Logo Skycitytrans

7 Tips Traveling Saat Berpuasa Agar Ibadah Tetap Lancar

Tips Traveling Saat Berpuasa – Berlibur selama bulan Ramadan dapat menjadi pengalaman yang mengasyikkan namun juga menantang. Pengalaman tersebut mengasyikkan karena destinasi wisata cenderung lebih sepi, namun juga menantang karena kamu harus menjaga diri dari rasa haus dan lapar hingga waktu berbuka tiba.

Banyak wisatawan memilih untuk menunda perjalanan mereka atau memilih untuk bepergian menjelang waktu berbuka atau saat ngabuburit. Namun, puasa tidak harus menjadi penghalang bagi mereka yang ingin menikmati keindahan ciptaan Tuhan, karena ada beberapa tips yang bisa diikuti agar perjalanan dan ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar.

Lalu, apa saja tipsnya? Dikutip dari kumparan.com, berikut penjelasannya.

Tips Traveling Saat Berpuasa

Skycity Trans - Sewa Hiace Jakarta 7

(Skycity Trans – Sewa Hiace Jakarta)

1. Pilihlah Tujuan Dekat
Meskipun bulan puasa tidak menghambat keinginanmu untuk berlibur, tetaplah bijaksana dalam mempertimbangkan segala hal. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memilih tujuan wisata yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggalmu.

Sebagai contoh, jika kamu tinggal di Jakarta, alternatif destinasi seperti Puncak atau Bogor bisa menjadi pilihan yang cocok untuk liburanmu.

2. Perhatikan Perkiraan Cuaca
Ketika menjalankan ibadah puasa, salah satu tantangannya adalah cuaca yang panas. Oleh karena itu, penting untuk menghindari waktu-waktu yang kurang ideal untuk berpergian.

Untuk mengetahui perkiraan cuaca, kamu bisa memeriksa situs web resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dengan begitu, kamu bisa memilih waktu yang tepat untuk melakukan perjalananmu.

3. Buat Rencana Perjalanan
Membuat itinerary sebelum melakukan perjalanan adalah langkah penting yang harus dilakukan. Dengan membuat rencana perjalanan, kamu dapat mengatur dan merencanakan kegiatan dengan baik.

Catatlah daftar tempat yang akan dikunjungi atau kegiatan yang akan dilakukan saat berada di destinasi wisata.
Mulai dari jadwal kedatanganmu, hingga estimasi berapa lama waktu yang akan dihabiskan di setiap destinasi.
Hal ini bertujuan agar kamu dapat tiba di restoran yang direncanakan sebelum waktu berbuka puasa tiba.

4. Temukan Tempat Ibadah
Meskipun sedang liburan, kamu tetap memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah seperti salat. Meskipun beberapa tempat, terutama di luar negeri, sudah ramah terhadap wisatawan muslim, namun bagaimana jika tidak?

Oleh karena itu, penting untuk mencari informasi mengenai tempat ibadah di lokasi yang akan dikunjungi, atau minimal membawa peralatan shalat pribadi. Dengan cara ini, kamu masih dapat menjalankan ibadah dengan lancar.

5. Perhatikan Waktu Sahur
Aktivitas berjalan-jalan memerlukan energi, oleh karena itu, sangat disarankan untuk sahur sebelum berangkat, agar energi kamu terisi dengan baik. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi agar nutrisi selama perjalanan tetap terpenuhi dengan baik.

6. Siapkan Persediaan Makanan dan Minuman Ringan
Hal ini sangat penting karena saat melakukan perjalanan, kamu tidak pernah tahu berapa lama waktu yang akan dihabiskan. Terbayangkan jika terjadi kemacetan atau kejadian tak terduga lainnya.

Oleh karena itu, disarankan untuk membawa makanan dan minuman ringan sebagai cadangan untuk berbuka puasa. Ini dapat menjadi alternatif yang praktis dan juga menghemat pengeluaran.

7. Persiapkan Peralatan Ibadah
Saat melakukan perjalanan, jangan lupakan kewajiban untuk menjalankan ibadah agar seimbang antara kegiatan wisata dan ibadah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membawa perlengkapan ibadah sendiri. Hal ini akan memudahkan kamu untuk melaksanakan ibadah di mana pun berada.

Demikianlah beberapa tips bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan saat bulan puasa. Semoga tips ini dapat membantu kamu dalam perjalanan mendatang. Jika kamu mempunyai planning untuk traveling, sewa Hiace saja di Skycity Trans!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...