Logo Skycitytrans

3 Mitos dan Fakta Seputar Perawatan Mobil yang Perlu Diketahui

Perawatan Mobil – Sebagai pemilik kendaraan, merawatnya dengan baik merupakan tugas penting yang tidak boleh Anda abaikan. Namun, sekarang ini beredar beragam mitos yang kadang-kadang dapat membingungkan dan menenggelamkan fakta yang akurat. Jadi, penting bagi Anda untuk mengenali mitos dan juga fakta sebenarnya untuk dapat merawat mobil dengan baik.

Mitos Perawatan Mobil

Mitos Merawat Mobil

Banyak hal yang kerap diperdebatkan oleh berbagai pengendara tentang perawatan mobil. Berikut adalah beberapa mitos perawatan mobil yang sering beredar di lingkungan sekitar.

1. Mobil Perlu Dipanaskan Sebelum Dikendarai

Mobil modern umumnya tidak memerlukan pemanasan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk berkendara. Mengapa? Karena mesin mobil modern sudah dirancang dengan teknologi yang memungkinkannya untuk memanaskan mesin hanya dengan waktu yang singkat saat digunakan. Lalu perlu Anda ketahui juga, jika memanaskan mobil dengan durasi yang lumayan lama tentunya akan membuang-buang bensin saja.

Yang hanya diperlukan untuk mendapatkan perlindungan yang optimal untuk mesin mobil adalah dengan memperhatikan penggunaan oli mesin yang tepat dan berkualitas. Hal tersebut memungkinkan mesin untuk mendapatkan pelumasan yang baik setelah mesin dihidupkan.

2. Setiap 5.000 KM Harus Ganti Oli

Hal tersebut memang benar, namun hanya berlaku pada masa lalu. Karena seiring dengan perjalanan waktu perkembangan teknologi menjadi lebih canggih, seperti perkembangan oli mesin sintetis dan kemajuan dalam formulasi oli menjadikan jarak penggantian oli telah diperpanjang.

Oli mesin sintetis memiliki kemampuan pelumasan yang lebih baik, memiliki ketahanan yang kuat terhadap suhu yang ekstrim, serta stabilitas kimia yang lebih tinggi dari oli konvensional. Pada beberapa mobil dan jenis oli tertentu, penggantian oli bahkan dapat mencapai 10.000 kilometer atau lebih.

3. Mobil yang Acnya Dimatikan Akan Lebih Bertenaga

Pernyataan mengenai perawatan mobil yang satu ini masih banyak dipercayai oleh orang-orang. Namun hal tersebut merupakan sebuah mitos, mengapa? Karena jika ac dinyalakan maupun dimatikan tidak akan mempengaruhi performa kendaraan Anda seperti yang seringkali diyakini, bahwa jika mematikan ac maka mobil akan menjadi lebih bertenaga.

Pada saat ini sistem kendaraan modern sudah menggunakan berbagai sensor untuk mengatur berbagai aspek kendaraan, termasuk penggunaan bahan bakar, tenaga mesin, serta pengaturan udara, yang dimana sistem tersebut dirancang untuk menjaga keseimbangan dan efisiensi mesin, walaupun dalam keadaan ac hidup.

Fakta Tentang Merawat Mobil

Fakta Merawat Mobil

Merawat mobil adalah kewajiban yang harus dilakukan dan dipahami oleh setiap pemilik kendaraan. Sebuah mobil yang dirawat dengan benar pasti menghasilkan performa yang baik pula. Cek faktanya berikut ini!

1. Ciri Dari Mesin yang Bermasalah dapat Dilihat dari Suara Rem

Faktanya, suara yang tidak biasa saat mengerem mobil memang bisa menjadi pertanda adanya masalah pada sistem rem atau komponen kendaraan lainnya. Selain berasal dari rem, suara pekikan tersebut dapat berasal dari getaran berlebih pada mesin mobil. Dalam kondisi tersebut, sangat penting untuk segera membawa mobil Anda ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan mendalam oleh mekanik yang terampil, untuk mengatasi masalah dan menjaga keselamatan serta kinerja kendaraan Anda.

2. Tekanan Ban Mobil Harus Sesuai dengan Rekomendasi dari Pabriknya

Ban mobil yang sesuai dengan rekomendasi pabrik menjadi fakta penting dan harus dirawat dengan seksama karena mempengaruhi kinerja, keselamatan, dan efisiensi kendaraan Anda. Tekanan ban yang tidak sesuai dapat mempengaruhi handling, stabilitas, dan pengereman kendaraan serta mengurangi efisiensi bahan bakar karena hambatan gulir yang tinggi.

