap penambahan 10 km. Pastikan Anda memiliki uang elektronik atau kartu prabayar yang bisa digunakan untuk pembayaran di KRL.

3. MRT

transportasi umum jakarta

(Sumber: MRT Jakarta)

MRT adalah salah satu alternatif transportasi umum yang relatif baru karena baru mulai beroperasi pada tanggal 14 Maret 2019. Perbedaan utama MRT dengan jenis transportasi lainnya adalah bahwa sebagian besar jalurnya terletak di bawah tanah, sementara sebagian lainnya berada di atas permukaan.

Kecepatan MRT juga lebih tinggi dibandingkan dengan KRL, sehingga perjalanan dengan MRT memakan waktu yang lebih singkat. Hal ini sangat sesuai bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi Jakarta dengan cepat.

Tarif yang diberlakukan juga cukup terjangkau, dimulai dari Rp3.000 hingga Rp14.000 tergantung pada jarak yang ditempuh. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu uang elektronik, sama seperti halnya dengan transportasi umum lainnya.

4. LRT

transportasi umum jakarta

(Sumber: Wikipedia)

LRT merupakan salah satu inovasi baru dalam sistem transportasi di Jakarta. Terdapat dua jenis LRT, yaitu LRT Jakarta dengan rute Pegangsaan Dua – Velodrome, dan LRT Jabodebek dengan rute Dukuh Atas-Harjamukti dan Dukuh Atas-Jati Mulya.

Penggunaan transportasi LRT ini memberikan kenyamanan yang cukup baik, bahkan dapat mencakup destinasi wisata populer seperti TMII dan juga bandara Halim Perdanakusuma. Tarif untuk menggunakan LRT Jabodebek berkisar antara Rp5 ribu hingga Rp25 ribu, tergantung pada jarak yang ditempuh.

5. Mikrotrans

transportasi umum jakarta

(Sumber: Kompas Otomotif)

Mikrotrans adalah bagian dari layanan angkutan umum JakLingko yang menghubungkan penumpang dari satu halte ke halte lainnya. Fasilitas yang tersedia di Mikrotrans tidak kalah dengan jenis transportasi umum lainnya, seperti dilengkapi dengan AC dan CCTV.

Selain itu, Mikrotrans juga memiliki pintu otomatis yang dikendalikan oleh pengemudi. Layanan Mikrotrans beroperasi mulai pukul 05.000 hingga pukul 22.00 WIB.

Bagi wisatawan, tidak perlu khawatir tentang tarif karena layanan ini disediakan secara gratis, namun, Anda tetap harus membeli kartu JakLingko terlebih dahulu. Untuk mengetahui titik pemberhentian dan rute Mikrotrans, Anda dapat mengunduh aplikasi JAKI.

6. Bajaj

transportasi umum jakarta

(Sumber: pande.co.id – SWARA)

Satu opsi lain dari transportasi umum di Jakarta yang patut dipertimbangkan oleh turis asing adalah bajaj. Bajaj merupakan ikon transportasi khas dan legendaris di Jakarta yang telah beroperasi sejak tahun 1970-an. Bajaj mampu membawa hingga dua penumpang (tidak termasuk pengemudi) dalam satu perjalanan.

Bajaj telah mengalami transformasi seiring waktu. Saat ini, sebagian besar bajaj menggunakan warna biru, menandakan penggunaan bahan bakar ramah lingkungan yang dikenal sebagai gas alam terkompresi (CNG). Namun, jika Anda menemukan bajaj dengan warna oranye, itu berarti masih menggunakan bensin biasa sebagai bahan bakarnya.

Tarif perjalanan dengan bajaj cenderung bervariasi, tergantung pada jarak yang ditempuh. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan kesepakatan harga sebelum memulai perjalanan dengan bajaj. Pembayaran biasanya dilakukan secara tunai.

Demikianlah, enam alternatif transportasi umum di Jakarta yang tersedia bagi wisatawan. Namun untuk Anda yang ingin berkeliling Jakarta dengan aman, nyaman, dan fleksibel. Sewa Hiace saja di Skycity Trans!

Skycity Trans: Tempat Sewa Hiace Terpercaya di Jakarta

rental mobil jakarta

Skycity Trans merupakan salah satu tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta. Berikut adalah alasan mengapa Skycity Trans layak dipertimbangkan:

Kelebihan Sewa Hiace di Skycity Trans

Sewa Hiace Lebih Mudah

Skycity Trans adalah penyedia layanan sewa Hiace Jakarta dengan pilihan armada terbaru dan harga terjangkau. Nikmati kenyamanan dalam perjalanan Anda dengan Skycitytrans.

Terpercaya

Skycity Trans Sudah terpercaya dalam bidang sewa mobil Jakarta, kami sudah bertahun tahun berada dibidang ini dan telah dipercaya oleh banyak pelanggan.

Unit Siap Jalan

Kami selalu melakukan perawatan secara rutin untuk memastikan unit ardama kami selalu berada dalam kondisi prima, aman dan siap jalan!

Driver Berpengalaman

Driver yang kami sediakan adalah driver yang telah tersertifikasi, terlatih dan berpengalaman dalam menyetir mobil berpenumpang.

Harga Terjangkau

Dengan Harga terjangkau Anda dapat menyewa mobil keluaran terbaru dan terawat dengan jaminan kenyamanan & kemanan.

Daftar Harga Sewa Hiace Jakarta

Daftar Harga Sewa Hiace Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...