Logo Skycitytrans

Perawatan Mobil Hiace yang Efektif: Kendaraan Tetap Handal

Dikeluarkan sejak tahun 1967, Hiace menjadi mobil yang sudah dikenali oleh masyarakat luas hingga saat ini. Mobil Hiace ini mengalami beberapa generasi perubahan dan juga penyempurnaan sejak pertama kali dikeluarkan.  Pada umumnya, kendaraan ini memiliki desain kotak dengan atap tinggi yang memberikan ruang yang luas pada bagian dalamnya. Hal tersebut membuat Hiace menjadi kendaraan yang ideal untuk berbagai keperluan, baik pribadi maupun bisnis. Pada artikel ini, akan memberikan informasi mengenai perawatan mobil Hiace yang efektif untuk menjaga performa yang dimiliki.

Mobil Hiace Menjadi Pilihan Utama untuk Kendaraan Komersial

Mobil Hiace merupakan mobil yang sangat populer untuk digunakan sebagai bisnis transportasi umum. Mereka memilih mobil Hiace, pastinya karena keunggulan yang dimiliki oleh mobil tersebut. Dengan memilih mobil Hiace, jasa transportasi umum dapat memastikan keamanan dan kenyamanan para pelanggannya. Tak hanya itu, mereka juga dapat menghemat biaya dengan memilih Hiace untuk bisnis mereka. Berikut merupakan keunggulan lain yang dimiliki oleh Hiace: 

1. Kapasitas penumpang yang banyak 

Kapasitas yang dimiliki oleh mobil Hiace ini bervariasi mulai dari 12 penumpang hingga 16 penumpang. Dibandingkan dengan jenis kendaraan lainnya, mobil Hiace menawarkan kapasitas penumpang yang lebih banyak. Tentunya hal ini sangat menjadi pertimbangan bagi mereka untuk memilih mobil Hiace. Mereka dapat mengangkut penumpang yang lebih banyak dan juga menghasilkan lebih banyak keuntungan. 

2. Daya tahan dan performa yang tinggi

Mobil hiace dipercaya memiliki daya tahan yang tinggi dan juga awet. Mesin yang digunakan pada mobil hiace ini tidak main-main, dengan menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.755 cc pada mobil Hiace premio dapat menghasilkan tenaga yang sangat besar. Berkat kualitas mesin yang dimiliki, mobil Hiace dapat digunakan di jalan mana saja tanpa diragukan. Tentunya hal ini dapat meningkatkan reputasi perusahaan transportasi yang menggunakan mobil Hiace. Mereka dapat meyakinkan para pelanggan bahwa kendaraan yang mereka gunakan merupakan kendaraan yang baik dan terjamin. 

3. Fitur keamanan yang baik

Fitur keamanan yang dimiliki oleh mobil Hiace ini sangat layak untuk digunakan sebagai kendaraan angkutan umum. Pada setiap tempat duduknya, mobil Hiace dilengkapi dengan sabuk pengaman yang tentunya sudah standar internasional. Kemudian di bagian depan mobil Hiace ditambahkan dengan 2 fitur airbags yang dapat membantu untuk mengurangi benturan pada supir ketika terjadi benturan atau kecelakaan. Beralih pada sistem pengereman, mobil Hiace juga memiliki fitur Anti Lock Braking System yang memiliki fungsi untuk menghindari terjadinya pengereman yang dapat mengakibatkan ban terkunci. 

4. Efisiensi bahan bakar

Penggunaan bahan bakar kendaraan menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh mereka yang bergerak di bidang jasa transportasi. Tentunya hal ini sangat menjadi pertimbangan bagi mereka. Maka dari itu mereka memilih mobil Hiace yang memiliki kemampuan untuk menggunakan bahan bakar secara efisien. Dengan memilih kendaraan yang yang hemat akan bahan bakar, mereka dapat mengurangi biaya operasional yang dikeluarkan. 

Tips Perawatan Mobil Hiace

Mobil Hiace

Merawat mobil sangatlah penting demi menjaga performa dan kinerja mobil hiace, juga mencegah terjadinya kerusakan pada mobil dalam bentuk apapun. Dengan mengikuti tips-tips di bawah ini, Anda dapat memastikan mobil akan terjaga keamanannya dari hal yang dapat mengganggu kinerja mobil Anda. 

