Home » Otomotif » Kapasitas Tangki Innova Reborn Untuk Bensin dan Diesel

Kapasitas Tangki Innova Reborn Untuk Bensin dan Diesel

Kapasitas Tangki Innova Reborn Untuk Bensin dan Diesel

Toyota Innova tetap menjadi pilihan utama dari Toyota sebagai mobil penumpang dengan kapasitas 7 orang. Keunggulan utamanya adalah konsumsi bahan bakar dalam kapasitas tangki innova reborn efisien, baik untuk mesin bensin maupun diesel. 

Meskipun banyak yang mengatakan bahwa konsumsi BBM Innova diesel lebih irit daripada bensin, namun mesin diesel dinilai cukup kasar dan menghasilkan bau asap kurang nyaman bagi sebagian konsumen.

Meskipun demikian, Innova Reborn bensin masih menjadi pilihan favorit bagi konsumen Indonesia, terutama untuk penggunaan sehari-hari. Mesin bensin yang lebih halus dan responsif membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman. 

Dalam hal konsumsi BBM, memang benar bahwa Innova diesel memiliki keunggulan dalam hal iritnya. Namun, perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan Innova bensin. Jadi, apakah Anda lebih memilih Innova diesel atau bensin? 

Kapasitas Tangki Innova Reborn 

Kapasitas tangki Innova telah mengalami beberapa kali pengembangan sejak pertama kali diluncurkan. Generasi pertama Innova memiliki kapasitas tangki sebesar 60 liter, memungkinkan mobil ini menempuh jarak lebih dari 600 km. Mesin bensin berkapasitas 2.000 cc pada generasi awal Innova mampu menghasilkan tenaga 114 Ps per 4.200 rpm dan torsi maksimum 14.3 kgm per 4.200 rpm.

Mesin bensin pada Innova generasi awal menunjukkan efisiensi penggunaan bahan bakar yang tinggi dibandingkan dengan mesin diesel, menjadikannya salah satu kendaraan roda empat paling populer pada masanya. Seiring berjalannya waktu, hadirnya Innova Reborn membawa perubahan dengan kapasitas tangki yang lebih kecil, yaitu 55 liter. 

Meskipun demikian, efisiensi dan performa mesinnya tidak kalah dari generasi sebelumnya, dengan daya jelajah yang mampu mencapai lebih dari 500 km. Innova Reborn menampilkan kapasitas tangki lebih kecil namun tetap memberikan performa yang optimal. Innova terus menunjukkan inovasi dan peningkatan dalam hal kapasitas tangki dan performa mesin, menjadikannya salah satu pilihan yang diandalkan di pasar otomotif saat ini.

Baca Juga: Panjang Mobil Innova Reborn

Perbedaan Kapasitas Tangki Innova Reborn Bensin dan Diesel

Perbandingan kapasitas tangki Innova Reborn Diesel dan Bensin memang menjadi perbincangan di kalangan pengguna mobil, pertanyaannya adalah apakah kapasitas tangki Innova Reborn yang besar tersebut dapat mempengaruhi efisiensi konsumsi bahan bakar mobil? Berikut ini penjelasannya:

1. Innova Reborn Mesin Bensin

Kapasitas tangki innova reborn mesin bensin lebih efisien dalam konsumsi BBM. Generasi sebelumnya tercatat menghabiskan 8-10 km/liter penggunaan dalam kota, namun setelah dilakukan facelift oleh Toyota, konsumsi bensin Innova generasi terbaru menjadi lebih hemat lagi, yakni sekitar 9,7 km/liter untuk pemakaian dalam kota dan 13,6 km/liter untuk luar kota.

Meskipun konsumsi bahan bakar Innova diesel cenderung lebih efisien dibandingkan mesin bensin, namun terdapat banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar, seperti gaya berkendara dan jenis bensin yang digunakan. 

Untuk hasil optimal, disarankan penggunaan bensin dengan nilai oktan yang sesuai, seperti bensin Pertalite dari Pertamina, atau bensin dengan nilai oktan 92 RON atau 93 RON untuk mendapatkan tarikan maksimal. Kapasitas tangki Innova Reborn juga menjadi faktor penting dalam menentukan jarak tempuh yang dapat dicapai dengan sekali isi bahan bakar. 

2. Innova Reborn Mesin Diesel

Kapasitas tangki innova reborn mesin diesel memang sering kali dianggap mengganggu karena suaranya bising dan aroma hasil pembakarannya kurang sedap. Namun, tidak dapat dipungkiri saat ini mobil Innova Reborn dengan mesin diesel menjadi pilihan favorit di pasar otomotif Indonesia. 

Hal ini disebabkan oleh konsumsi bahan bakar yang hemat, mencapai sekitar 14,9 km/liter. Toyota telah melakukan berbagai perbaikan pada generasi terbaru Innova diesel, termasuk penggantian mesin 2KD-FTV dengan mesin 2GD-FTV yang dilengkapi teknologi Variable Nozzle Turbocharger (VNT). 

