Logo Skycitytrans

Upaya Pemerintah Mengantisipasi Lonjakan Pemudik

Lonjakan Pemudik – Perjalanan mudik saat Lebaran 2024 menjadi perhatian utama bagi masyarakat Indonesia. Diperkirakan sebanyak 193 juta orang akan melakukan perjalanan, di antaranya 28 juta berasal dari wilayah Jabodetabek.

Mengantisipasi lonjakan yang besar ini, pemerintah telah menyiapkan berbagai strategi dan langkah pencegahan untuk memastikan kelancaran arus mudik. Berikut adalah ringkasan lengkap mengenai informasi mudik tersebut:

Lonjakan Pemudik dan Upaya Antisipasi Pemerintah

lonjakan pemudik

(Sumber: Travel Kompas)

Menyikapi potensi lonjakan arus pemudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah mengambil langkah-langkah strategis. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyampaikan bahwa berdasarkan data survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), terjadi peningkatan yang signifikan dalam minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik pada musim Lebaran tahun 2024.

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, pemerintah telah melakukan serangkaian langkah, antara lain:
1. Pembatasan Angkutan Barang: Keputusan bersama beberapa menteri telah dikeluarkan untuk mengatur pembatasan angkutan barang. Tujuannya adalah untuk mengurangi kemacetan dan memastikan kelancaran arus pemudik.
2. Inspeksi Keselamatan: Kemenhub telah melakukan pemeriksaan keselamatan pada semua moda transportasi, termasuk darat, laut, udara, dan kereta api, guna memastikan kesiapan dan keamanan selama musim mudik.
3. Sosialisasi Kebijakan: Upaya sosialisasi kepada masyarakat terus dilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang kebijakan pengaturan transportasi selama musim mudik Lebaran 2024 serta mendorong disiplin berlalu lintas.
4. Program Mudik Gratis: Kemenhub menyelenggarakan program angkutan mudik gratis sebagai bantuan bagi masyarakat yang ingin mudik dan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kemacetan di jalan.

Jadwal Pemberlakuan Sistem One Way, Contraflow, dan Ganjil Genap

Untuk memaksimalkan kelancaran arus mudik, pemerintah telah merencanakan pemberlakuan sistem one way, contraflow, dan ganjil genap. Berikut adalah jadwal lengkapnya:
Arus Mudik:

• One way (Km 72-Km 414): 5 April 2024 – 9 April 2024
• Contraflow (Km 36-Km 72): 5 April 2024 – 11 April 2024
• Ganjil Genap (Km 0-Km 141): 5 April 2024 – 9 April 2024
Arus Balik:
• One way (Km 414-Km 72): 13 April 2024
• Contraflow (Km 72-Km 36): 12 April 2024 – 16 April 2024
• Ganjil Genap (Km 414-Km 0): 12 April 2024 – 16 April 2024
Pemberlakuan sistem ini akan disesuaikan dengan situasi lapangan secara situasional.

Implementasi Sistem Ganjil Genap dan Pengawasan Menggunakan e-TLE

Penerapan sistem ganjil genap akan menjadi salah satu upaya untuk mengatur pergerakan kendaraan selama masa arus mudik. Menurut Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan, penerapan ganjil genap akan dipantau menggunakan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE).

Petugas tidak akan melakukan pembalikan kendaraan yang melanggar aturan ganjil genap, tetapi akan menerapkan tilang elektronik sebagai bentuk penegakan hukum.

Potensi Kemacetan dan Upaya Pencegahan

Kemacetan kemungkinan akan terjadi di beberapa titik strategis seperti Tol Cipali, Pelabuhan Merak, dan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Selain itu, jalur laut di Medan, Batam, Samarinda, dan Sulawesi Selatan, serta jalur udara di Banda Soekarno-Hatta dan Bali, juga berpotensi mengalami kepadatan.

Korlantas Polri telah menyiapkan sejumlah langkah pencegahan untuk mengatasi kemacetan, termasuk pengaturan lalu lintas, koordinasi dengan instansi terkait, dan pengawasan ketat terhadap titik-titik rawan.

Tantangan dan Harapan untuk Mudik Lebaran 2024

Mudik Lebaran 2024 menjadi tantangan besar bagi pemerintah dalam mengelola arus lalu lintas. Melalui strategi rekayasa lalu lintas, pembatasan angkutan barang, dan penerapan sistem ganjil genap, diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan memastikan kelancaran perjalanan masyarakat selama musim mudik.

Dengan koordinasi yang baik antara pemerintah, Korlantas Polri, dan masyarakat, diharapkan mudik Lebaran 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua pihak. Untuk mudik lancar dan aman, sewa Hiace saja di Skycity Trans!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...