Logo Skycitytrans

Jangan Anggap Remeh! Tips-Tips Mengatasi Microsleep

Microsleep merupakan kondisi dimana hilangnya kesadaran atau tertidur sejenak selama beberapa saat karena merasa mengantuk atau lelah. Pada umumnya microsleep terjadi dalam hitungan detik bahkan menit. Microsleep dapat terjadi kepada siapa saja ketika berkendara. Hal ini dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain ketika berkendara.

Supaya aktivitas berkendara aman sampai tujuan, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk kelancaran perjalanan. Anda perlu menyiapkan kondisi fisik Anda sekaligus kendaraan yang Anda gunakan. Menggunakan jasa Sewa Hiace Jakarta adalah salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan jauh dengan kelompok besar. Namun, saat melakukan perjalanan Anda juga harus tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya microsleep saat berkendara.

Tanda-Tanda Microsleep

Berikut tanda-tanda microsleep yang bisa Anda waspadai ketika berkendara :

1. Mata Mulai Berat

Jika mata Anda terasa mulai berat dan sulit sekali untuk dibuka, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami microsleep. Hal itu dikarenakan tubuh anda memberi sinyal untuk beristirahat karena lelah.

2. Sulit menjaga fokus

Saat Anda sedang mengemudi tetapi sulit untuk menjaga fokus pada jalan didepan Anda, mungkin ini merupakan salah satu tanda microsleep. Selain itu, ketika Anda merasa melamun atau pikiran Anda teralihkan, segeralah untuk beristirahat, karena berbahaya jika Anda meneruskan untuk berkendara.

3. Halusinasi

Anda mungkin melihat sesuatu yang tidak nyata ketika berkendara. Hal ini dapat menimbulkan kebingungan dan membuat Anda kesulitan untuk membedakan antara kenyataan atau halusinasi. Hal ini menandakan bahwa Anda mengalami kelelahan dan perlu melakukan istirahat.

4. Kaget secara tiba-tiba / Tersentak

Gerakan yang tidak spontan seperti tersentak merupakan tanda bahwa anda mengalami microsleep. Hal tersebut terjadi karena Anda telah kehilangan kesadaran dan terbangun secara tiba-tiba.

5. Tidak Bisa Mengingat Hal Sebelumnya

Saat Anda mengalami microsleep, Anda tidak bisa mengingat peristiwa yang baru saja terjadi seperti hilang ingatan sementara. Tiba – tiba Anda telah sampai di tempat yang sekarang tanpa tahu apa yang telah dilewatkan.

6. Menguap Terus Menerus

Tanda microsleep satu ini sangat jelas dan bisa dirasakan oleh diri sendiri. Oleh karena itu, jika Anda mengalami ini, segeralah untuk menepi dan beristirahat sejenak.

7. Arah Kemudi Keluar Jalur Tanpa Sadar

Jika kendaraan Anda tanpa disadari telah keluar jalur secara tiba-tiba, Anda berarti sudah mengalami microsleep dan hal ini dapat membahayakan diri Anda maupun orang lain. Segeralah untuk beristirahat supaya aktivitas berkendara Anda aman.

Sewa Hiace Jakarta

Cara Mencegah Microsleep

Microsleep dapat mengganggu perjalanan Anda, bahkan hal tersebut juga dapat membahayakan Anda dalam perjalanan. Mencegah terjadinya microsleep saat berkendara adalah hal yang sangat penting untuk menghindari kecelakaan dalam perjalanan. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah mikrosleep saat berkendara:

1. Istirahat Cukup Sebelum Berkendara

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum berkendara. Tidur selama 7-8 jam sebelum perjalanan jauh dapat membantu mengurangi resiko mengalami microsleep saat berkendara.

2. Hindari Makanan Berat

Makanan berat dapat membuat Anda merasa mengantuk dan tidak nyaman saat berkendara. Sebaiknya, pilih makanan ringan dan sehat seperti buah-buahan, sayuran, atau makanan ringan yang mengandung protein. Dengan begitu Anda dapat mengurangi resiko terjadinya microsleep dalam perjalanan Anda.

3. Hindari Konsumsi Alkohol atau Obat-obatan Terlarang

Alkohol dan obat-obatan terlarang dapat mempengaruhi sistem saraf Anda dan membuat Anda merasa mengantuk. Hindari mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang sebelum atau saat berkendara untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Mengatasi Microsleep

Nah, setelah Anda mengetahui tanda-tanda microsleep, bagaimana cara mencegahnya, dan betapa bahayanya microsleep dalam berkendara baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Selanjutnya kami berikan tips-tips mengatasi microsleep saat berkendara. Berikut adalah beberapa tips mengatasi microsleep saat berkendara :

1. Istirahat

Hal paling utama ketika Anda mengalami microsleep adalah istirahat. Hal tersebut dapat membantu untuk memulihkan tenaga dan fokus Anda untuk bisa kembali melanjutkan perjalanan. Anda bisa menepi ke rest area atau sekedar berhenti sejenak untuk melakukan istirahat dari berkendara.

2. Jangan Mengemudi terlalu lama

Usahakan tidak mengemudi terlalu lama tanpa istirahat. Setiap dua jam sekali Anda bisa berhenti sejenak dan melakukan istirahat selama 20 menit. Hal ini dapat mengurangi kelelahan dan dapat memulihkan energi Anda.

3. Berbagi Tugas Mengemudi

Anda bisa berbagi tugas mengemudi jika Anda berkendara bersama teman atau saudara Anda. Ketika Anda merasa lelah saat berkendara, Anda bisa meminta rekan atau keluarga Anda untuk menggantikannya.

4. Minum Kopi atau Teh

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh dapat membantu Anda untuk tetap terjaga dan fokus saat berkendara. Namun, pastikan Anda mengonsumsi dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan. Sehingga tujuan Anda untuk menghilangkan kantuk malah menjadi masalah.

5. Dengarkan Musik

Musik dapat membantu Anda untuk tetap terjaga dan fokus saat mengemudi. Pastikan musik yang Anda dengarkan juga sesuai dengan kesukaan Anda. Namun, tidak direkomendasikan untuk menggunakan musik yang membuat kantuk seperti musik keroncong, campur sari, dan sejenisnya. Kami rekomendasikan untuk mendengarkan musik dengan tema semangat dan gembira supaya perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan.

6. Buka Jendela atau Nyalakan AC

Sirkulasi udara yang buruk dapat membuat Anda merasa mengantuk saat mengemudi. ANda bisa mencoba untuk membuka jendela atau menyalakan AC agar udara dalam kendaraan tetap segar dan membuat Anda tetap terjaga.

Microsleep merupakan keadaan dimana seseorang tidak sadar dan biasanya terjadi ketika sedang berkendara. Dalam berkendara menjaga fokus dan kesadaran sangat penting untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Untuk itu Anda perlu menyiapkan diri Anda seperti istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein. Jangan ragu untuk istirahat sejenak jika Anda mengalami tanda-tanda microsleep. Jika Anda membutuhkan teman perjalanan yang nyaman dan aman, Anda bisa menggunakan jasa Sewa Hiace Jakarta dalam perjalanan Anda. Dengan begitu Anda dapat fokus pada perjalanan dan sampai di tujuan dengan selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...