Logo Skycitytrans

Bumi Serpong Damai: Dulu Hutan Karet, Kini Kota Maju Mandiri

Bumi Serpong Damai, atau dikenal juga sebagai BSD City, merupakan suatu daerah yang menjadi simbol di Kota Tangerang Selatan. Sebagai sebuah entitas yang sering dianggap sebagai kota mandiri, BSD telah menjadi salah satu area yang sangat terkenal di sebelah selatan Jakarta.

Namun, di balik kemegahan BSD City yang terlihat saat ini, terdapat fakta menarik mengenai proses pembangunannya yang patut untuk diketahui. Mulai dari kisah bahwa sebelumnya, wilayah BSD City ini adalah bagian dari hutan karet, hingga mengalami proyek-proyek yang terhenti akibat krisis ekonomi. Berikut ini adalah paparan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Sejarah Bumi Serpong Damai

About Bumi Serpong Damai | Sinar Mas Land

(Sumber: Sinar Mas Land)

Dikutip dari situs bsdtangerang, disampaikan bahwa Bumi Serpong Damai atau BSD City telah diresmikan sebagai kota pada tanggal 16 Januari 1989. Pada saat itu, pembangunan kota ini dirasmikan oleh Mendagri Rudini.

Sebelum dikembangkan menjadi kawasan perkotaan, wilayah Bumi Serpong Damai awalnya adalah hutan karet yang sudah tidak produktif lagi.

Pada masa itu, akses ke wilayah tersebut hanya melalui jalan tanah. Jalan tersebut belum diaspal, sehingga ketika musim hujan tiba, kondisi jalan menjadi sangat berlumpur dan terbentuk genangan air. Sebaliknya, pada musim kemarau, debu-debu akan terbang di sepanjang jalan tersebut.

Baru pada tahun 1989, Ciputra memulai pembangunan kawasan Bumi Serpong Damai dengan izin lokasi seluas 6.000 hektar. Seiring berjalannya waktu, akses ke kawasan tersebut mulai terbuka. Pada saat yang sama, jalan tol bernama tol Kebun Jeruk-Tangerang-Merak juga dibangun.

Dalam proses pembangunannya, Ciputra tidak bergerak sendirian. Kawasan ini dikembangkan oleh konsorsium OT BSD yang terdiri dari 11 perusahaan swasta dengan total investasi sekitar Rp 3,2 triliun.

Kesebelas perusahaan ini termasuk gabungan dari berbagai kelompok usaha seperti Sinar Mas, Metropolitan, Salim, dan Pembangunan Jaya.

Meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota, kawasan ini masih bisa dijangkau dengan angkutan umum seperti bus Patas. Namun, pada waktu itu, jumlah kendaraan umum masih sangat terbatas.

Selama periode 10 tahun pembangunan, proyek ini mengalami cobaan yang berat. Pada tahun 1998, saat krisis moneter melanda, pembangunan BSD terpaksa dihentikan sementara. Kabarnya, pembangunan BSD terhenti selama sekitar 5 tahun akibat krisis tersebut.

Diambil Alih Sinar Mas

Setelah krisis tersebut, Sinar Mas memperoleh saham-saham dari BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional) dan akhirnya menjadi pemegang mayoritas saham PT Bumi Serpong Damai. Sinar Mas kemudian mengambil alih kepemilikan mayoritas saham tersebut.

Kemudian, sekitar tahun 2003-2004, kepemilikan PT Bumi Serpong Damai berpindah dan dikuasai oleh grup Sinar Mas. Pada titik ini, namanya diubah menjadi BSD City. Mulai tahun 2004, pembangunan di kawasan ini mulai berkembang pesat. Sejak saat itu, pembangunan terus berlanjut hingga menjadi seperti yang kita kenal saat ini.

Itulah yang bisa kami jelaskan mengenai Bumi Serpong Damai yang dahulunya berupa lahan hutan karet yang tidak produktif sampai menjadi kota maju mandiri. Jika Anda mempunyai rencana berwisata bersama keluarga besar atau acara perjalanan dinas kantor ke suatu kota, sewa Hiace saja di Skycity Trans!

Skycity Trans: Tempat Sewa Hiace Terpercaya di Jakarta

rental mobil jakarta

Skycity Trans merupakan salah satu tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta. Berikut adalah alasan mengapa Skycity Trans layak dipertimbangkan:

Kelebihan Sewa Hiace di Skycity Trans

Sewa Hiace Lebih Mudah

Skycity Trans adalah penyedia layanan sewa Hiace Jakarta dengan pilihan armada terbaru dan harga terjangkau. Nikmati kenyamanan dalam perjalanan Anda dengan Skycitytrans.

Terpercaya

Skycity Trans Sudah terpercaya dalam bidang sewa mobil Jakarta, kami sudah bertahun tahun berada dibidang ini dan telah dipercaya oleh banyak pelanggan.

Unit Siap Jalan

Kami selalu melakukan perawatan secara rutin untuk memastikan unit ardama kami selalu berada dalam kondisi prima, aman dan siap jalan!

Driver Berpengalaman

Driver yang kami sediakan adalah driver yang telah tersertifikasi, terlatih dan berpengalaman dalam menyetir mobil berpenumpang.

Harga Terjangkau

Dengan Harga terjangkau Anda dapat menyewa mobil keluaran terbaru dan terawat dengan jaminan kenyamanan & kemanan.

Daftar Harga Sewa Hiace Jakarta

Daftar Harga Sewa Hiace Jakarta

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...