Logo Skycitytrans

Pergi ke Pantai dengan Mobil Innova, Tips Mengatasi Korosi Mobil

Korosi Mobil – Berlibur ke pantai dengan menggunakan mobil Innova akan sangat seru pastinya! Karena mobil Innova ini diciptakan dengan menawarkan sebuah kenyamanan yang cocok Anda gunakan untuk perjalanan jarak jauh. Dengan menawarkan kenyamanan yang luar biasa, mobil Innova akan menjadi partner setia Anda dalam perjalanan ke destinasi pantai impian. Dengan ruang yang cukup luas di dalamnya, maka Anda akan menemukan kemudahan dalam membawa semua barang-barang bawaan seperti perlengkapan pantai, makanan, dan segala keperluan pribadi, jadi tidak ada lagi yang namanya kekhawatiran mengenai kekurangan ruang atau kelebihan beban yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan.

Yang menjadi keistimewaan mobil Innova tidak hanya itu. Mobil Innova dirancang dengan performa yang tangguh dan sistem penggerak roda yang handal, mobil ini mampu menghadapi medan yang sulit dilalui seperti jalan berlumpur, dan lain sebagainya, dengan performa yang tak tertandingi, Anda tidak perlu khawatir lagi dalam menghadapi perjalanan dengan medan yang sulit dilalui.

Tips Mengatasi Masalah Korosi Mobil

korosi mobil

Masalah umum pada mobil yang sekarang sudah sering terjadi yaitu korosi. Korosi atau dikenal dengan karat akan sangat berbahaya jika dibiarkan, karena dapat merusak tampilan. Tidak hanya itu, korosi juga dapat menyebabkan kerusakan pada panel bodi, sistem knalpot, rangka, suspensi, dan bagian-bagian logam penting lainnya.

Untuk dapat membantu mengatasi masalah korosi pada mobil Anda, ada beberapa panduan pencegahan yang dapat diambil, yaitu :

1. Gunakan Lapisan Cat Anti Korosi

Menggunakan lapisan anti karat atau korosi pada mobil merupakan langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari mobil dari korosi. Cara pengaplikasian lapisan anti karat ke mobil Anda yaitu dengan cara :

  • Bersihkan mobil secara optimal, pastikan mobil Anda sudah tidak terdapat kotoran atau debu yang menempel
  • Gunakan metode aplikasi cat sesuai dengan jenis cat yang akan digunakan, seperti menyemprot atau mengecat.
  • Setelah itu lapisi bagian mobil yang rentan terkena karat seperti bagian bawah mobil, fander pada roda mobil, bagian pintu dalam mobil, kolong sasis mobil, dan bagian-bagian yang tidak terlihat seperti mesin dalam mobil.
  • Lakukan perawatan anti karat secara berkala.

Sebelum menggunakan lapisan anti korosi pastikan mobil Anda dalam keadaan bersih dan kering, pilihlah cat lapisan anti karat yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda dan pilih metode aplikasi yang sesuai dengan jenis cat Anda.

2. Rutin Mencuci Mobil

Rutin mencuci mobil dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi mobil yang terkena korosi, bersihkan kotoran, debu, garam dan zat-zat korosif lainnya yang menempel pada mobil Anda. Jika mobil Anda sering terkena garam jalan tambahkan sedikit soda kue ke sabun yang akan Anda gunakan untuk mencuci. Beberapa tips membersihkan mobil untuk menghilangkan korosi :

  • Gunakan sabun cuci mobil yang tepat hindari menggunakan sabun deterjen biasa karena hal tersebut dapat merusak lapisan mobil.
  • Saat mencuci mobil usahakan menggunakan air yang bersih, karena jika menggunakan air yang dirasa kurang bersih Anda pastinya tidak mengetahui air tersebut mengandung zat korosif atau tidak, maka dari itu perlu memperhatikan kebersihan air untuk mencuci mobil.
  • Bersihkan mobil secara lembut, saat membersihkan mobil gunakan kain yang lembut dan tidak berpotensi merusak lapisan mobil

3. Lindungi Bagian Bawah Mobil

Melindungi bagian bawah mobil merupakan salah satu cara untuk mengatasi korosi. Bagian bawah mobil rentan terkena karat, pasalnya bagian bawah mobil sering secara langsung terkena air, lumpur, garam dan bahan kimia lainnya yang mengakibatkan mobil terkena korosi. Berikut ini adalah cara melindungi bagian bawah mobil agar terhindar dari korosi:

  • Gunakan undercoat, undercoat merupakan salah satu lapisan pelindung yang dapat melindungi bagian bawah mobil dari korosi. Undercoat menciptakan penghalang antara logam dan elemen, mencegah karat terbentuk.
  • Bersihkan bagian bawah mobil secara rutin, membersihkan bagian bawah mobil secara rutin dapat mencegah terbentuknya korosi,  Gunakan mesin pencuci bertekanan tinggi yang akan membasmi semua kotoran atau debu yang menempel pada bagian bawah mobil.
  • Periksa kerusakan pada bagian bawah mobil secara rutin untuk mengetahui tanda – tanda kerusakan dan munculnya korosi, jika Anda melihat terdapat kerusakan usahakan segera ditangani untuk mencegah terjadinya korosi.

