Logo Skycitytrans

Kebun Binatang Ragunan: Fasilitas dan Cara Beli Tiket

Kebun Binatang atau Taman Margasatwa Ragunan adalah sebuah kebun binatang yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta. Tempat ini sangat sesuai untuk kegiatan edukasi anak-anak sekaligus menjadi destinasi liburan yang menyenangkan bagi keluarga.

Sebelum menjadi Kebun Binatang Ragunan, kebun binatang ini awalnya dikenal dengan nama Planten en Dierentuin dan berdiri sejak tahun 1864 di Cikini. Setelah Indonesia merdeka, namanya diubah menjadi Kebun Binatang Cikini.

Dengan pesatnya perkembangan Jakarta, kebun binatang tersebut akhirnya dipindahkan ke wilayah Pasar Minggu. Kebun Binatang Ragunan resmi dibuka pada tanggal 22 Juni 1966.

Kawasan Kebun Binatang Ragunan seringkali ramai dikunjungi oleh pengunjung, terutama pada akhir pekan, hari libur, dan masa liburan sekolah.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi kebun binatang ini, silakan temukan informasi terkait lokasi, jam operasional, serta harga tiket masuknya di bawah ini.

Kebun Binatang Ragunan: Lokasi, Tiket, dan Atraksi Menarik Page All | Orami

(Sumber: Orami)

Ingin Tahu Apa yang Ada di Kebun Binatang Ragunan?

Temukan apa saja yang ditawarkan Ragunan berikut ini.

1. Ragam Fauna dan Flora
Ragunan merupakan kebun binatang pionir di Indonesia, yang terletak di lahan seluas 147 hektar. Di sini, terdapat sekitar 2.000 satwa dari lebih dari 200 spesies yang berbeda. Ragunan menyajikan berbagai jenis hewan, termasuk reptil, mamalia, burung, dan ikan.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati beragam flora di kebun binatang ini. Terdapat sekitar 20.000 pohon dari berbagai jenis yang dapat dieksplorasi.

2. Pusat Primata Schmutzer
Ragunan juga menampilkan koleksi primata seperti orang utan dan gorila. Pengunjung dapat mengunjungi Pusat Primata Schmutzer dengan membeli tiket tambahan.

Biaya masuk ke Pusat Primata Schmutzer adalah Rp 6.000 untuk hari Selasa-Jumat dan Rp 7.500 untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Selain itu, pengunjung dapat menyaksikan film dokumenter tentang Primata dengan harga Rp 150.000 untuk satu kali pemutaran, dengan kapasitas kursi mencapai 85 orang.

3. Taman Refleksi
Taman Margasatwa Ragunan menawarkan sebuah area istimewa yang cocok untuk bersantai, berolahraga, atau sekadar berfoto, yaitu Taman Refleksi. Taman ini terdiri dari batu-batu alam dan terletak di pusat kawasan, dekat dengan Pusat Primata Schmutzer.

4. Taman Satwa Anak
Di Taman Satwa Anak, pengunjung dapat menemukan berbagai satwa yang diminati anak-anak, seperti ikan arapaima gigas, burung kakatua, dan kapibara. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan anak, termasuk ayunan dan jaring laba-laba. Biaya masuk ke taman ini adalah Rp 2.500.

5. Fasilitas Rekreasi
Selain itu, Ragunan juga menyediakan berbagai fasilitas rekreasi yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Setiap fasilitas ini memerlukan pembayaran tiket terpisah untuk penggunaannya. Berikut adalah daftar fasilitas rekreasi di Ragunan beserta tarifnya.

Gajah Tunggang: Biaya Rp 7.500 per orang
Unta Tunggang: Harga Rp 7.500 per orang
Kuda Tunggang: Tarif Rp 5.000 per orang
Kuda bendi: Biaya Rp 10.000 per putaran
Kereta keliling: Harga Rp 7.500 per orang
Sepeda tunggal: Biaya Rp 10.000 per jam
Sepeda ganda: Tarif Rp 15.000 per jam
Perahu bebek: Harga Rp 15.000 per perahu
Pertunjukan hewan: Biaya Rp 4.000 per orang.

Lokasi Kebun Binatang Ragunan
Taman Margasatwa Ragunan terletak di Jalan Harsono RM No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Jaraknya sekitar 16-20 km dari pusat Kota Jakarta.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Ragunan, dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Sejumlah opsi transportasi umum yang bisa digunakan untuk mencapai Taman Margasatwa Ragunan termasuk JakLingko, KRL, bus Transjakarta, dan KRL.