1. Rutin Mengganti Oli Mesin

Perawatan satu ini menjadi hal yang paling umum untuk Anda para pengguna kendaraan karena mengganti oli mesin sangatlah penting. Mengganti oli mobil dapat menjaga komponen-komponen pada mesin mobil tetap bekerja dengan baik. Rutin mengganti oli juga dapat membuat mesin mobil lebih awet karena komponen-komponennya terjaga. Emisi yang dihasilkan oleh mesin akan semakin banyak apabila Anda tidak mengganti oli. Sebab itu, mengganti oli mobil secara rutin dapat membuat mobil Anda lebih ramah lingkungan. Mesin mobil yang sering overheating atau pemborosan bahan bakar juga dapat disebabkan oleh keterlambatan dalam mengganti oli. 

Lantas, kapan Anda harus mengganti oli mobil? Pastinya Anda tidak mau terlambat melakukan pergantian oli yang akan berdampak pada mesin Anda. Anda bisa mengganti oli ketika jadwal service atau setelah menempuh jarak 10.000 KM. Namun Anda perlu memeriksa oli mobil dan harus menggantinya ketika oli sudah berubah warna atau teksturnya. Anda juga bisa mengganti oli ketika mesin mobil terasa kasar sewaktu digunakan. 

2. Radiator Coolant

Radiator membutuhkan cairan pendingin atau yang biasa disebut dengan radiator coolant untuk menjaga temperatur tetap mesin stabil. Cairan Pendingin radiator ini berfungsi untuk memastikan suhu mesin tidak terlalu panas sehingga menyebabkan overheating yang dapat berpengaruh pada kualitas dan performa mesin nantinya. Memang harga radiator coolant ini lebih mahal daripada air radiator biasanya namun sebanding dengan kualitas yang ditawarkannya serta perlindungan mesin mobil Anda. 

Perlu Anda ingat bahwa radiator coolant dengan air biasa adalah hal yang berbeda. Air biasa atau air mineral hanya boleh digunakan ketika keadaan darurat saja, setelah itu harus diganti dengan radiator coolant. Kandungan garam atau oksigen pada air mineral dapat menyebabkan karat pada radiator mesin mobil Anda. Karat pada radiator dapat menghambat sirkulasi air pendingin sehingga mesin akan cepat mengalami overheat.

3. Pemeriksaan Terjadwal

Demi menjaga kinerja dan keamanan mobil, diperlukan untuk menjadwalkan pemeriksaan. Pemeriksaan ini meliputi semua bagian atau komponen pada mobil Anda. Anda dapat memastikan bahwa pemeliharaan rutin, seperti pergantian oli, penggantian filter, dan penyetelan komponen, dilakukan sesuai jadwal sehingga kinerja mobil tetap berada di kondisi terbaiknya. Pemeriksaan terjadwal membantu mengidentifikasi dan menangani masalah sejak dini, serta menjaga komponen-komponen mobil tetap berfungsi dengan baik.

Pemeriksaan bisa Anda lakukan dalam suatu jangka tertentu, seperti memeriksa kebersihan mobil dan tekanan angin ban setiap hari, memeriksa air radiator dan sisa oli rem setiap minggu. Ada juga rentang waktu 3 bulan yaitu penggantian oli pada mesin. Ternyata untuk merawat mobil tidak hanya mengganti oli saja, tetapi juga memeriksa seluruh bagian mesin. 

4. Perawatan Sistem Rem

Rem menjadi bagian yang sangat penting untuk dijaga karena akan menjadi malapetaka ketika terjadi suatu masalah. Kelancaran sistem rem sangat penting untuk menjaga keamanan ketika mengemudi. Pengecekan rutin pada komponen rem seperti kampas rem, cakram rem, dan sistem hidrolik memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi masalah seperti keausan berlebihan, kebocoran, atau penurunan kinerja yang dapat menyebabkan masalah pada rem.

Dengan melakukan perawatan mobil Hiace yang efektif dapat membantu mencegah kerusakan yang serius dan biaya perbaikan yang mahal. Selain itu, perawatan yang baik juga dapat menjaga kendaraan Anda supaya tetap handal dan terjaga performanya. Penting untuk mengikuti instruksi perawatan yang ditentukan oleh produsen dan menjadikannya sebagai acuan Anda untuk melakukan perawatan Hiace dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...