4. Hindari Memarkirkan Mobil di Tempat Yang Lembab

Kelembaban menjadi salah satu faktor utama yang dapat mempercepat terjadinya korosi. Korosi tak hanya akan merusak tampilan mobil, tetapi juga dapat merusak struktur mobil. Untuk menghindari korosi yang dapat merusak mobil Anda, ada beberapa langkah yang dapat diambil, yaitu :

  • Memilih Tempat Parkir yang Tepat, Ketika Anda ingin memarkirkan mobil, pilihlah tempat parkir yang cocok dan hindari tempat-tempat yang lembab. Cobalah untuk mencari tempat parkir yang kering, baik di dalam garasi atau area yang tidak memiliki tingkat kelembaban yang tinggi.
  • Gunakan Penutup Mobil, Jika Anda tidak memiliki garasi atau tempat parkir yang terlindung, gunakanlah penutup mobil yang tahan air. Penutup ini akan melindungi mobil dari paparan langsung terhadap kelembaban dan air, sehingga hal tersebut dapat mengurangi risiko korosi.

Dengan mengetahui cara yang tepat dalam memarkirkan mobil, dapat disimpulkan bahwa menjaga mobil agar tetap kering dapat menghindari kelembaban yang akan menyebabkan korosi.

5. Lakukan Perawatan Berkala

Melalui cara ini, Anda dapat menghilangkan kotoran, debu, dan zat-zat yang dapat mempercepat proses korosi. Cara ini mencakup pembersihan rutin, pengeringan mobil setelah dicuci, dan pemeriksaan untuk mendeteksi tanda-tanda korosi. Cara yang dapat dilakukan, seperti :

  • Cuci Mobil Secara Rutin, Membersihkan mobil dengan rutin merupakan salah satu langkah terpenting dalam menghilangkan kotoran.
  • Mengeringkan Mobil Setelah Dicuci, Setelah mobil dicuci, tentunya Anda harus mengeringkannya secara menyeluruh, mengapa begitu? Karena kelembaban yang tertinggal pada permukaan mobil dapat menyebabkan korosi. Anda dapat menggunakan kain atau lap kain bersih dan kering untuk mengeringkannya.

Dengan memperhatikan kebersihan, melindungi lapisan cat mobil, Anda dapat melindungi mobil Anda dari karat yang dapat menyebabkan kerusakan pada mobil.

6. Berikan Pelumas Pada Komponen Engsel Mobil

Cara ini dapat menjadi sebuah tindakan pencegahan yang baik untuk mencegah korosi dan memastikan komponen engsel mobil berfungsi dengan baik. Anda dapat memberikan pelumas dengan sifat anti korosi pada mobil yang akan membantu melindungi permukaan logam engsel dari kerusakan lebih lanjut akibat korosi.

Engsel mobil yang dilumasi dengan pelumas anti karat juga dapat membantu mengurangi gesekan pada engsel. Hal tersebut akan menjaga kinerja yang baik serta dapat menghindari keausan yang berlebihan. Berikut panduan dalam menggunakan pelumas anti karat yang dapat dilakukan :

  • Bersihkan Engsel, Sebelum Anda mengaplikasikan pelumas tersebut, pastikan terlebih dahulu engsel dalam keadaan yang bersih dan tidak kotor. Jika terdapat sisa-sisa kotoran, debu, atau kerak yang menempel Anda dapat membersihkannya dulu dengan menggunakan sikat atau kain lap bersih.
  • Oleskan Dengan Merata, Ambil sedikit pelumat dan oleskan secara merata pada permukaan engsel. Pastikan semua bagian penting termasuk sumbu engsel dan area gesekan terkena pelumas tersebut. Dan usahakan agar tidak menggunakan terlalu banyak pelumas, karena hal tersebut akan mengakibatkan tumpukan pelumas yang tidak diinginkan. 
  • Perawatan Berkala, Periksa engsel secara berkala dan ulangi proses pelumasan jika diperlukan. Pastikan untuk selalu melakukan perawatan secara rutin agar engsel tetap berfungsi dengan baik.

Dengan menggunakan pelumas anti karat secara teratur akan membantu mencegah terjadinya korosi pada engsel mobil Anda.

Dengan mengikuti tips yang sudah dijelaskan di atas, sekarang Anda dapat menikmati liburan ke pantai bersama teman atau keluarga tanpa harus memikirkan dan khawatir mengenai masalah korosi yang terjadi pada mobil Innova Anda. Pastikan Anda rutin melakukan perawatan dan menjaga kebersihan mobil Innova Anda dan mempertahankan kondisi mobil agar tetap optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...