Logo Skycitytrans

Review Toyota All New Avanza

Review Toyota – Ulasan mengenai Toyota All New Avanza kali ini akan mengulas berbagai aspek penting yang dicari oleh calon penyewa mobil di Skycity Trans, seperti spesifikasi, ukuran, fitur, dan harga. Selain itu, akan diberikan gambaran singkat tentang pengalaman berkendara dengan mobil ini.

Pada tanggal 10 November 2021, PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan All New Avanza kepada konsumen di Indonesia. Kehadiran mobil ini sangat signifikan mengingat posisinya sebagai salah satu kendaraan yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Dengan label “all new” yang melekat pada namanya, mobil ini menampilkan perubahan menyeluruh. Ini termasuk penggunaan platform, sistem penggerak roda, dan transmisi yang sepenuhnya baru.

Review Toyota All New Avanza: Spesifikasi, Dimensi, Fitur

review toyota

Pada generasi terbaru ini, All New Avanza kembali ditawarkan dengan dua opsi mesin, yaitu 1.500 cc dan 1.300 cc. Varian yang menggunakan mesin 1.500 cc dapat dipilih dengan transmisi manual atau CVT sejak awal peluncurannya.

Sementara itu, varian yang menggunakan mesin 1.300 cc awalnya hanya tersedia dengan transmisi manual. Namun, berdasarkan informasi yang tertera di situs web resminya, varian ini kemudian juga tersedia dengan opsi transmisi CVT.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai kendaraan ini, mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Toyota All New Avanza

Spesifikasi Toyota All New Avanza mengadopsi mesin yang bukanlah hal baru, namun pabrikan telah melakukan berbagai peningkatan. Salah satu peningkatan tersebut terletak pada efisiensi konsumsi bahan bakar yang diklaim meningkat sekitar 15 persen dibandingkan dengan model sebelumnya.

Untuk varian dengan mesin 1.500 cc, digunakan mesin berkode 2NR-VE, 4-silinder DOHC dengan Dual VVT-i. Mesin berkapasitas 1.496 cc tersebut mampu menghasilkan tenaga tertinggi sebesar 104,5 hp dan torsi tertinggi sebesar 137,2 Nm. Sedangkan untuk varian dengan mesin 1.300 cc, digunakan mesin 1NR-VE, 4-silinder DOHC dengan Dual VVT-i. Mesin berkapasitas 1.329 cc tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 96,6 hp dan torsi puncak sebesar 121,6 Nm.

Salah satu perubahan signifikan dalam spesifikasi All New Avanza adalah penggunaan sistem penggerak roda yang berubah. Awalnya menggunakan Rear Wheel Drive (RWD), kini berubah menjadi Front Wheel Drive (FWD). Meskipun ada yang menyukai dan ada yang tidak, perubahan ini menunjukkan bahwa Avanza mengikuti jejak yang telah dilakukan oleh para pesaingnya.

All New Avanza 1.5 All New Avanza 1.3
Jenis Mesin 2NR-VE, 4-silinder DOHC Dual VVT-i 1NR-VE, 4-silinder DOHC Dual VVT-i
Kapasitas  1.496 cc 1.329 cc
Tenaga Tertinggi  104,5 hp @ 6.000 rpm 96,6 hp @ 6.000 rpm
Torsi Tertinggi 137,2 Nm @ 4.200 rpm 121,6 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi MT 5-kecepatan / CVT MT 5-kecepatan / CVT
Sistem Penggerak Roda FWD FWD

Dimensi Toyota All New Avanza

Sejak debutnya pada tahun 2003, Avanza telah dikenal dengan proporsi bodi yang cenderung tinggi di bagian atapnya. Namun, karakteristik tersebut tidak lagi terlihat pada generasi ketiga.

Sebaliknya, All New Avanza kini terlihat lebih lebar, yang disebabkan oleh adanya lekukan panjang di samping bodinya. Selain itu, desain over fender yang menonjol di atas roda juga turut menyumbang pada kesan ini.

Berdasarkan data resmi, dimensi All New Avanza (panjang x lebar x tinggi) adalah 4.395 mm x 1.730 mm x 1.700 mm untuk model dengan mesin 1.500 cc. Sedangkan untuk model dengan mesin 1.300 cc, dimensinya tidak jauh berbeda, namun tinggi bodinya sedikit lebih rendah, yaitu 1.665 mm.

Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan pesaingnya, bodi All New Avanza tidak termasuk yang terbesar karena masih ada Mitsubishi New Xpander yang memiliki dimensi yang lebih besar di beberapa aspek.

Fitur Toyota All New Avanza

Ulasan tentang Toyota All New Avanza kali ini juga akan mempertimbangkan fitur-fitur yang tersedia. Bagian ini secara khusus menarik perhatian karena Avanza kini menjadi lebih maju dengan dilengkapi paket fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS).

Paket ini terdiri dari beberapa fungsi, termasuk peringatan dan pengereman sebelum tabrakan, kontrol kesalahan pedal, peringatan dan pencegahan keluar jalur, serta peringatan kepergian depan. Secara keseluruhan, fungsi-fungsi ini bertujuan untuk meningkatkan aspek keselamatan berkendara dari mobil ini.

Fitur-fitur ini beroperasi dengan memanfaatkan sensor-sensor yang terpasang di beberapa bagian eksterior mobil. Salah satu yang paling mencolok adalah kamera radar yang terletak di kaca depan.

Penting untuk dicatat bahwa fitur TSS hanya tersedia pada varian tertinggi Avanza, yaitu 1.5 G CVT TSS. Beruntungnya, varian ini juga dilengkapi dengan fitur telematika T-Intouch. Dengan fitur ini, pemilik dapat memantau aktivitas kendaraannya melalui ponsel mereka.

Kesimpulan Review Toyota All New Avanza

Skycity Trans telah melakukan beberapa uji coba mengemudi All New Avanza. MPV 7-kursi ini memberikan impresi yang positif secara keseluruhan.

Kenyamanan dikemudikan oleh ban berukuran 16 inci dengan profil tebal, memberikan bantalan yang nyaman saat melewati jalanan yang rusak. Selain itu, ruang kabin terasa lebih luas dibandingkan dengan model sebelumnya. Meskipun masih terlihat sebagai mobil yang ekonomis, terutama dari penggunaan material yang digunakan.

Dari segi performa, keraguan tentang kemampuan menaklukkan tanjakan karena menggunakan sistem penggerak FWD tidak terbukti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...