Jam Buka Kebun Binatang Ragunan
Taman Margasatwa Ragunan beroperasi setiap hari dari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Area margasatwa ini tidak dibuka pada hari Senin karena merupakan waktu istirahat bagi hewan.

Biaya Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan
Tiket masuk ke Taman Margasatwa Ragunan sangat terjangkau untuk setiap pengunjung. Selain itu, biaya parkir juga diberlakukan bagi pengguna kendaraan pribadi. Berikut adalah harga tiket masuk yang dikutip dari situs resmi Ragunan Zoo:

1. Tarif Tiket Pengunjung:
– Dewasa atau anak usia 12 tahun ke atas: Rp 4.000 per orang
– Anak usia di bawah 12 tahun: Rp 3.000 per orang.

2. Tarif Parkir:
– Sepeda: Rp 1.000 per hari
– Sepeda motor atau kendaraan roda tiga: Rp 3.000 per hari
– Mobil/ minibus/ pick up kecil: Rp 6.000 per hari
– Bus sedang/ truk/ mobil box kecil/ pick up besar: Rp 12.500 per hari
– Bus/ truk/ mobil box besar: Rp 15.000 per hari.

Cara Mendapatkan Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan
Tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan dapat dibeli baik secara online maupun secara langsung di loket. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pembelian Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan secara Online
Anda dapat membeli tiket secara online melalui aplikasi Taman Margasatwa Ragunan yang tersedia di Play Store atau App Store. Berikut langkah-langkahnya:

– Unduh dan buka aplikasi Taman Margasatwa Ragunan
– Lakukan login jika sudah memiliki akun atau daftar terlebih dahulu jika belum
– Setelah masuk, pilih opsi “Beli Tiket”
– Tentukan tanggal kunjungan Anda
– Masukkan jumlah tiket masuk dan tiket kendaraan yang diperlukan, kemudian lanjutkan
– Periksa detail pesanan Anda, lalu lanjutkan
– Pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran
– Setelah pembayaran berhasil, QR code tiket akan tersedia
– Tunjukkan atau scan kode QR tersebut saat masuk ke Kebun Binatang Ragunan.

2. Pembelian Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan secara Langsung
Tiket masuk Ragunan juga tersedia untuk pembelian langsung di loket menggunakan kartu JakCard Bank DKI. Satu kartu JakCard dapat digunakan untuk lebih dari satu orang, selama saldo yang tersedia mencukupi.

Jika Anda belum memiliki JakCard, Anda dapat membelinya di loket Kebun Binatang Ragunan dengan harga yang telah ditentukan.

Harga Rp 45.000 dengan saldo Rp 20.000
Harga Rp 75.000 dengan saldo Rp 50.000.

JakCard dapat digunakan tidak hanya di Taman Margasatwa Ragunan, tetapi juga di tempat-tempat lain seperti Monumen Nasional (Monas), Museum Kota Tua, dan juga untuk naik Transjakarta.

Jadi, jika Anda bersama keluarga berencana untuk mengunjungi Kebun Binatang Ragunan, pastikan untuk memperhatikan informasi di atas. Sedangkan jika Anda ingin menyewa Hiace untuk berwisata, maupun keperluan lainnya seperti acara kantor, mudik, dsb. Sewa Hiace saja di Skycity Trans!

Skycity Trans: Tempat Sewa Hiace Terpercaya di Jakarta

rental mobil jakarta

Skycity Trans merupakan salah satu tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta. Berikut adalah alasan mengapa Skycity Trans layak dipertimbangkan:

Kelebihan Sewa Hiace di Skycity Trans

Sewa Hiace Lebih Mudah

Skycity Trans adalah penyedia layanan sewa Hiace Jakarta dengan pilihan armada terbaru dan harga terjangkau. Nikmati kenyamanan dalam perjalanan Anda dengan Skycitytrans.

Terpercaya

Skycity Trans Sudah terpercaya dalam bidang sewa mobil Jakarta, kami sudah bertahun tahun berada dibidang ini dan telah dipercaya oleh banyak pelanggan.

Unit Siap Jalan

Kami selalu melakukan perawatan secara rutin untuk memastikan unit ardama kami selalu berada dalam kondisi prima, aman dan siap jalan!

Driver Berpengalaman

Driver yang kami sediakan adalah driver yang telah tersertifikasi, terlatih dan berpengalaman dalam menyetir mobil berpenumpang.

Harga Terjangkau

Dengan Harga terjangkau Anda dapat menyewa mobil keluaran terbaru dan terawat dengan jaminan kenyamanan & kemanan.

Daftar Harga Sewa Hiace Jakarta

Daftar Harga Sewa Hiace Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...