Dengan peningkatan ini, tenaga yang dihasilkan mencapai 149 Ps dan torsi maksimal sekitar 342-360 Nm. Kapasitas tangki Innova Reborn juga menjadi faktor mengoptimalkan konsumsi bahan bakar, merawat dan menjaga kondisi mobil dengan baik juga dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar, sehingga performa mesin dan komponen tetap optimal.

Lebih Irit Kapasitas Tangki Innova Reborn Bensin Matic atau Manual?

Innova Reborn bensin hadir dengan dua pilihan transmisi yang berbeda, yaitu otomatis (matic) dan manual. Kedua transmisi ini memiliki kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) yang berbeda, sehingga pertanyaannya adalah, mana yang lebih irit? 

Dalam hal kapasitas tangki Innova Reborn bensin memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas yang sama, baik untuk transmisi otomatis maupun manual. Kedua transmisi tersebut ternyata membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) yang berbeda, mana yang lebih irit?

1. Innova Reborn Bensin Matic

Kapasitas tangki Innova Reborn Bensin Matic memiliki kapasitas cukup besar, sehingga memungkinkan pengguna melakukan perjalanan jauh tanpa perlu sering mengisi bensin. Rata-rata konsumsi bahan bakar sebesar 12,4 km/liter saat berkendara dengan kecepatan 22 km/jam, mobil ini terbukti efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Namun, ketika melaju di jalan tol dengan kecepatan 90 km/jam, konsumsi bahan bakar sedikit meningkat menjadi 18,5 km/liter. Meskipun demikian, jika pengemudi memilih untuk berkendara dengan kecepatan rata-rata 60-70 km/jam, mobil ini mampu menjaga putaran mesin rendah dan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat, yaitu 20 km/liter.

2. Innova Reborn Bensin Manual

Kapasitas tangki Innova Reborn bensin manual memiliki kapasitas lebih besar daripada generasi sebelumnya, sehingga memungkinkan pengguna melakukan perjalanan jauh tanpa perlu sering mengisi bahan bakar, karena efisiensi konsumsi bahan bakar yang meningkat menjadi 9,7 km/liter. 

Selain itu, Innova Reborn bensin manual juga cocok digunakan untuk cruising di jalan tol dengan kecepatan 100 km/jam dan gigi 5, menghasilkan putaran mesin optimal pada 2.900 rpm. Meskipun konsumsi bahan bakar di jalan tol sedikit lebih tinggi, yaitu sekitar 13,6 km/liter, namun hal ini masih tergolong efisien untuk mobil berukuran besar seperti Innova.

Biaya Isi Full Untuk Kapasitas Tangki Innova Reborn

Biaya mengisi BBM hingga penuh dengan kapasitas tangki innova reborn memang dapat menjadi pertimbangan bagi para pemilik kendaraan. Kapasitas tangki innova reborn mampu menampung lebih banyak bahan bakar, pengguna Innova Reborn dapat menjelajah hingga lebih dari 500 kilometer tanpa perlu sering-sering mengisi ulang di SPBU.

Tersedia dua jenis varian Innova Reborn, yaitu yang menggunakan bensin dan diesel. Untuk mengisi tangki MPV ini, tergantung dari jenis BBM yang dipilih oleh pengguna. Kisaran biaya untuk kapasitas tangki Innova Reborn bensin dan diesel dapat dilihat dari harga per liter BBM yang berlaku pada tahun 2024 ini.

Untuk varian bensin, seperti Pertalite, Pertamax, BP 92, Vivo Revvo 92, dan Shell Super, pengguna dapat mengeluarkan biaya antara Rp550 ribu hingga Rp797,5 ribu untuk mengisi tangki hingga penuh. Sementara itu, untuk varian diesel seperti Pertamina Dex dan Shell V-Power Diesel, biaya yang dikeluarkan berkisar antara Rp830,5 ribu hingga Rp863,5 ribu.

Sewa Mobil dari Skycity Trans Tanpa Khawatir Kapasitas Tangki Innova Reborn

Setelah mengetahui keunggulan kapasitas tangki Innova Reborn yang besar dan efisien, kini saatnya Anda merasakan langsung kenyamanan dan performanya. Tangki bahan bakar yang mampu menampung lebih banyak, perjalanan jauh akan lebih lancar tanpa harus sering mengisi ulang bahan bakar. 

Menggunakan Innova Reborn bukan hanya memberikan kenyamanan bagi penumpang, tetapi juga memberikan ketenangan bagi pengemudi dengan efisiensi bahan bakarnya. Untuk itu, kami mengundang Anda untuk mencoba layanan sewa Mobil Innova Reborn dari Skycity Trans. 

Kami menawarkan kendaraan terawat dan siap menemani perjalanan Anda, baik untuk keperluan bisnis, liburan keluarga, maupun acara khusus. Dengan Skycity Trans, Anda akan mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman dan bebas khawatir. Segera hubungi kami dan nikmati perjalanan tanpa batas dengan Toyota Innova Reborn!

Bagikan ke: