Logo Skycitytrans

7 Tips Aman Berkendara Saat Hujan Deras

Tips Aman Berkendara – Salah satu situasi paling tidak mengenakkan ketika sedang berkendara adalah ketika terjebak dalam hujan deras. Hujan dapat menyebabkan visibilitas sangat rendah, dan tanpa pengetahuan tentang teknik mengemudi yang aman di bawah hujan, risiko kecelakaan dapat meningkat. Berikut beberapa tips aman untuk berkendara  saat cuaca hujan agar Anda dapat mencapai tujuan dengan selamat:

Tips Aman Berkendara Saat Hujan Deras

Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan | Wahana Honda

(Sumber: Wahana honda)

Cuaca seringkali sulit untuk diprediksi, sehingga sebagai pengemudi, Anda harus tetap waspada dan siap menghadapi berbagai kondisi cuaca, termasuk hujan deras. Bagi mereka yang sering bepergian, berikut adalah tujuh langkah yang dapat diambil saat hujan lebat melanda:

1. Mengurangi Kecepatan

Pertama-tama, penting untuk tidak mengemudi terlalu cepat saat cuaca buruk. Genangan air di jalan dapat meningkatkan risiko ban kempes atau bahkan kehilangan cengkeraman ban, yang dikenal sebagai Aquaplaning. Hujan lebat seringkali memperburuk visibilitas dan jarak pandang, oleh karena itu mengurangi kecepatan dapat membantu Anda melihat situasi dengan lebih jelas dan menghindari potensi bahaya. Menurut beberapa sumber, kecepatan yang aman saat cuaca buruk adalah sekitar 50-60 km/jam.

2. Menjaga Jarak Aman dengan Kendaraan Lain

Selanjutnya, penting untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar Anda. Dengan mengurangi kecepatan, Anda dapat lebih efektif menjaga jarak dengan mobil lain. Jarak aman saat hujan deras adalah yang memberi Anda ruang yang cukup untuk berhenti jika terjadi kecelakaan di depan Anda. Usahakan untuk selalu menjaga jarak sekitar 6-8 detik (50-60 meter) dari mobil di depan Anda untuk memberi waktu reaksi yang cukup dan mengurangi risiko kecelakaan. Sesuaikan jarak jika diperlukan, terutama ketika ada genangan air dalam atau perubahan kondisi jalan.

3. Menyalakan Lampu
Langkah selanjutnya adalah menyalakan lampu saat berkendara di bawah hujan deras. Menyalakan lampu mobil sangat penting untuk meningkatkan visibilitas Anda dan pengemudi lain di jalan, serta mengurangi risiko kecelakaan. Gunakan lampu jarak jauh untuk memberi tahu pengemudi lain tentang keberadaan Anda di jalan. Ini akan membantu Anda tetap waspada terhadap lingkungan sekitar dan bereaksi dengan cepat terhadap situasi yang mungkin berbahaya. Jangan lupa untuk menggunakan lampu sein saat akan berbelok atau berganti jalur.

4. Menghindari Genangan Air
Apabila kendaraan Anda melintasi genangan air, dampaknya bisa merusak suspensi dan komponen-komponen lainnya seperti sistem pendingin dan transmisi. Selain itu, genangan air yang cukup dalam dapat membuat kendaraan kehilangan traksi dengan jalan dan menyebabkan kecelakaan.

Genangan air yang masuk ke bagian mesin mobil berpotensi merusak sistem sirkulasi air seperti radiator dan pompa air, yang pada akhirnya dapat merusak mesin dan menyebabkan overheating. Menghindari genangan air merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi risiko kecelakaan tunggal di jalan saat hujan.

5. Menghindari Penggunaan Lampu Hazard
Banyak yang keliru tentang penggunaan lampu hazard saat hujan lebat. Sebenarnya, lampu hazard digunakan untuk menandakan situasi darurat atau ketika mobil sedang berhenti. Sesuai dengan UU No.22 tahun 2009 tentang LLAJ, lampu hazard hanya boleh digunakan dalam kondisi darurat atau ketika mobil sedang berhenti. Selain itu, menggunakan lampu hazard dapat mengganggu fungsi lampu sein.

Mengaktifkan lampu hazard saat hujan deras dapat menyesatkan pengemudi lain di belakang Anda dan berpotensi menyebabkan kecelakaan karena cahayanya yang menyilaukan.

6. Mengatur Suhu AC Mobil
Untuk menjaga kenyamanan saat berkendara dalam hujan deras, Anda dapat mengatur suhu AC menjadi lebih tinggi. Hal ini akan mencegah kondensasi uap air di dalam mobil yang dapat membuat kaca mobil menjadi berkabut.

7. Menghindari Mengerem Mendadak
Sebisa mungkin, hindari mengerem mendadak saat hujan deras. Hal ini karena mengerem mendadak dapat menyebabkan berbagai bahaya seperti Aquaplaning, kehilangan traksi, dan bahkan kecelakaan berturut-turut. Untuk menghindari hal tersebut, penting untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan, mengurangi kecepatan, dan mengerem secara perlahan saat kondisi jalan basah.

Itulah beberapa tips aman berkendara yang bisa kami berikan. Agar Anda bisa tetap berwisata meskipun turun hujan, sewa Hiace saja di Skycity Trans!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...