3. Perawatan Rutin Sesuai dengan Jadwal yang Ada

Dalam dunia otomotif, menjaga mobil tetap dalam kondisi maksimum sangatlah penting untuk memastikan kinerja optimal, keamanan, dan masa pakai yang lebih panjang. Buku pengendara merupakan panduan resmi dari pabrik mobil yang berisikan hal penting seperti petunjuk perawatan. Dengan mengikuti perawatan rutin sesuai dengan petunjuk, Anda dapat menghindari masalah atau kerusakan mobil yang besar.

Perawatan rutin tersebut biasanya mencakup pemeriksaan terhadap komponen mobil seperti mesin, rem, sistem pendingin, dan lain-lain. Karena itulah Anda perlu mengetahui jadwal perawatan yang sudah ditentukan dan tertera di dalam buku panduan pengendara.

Pentingnya Perawatan Mobil yang Tepat

Perawatan rutin pada mobil seperti penggantian oli, pengecekan mesin, dan lain-lain sangatlah penting. Penting untuk melakukan perawatan tersebut dengan tepat demi menjaga mobil Anda.

1. Kinerja Mobil Tetap Optimal

Melakukan perawatan secara teratur akan membantu mencegah masalah dan kerusakan yang dapat menyebabkan penurunan pada kinerja mobil. Sistem mekanis dan elektronik ada mobil akan tetap berfungsi dengan baik apabila dirawat dengan tepat. Hal tersebut akan memastikan kinerja maksimal pada mesin, sistem transmisi, rem, suspensi, hingga komponen penting pada mobil lainnya.

Dengan melakukan perawatan mobil yang tepat, Anda dapat menikmati mobil dengan kinerja yang optimal tanpa harus khawatir. Selain itu, masa pakai mobil Anda juga dapat lebih lama. Sehingga Anda dapat menggunakan waktu yang lebih lama sebelum harus menggantinya dengan mobil baru.

2. Efisiensi Bahan Bakar

Pemakaian bahan bakar yang efisien tidak hanya menghemat biaya operasional, namun juga memiliki dampak positif pada lingkungan. Karena penggunaan bahan bakar yang terlalu sering dapat menyebabkan emisi gas rumah kaca yang nantinya akan merusak lingkungan. Ini berarti dengan merawat mobil secara rutin, Anda juga dapat menjaga lingkungan sekitar Anda.

Perawatan yang dapat membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien diantaranya adalah pemeriksaan sistem pengapian, sistem transmisi, hingga penggantian oli secara teratur. Anda juga bisa menggunakan bahan bakar yang sesuai, karena bahan bakar yang tidak sesuai dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar.

3. Mencegah Kerusakan Serius

Melalui perawatan rutin, masalah kecil atau gejala awal pada mobil dapat diidentifikasi. Hal ini dapat membantu mencegah masalah tersebut berkembang menjadi lebih parah hingga lebih sulit untuk diperbaiki. Masalah kecil pada suatu bagian mobil juga dapat menyebabkan kerusakan pada bagian lain jika dibiarkan begitu saja, seperti berantai.

Dengan mencegah kerusakan serius, Anda dapat menghemat biaya untuk perbaikan yang lebih besar hingga tidak terduga. Biaya-biaya yang berhasil dihemat tersebut dapat Anda gunakan untuk keperluan lainnya. Bisa juga untuk memodifikasi mobil agar memiliki tampilan yang lebih menarik.

4. Keamanan Saat Berkendara

Ketika mobil dalam kondisi yang baik dan juga terawat, risiko terjadinya kecelakaan atau hal lainnya yang dapat disebabkan oleh kerusakan mobil dapat berkurang. Seperti contohnya perawatan pada sistem rem yang akan membantu rem mobil dapat tetap bekerja dengan baik serta optimal juga dapat membantu menghindari kecelakaan.

Selain pada rem, sistem kelistrikan juga penting untuk dirawat. Seperti bagian-bagian lampu pada mobil yang akan membantu Anda berkendara di malam hari atau kondisi cuaca yang buruk.

Mobil telah menjadi investasi yang besar bagi sebagian banyak orang, sehingga merawatnya dengan baik adalah langkah yang bijaksana untuk melindunginya. Selain bermanfaat langsung bagi mobil, perawatan yang tepat juga dapat berdampak positif pada lingkungan.

Nah itu tadi beberapa alasan mengenai pentingnya melakukan perawatan mobil dengan tepat serta tiga mitos dan fakta seputar perawatan mobil. Ketiga fakta dan mitos yang sudah kami jelaskan diatas, tentunya masih terdapat berbagai fakta dan mitos lain yang lebih banyak yang sebenarnya tidak perlu terlalu diyakini dengan sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...