Logo Skycitytrans

Mengenal Sejarah Pekan Raya Jakarta

Halo, sobat skycity! Sudah pernah mendengar tentang Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair? Bagi penduduk Jakarta, acara ini mungkin sudah tidak asing lagi. Setiap bulan Juni, saat ulang tahun Jakarta tiba, masyarakat selalu menantikan acara ini.

Pekan Raya Jakarta, atau yang sering disingkat sebagai PRJ, menawarkan beragam kegiatan menarik yang bisa diikuti. Mulai dari pameran-pameran menarik hingga penampilan panggung dari musisi-musisi terkenal Tanah Air dapat dinikmati di sini. Keanekaragaman ini yang membuat acara ini begitu dinanti-nantikan oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Namun, sebelum menjadi festival terbesar di Jakarta seperti sekarang, PRJ memiliki sejarah yang menarik. Melalui beberapa perubahan nama, akhirnya acara ini dikenal sebagai Jakarta Fair Kemayoran, atau sering disebut sebagai JFK. Munculnya JFK tidak lepas dari kondisi pascatragedi 1965 yang membuat ekonomi Indonesia mengalami penurunan, sehingga dibutuhkan ide baru untuk menggerakkan perekonomian nasional, dan inilah yang melahirkan acara ini.

Bagaimana perkembangannya? Ayo, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Sejarah Pekan Raya Jakarta: Terinpirasi Pasar Gambir

PRJ 2023 Buka Kapan? Cek Jadwal Terbaru, Lokasi, dan Harga Tiketnya Di Sini!

(Sumber: Disway)

Sejak akhir abad ke-18, wilayah Gambir telah menjadi bagian dari kawasan Weltevreden, yaitu pusat kota Jakarta. Terdapat banyak jejak bangunan bersejarah yang masih dapat ditemui di sana, termasuk Willemkerk (Gereja Immanuel), Gereja Katedral, IndischeWoohuis (Galeri Nasional), Volksraad (Gedung Pancasila), dan Pasar Gambir yang menjadi tempat publik bagi semua kalangan.

Pada masa itu, Pasar Gambir merupakan pasar malam terbesar di Hindia Belanda. Tata letak dan lokasi berbagai tempat di Pasar Gambir diatur dengan baik, menjadikannya tempat pertemuan berbagai kelompok etnis dan budaya dari seluruh Kota Batavia. Berbagai pameran juga diadakan di sana, memamerkan produk budaya dan seni lokal. Pasar Gambir menjadi tujuan yang ramai dikunjungi, dengan perkiraan sekitar 310.000 pengunjung pada tahun 1936.

Pasar ini diadakan setiap tahun selama satu minggu antara bulan Agustus dan September, bertepatan dengan ulang tahun Ratu Belanda, Wilhelmina, pada 31 Agustus 1898, serta perayaan penobatannya. Namun, kegiatan pasar malam ini terhenti saat pendudukan Jepang dimulai pada tahun 1942.

Djakarta Fair

Setelah kemerdekaan Indonesia, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin mengusulkan penggabungan berbagai pasar malam di Jakarta menjadi satu festival, dengan tujuan meningkatkan pemasaran produk lokal. Kemudian, ia meminta Syamsudin Mangan, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin), untuk melaksanakannya pada tahun 1960-an.

Ide untuk mengadakan pameran besar dan terpusat akhirnya muncul pada tahun 1967. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merespons positif ide tersebut dengan membentuk panitia sementara, sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 1968. Melalui peraturan ini, Djakarta Fair menjadi acara tahunan yang tetap diadakan setiap tanggal 22 Juni, yang bertepatan dengan ulang tahun DKI.

Djakarta Fair, atau dikenal juga sebagai Jakarta Fair, pertama kali diadakan pada rentang waktu 5 Juni hingga 20 Juli 1968. Acara ini dibuka oleh Presiden Soeharto dengan melepaskan burung merpati pos. Tempat pelaksanaannya berada di sekitar kawasan Monas dari tahun 1968 hingga 1991. Djakarta Fair perdana dianggap sukses karena berhasil menarik 1,4 juta pengunjung.

Jakarta Fair Kemayoran 

Dalam perkembangannya, manajemen Djakarta Fair dialihkan ke Yayasan Penyelenggara Pameran dan Pekan Raya Jakarta, sehingga mengalami perubahan nama menjadi Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Lokasi penyelenggaraan juga berubah, menyesuaikan dengan kebutuhan ruang yang semakin bertambah. Sejak tahun 1992, PRJ berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, dengan luas area mencapai 44 hektar. Nama acara ini kemudian disesuaikan menjadi Jakarta Fair Kemayoran (JFK).

Hingga saat ini, Jakarta Fair telah menjadi festival yang rutin diadakan dengan berbagai macam acara, mulai dari konser musik, kuliner, pameran, hingga pesta kembang api. Festival tahunan ini juga merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun Jakarta serta upaya untuk mengembangkan ekonomi masyarakat.

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang sejarah PRJ! Jika Anda tertarik menjelajahi pesona keindahan Jakarta lainnya, sewa Hiace saja di Skycity Trans!

Skycity Trans: Tempat Sewa Hiace Terpercaya di Jakarta

rental mobil jakarta
Skycity Trans merupakan salah satu tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta. Berikut adalah alasan mengapa Skycity Trans layak dipertimbangkan:

Mengapa Memilih Skycity Trans?

  1. Reputasi yang Baik: Skycity Trans telah membangun reputasi yang baik sebagai penyedia layanan penyewaan Hiace yang terpercaya di Jakarta. Dengan puluhan ulasan positif dari pelanggan puas, Anda dapat mempercayai layanan yang mereka tawarkan.
  2. Kendaraan Berkualitas: Skycity Trans menyediakan Hiace yang terawat dengan baik dan dalam kondisi prima. Setiap kendaraan menjalani pemeriksaan rutin untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan.
  3. Fleksibilitas Penyewaan: Anda dapat memilih paket penyewaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk perjalanan singkat maupun jangka panjang. Layanan pelanggan mereka juga siap membantu Anda dalam proses penyewaan.
  4. Harga yang Kompetitif: Skycity Trans menawarkan harga yang kompetitif dengan biaya yang jelas dan transparan. Anda tidak perlu khawatir akan adanya biaya tambahan yang tersembunyi.
  5. Layanan Pelanggan yang Responsif: Skycity Trans siap membantu Anda dengan segala pertanyaan dan kebutuhan Anda sepanjang proses penyewaan. Mereka mengutamakan kepuasan pelanggan dan siap memberikan layanan terbaik.

Dengan demikian, jika Anda mencari tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta, Skycity Trans adalah pilihan yang tepat. Dengan reputasi yang baik, kendaraan berkualitas, fleksibilitas penyewaan, harga yang kompetitif, dan layanan pelanggan yang responsif, Anda dapat mempercayakan kebutuhan transportasi Anda kepada mereka. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Skycity Trans untuk mendapatkan pengalaman menyewa Hiace yang menyenangkan dan tanpa stres di Jakarta!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...