Home » Otomotif » Denah Seat Hiace: Kenyamanan dalam Satu Kendaraan

Denah Seat Hiace: Kenyamanan dalam Satu Kendaraan

Denah Seat Hiace: Kenyamanan dalam Satu Kendaraan

Denah Seat Hiace – Toyota Hiace dikenal sebagai salah satu kendaraan komersial andalan yang banyak digunakan di Indonesia, baik untuk keperluan bisnis maupun keluarga.

Tersedia dalam beberapa varian seperti Premio, Commuter, masing-masing memiliki konfigurasi denah seat Hiace berbeda sesuai dengan kebutuhan pengguna. Artikel ini akan membahas secara rinci denah seat Hiace, terutama pada varian Premio dan Commuter.

Varian Denah Seat Hiace

Varian Denah Seat Hiace

Varian Denah Seat Hiace (paradiso tour)

Denah Seat Hiace Premio

Denah Seat Hiace Premio merupakan varian premium dari Toyota, dirancang untuk kenyamanan ekstra. Berikut adalah detail denah hingga kapasitas tempat duduk pada Hiace Premio:

  1. Kapasitas: Hiace Premio dapat menampung hingga 11-12 penumpang dengan denah kursi 2+2+2+2+4 atau 2+2+2+3+3. Denah seat hiace ini memberikan ruang lebih luas bagi setiap penumpang.
  2. Dimensi: Hiace Premio memiliki dimensi panjang 5.915 mm, lebar 2.018 mm, tinggi 2.280 mm, menjadikannya lebih besar dibandingkan dengan varian lainnya seperti Hiace Commuter.
  3. Kenyamanan: Dengan kabin lebih luas, penumpang dapat menikmati perjalanan lebih nyaman. Fitur seperti jendela besar untuk pencahayaan alami, banyak ventilasi AC, serta kabin lebih tenang menambah kenyamanan selama perjalanan.

Baca Juga: Konsumsi BBM Hiace Premio

Denah Seat Hiace Commuter

Denah Seat Hiace Commuter adalah varian yang lebih banyak digunakan untuk keperluan komersial dengan kapasitas penumpang lebih besar:

  1. Kapasitas: Commuter dapat menampung hingga 15-16 orang, tergantung pada denah seat yang dipilih. Denah umum kursi Commuter adalah 2+3+3+3+4, memaksimalkan jumlah orang dalam satu perjalanan.
  2. Dimensi: Commuter sedikit lebih kecil dalam hal panjang dan lebar, dengan ukuran panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 2.285 mm. Namun, tinggi kendaraan sedikit lebih besar dibandingkan Premio, memberikan lebih banyak ruang kepala bagi penumpang.
  3. Fleksibilitas: Hiace Commuter sering dipilih oleh penyedia jasa transportasi karena kapasitas penumpangnya besar dan kemudahan denah tempat duduk sesuai kebutuhan operasional.

Baca Juga: Harga Hiace Commuter

Perbandingan dan Kelebihan

Ketika memilih antara Hiace Premio dan Hiace Commuter, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

  1. Kenyamanan vs. Kapasitas: Premio lebih cocok bagi mereka yang mengutamakan kenyamanan dan pengalaman berkendara premium. Sementara itu, Commuter lebih ideal untuk keperluan transportasi dengan jumlah penumpang yang lebih banyak.
  2. Fitur dan Teknologi: Kedua varian dilengkapi dengan fitur keselamatan serta kenyamanan yang canggih, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), hingga berbagai fitur lainnya untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman.
  3. Harga dan Segmentasi Pasar**: Hiace Premio dipasarkan untuk segmen premium dengan harga lebih tinggi dibandingkan Hiace Commuter. Harga Hiace Premio berkisar di Rp 621.700.000, sedangkan Hiace Commuter sekitar Rp 539.200.000.

Baca Juga: Travel Hiace Rosalia Indah

Macam-Macam Denah Seat Hiace

Macam-Macam Denah Seat Hiace

Macam-Macam Denah Seat Hiace (akar transport)

Toyota Hiace adalah salah satu kendaraan sangat populer di Indonesia, terutama dalam kategori minibus. Kendaraan ini dikenal karena kenyamanan, kapasitas, serta fleksibilitasnya dalam berbagai denah kursi. Sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti perjalanan wisata, transportasi umum, serta kendaraan komersial. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai macam denah seat (konfigurasi kursi) Hiace yang sering digunakan di Indonesia, serta manfaatnya.

1. Konfigurasi Standar (12-14 Penumpang)

Konfigurasi standar Hiace biasanya terdiri dari 12 hingga 14 seat, termasuk seat pengemudi. Denah ini umumnya diterapkan pada Hiace model Commuter yang sering digunakan untuk angkutan umum atau travel. Layout kursinya biasanya terdiri dari:

  1. Baris Depan: 1 seat pengemudi dan 2 seat penumpang depan.
  2. Baris Kedua hingga Keempat: Masing-masing memiliki 3-4 seat.

Konfigurasi ini memberikan keseimbangan antara kapasitas penumpang dan kenyamanan, dengan ruang kaki cukup lega untuk setiap penumpang. Penumpang memiliki akses mudah masuk dan keluar dari kendaraan, membuatnya ideal untuk perjalanan jarak menengah hingga jauh.

Baca Juga: Travel Hiace

2. Konfigurasi Eksekutif (7-9 Penumpang)

Hiace juga tersedia dalam konfigurasi lebih mewah dan eksklusif, dikenal sebagai konfigurasi eksekutif. Denah ini biasanya terdiri dari 7 hingga 9 kursi, dengan fokus pada kenyamanan ekstra dan fasilitas tambahan. Konfigurasi ini sering digunakan oleh perusahaan untuk kendaraan operasional atau oleh individu yang menginginkan kendaraan dengan kenyamanan tinggi.

  1. Baris Depan: 1 seat pengemudi dan 1 seat penumpang depan.
  2. Baris Kedua dan Ketiga: Kursi kapten (captain seats) yang lebih lebar, dilengkapi dengan sandaran tangan.
  3. Baris Keempat: Seat bangku dapat diatur untuk menambah ruang bagasi atau kaki.

Konfigurasi eksekutif ini sering dilengkapi dengan fasilitas seperti layar hiburan, meja lipat, serta pendingin udara yang dapat diatur secara individual untuk setiap kursi.

3. Konfigurasi Kargo (2-3 Penumpang)

Untuk kebutuhan komersial seperti pengangkutan barang, Hiace dapat dikonfigurasi menjadi van kargo. Dalam denah ini, kursi penumpang di bagian belakang dihilangkan untuk memberi ruang lebih bagi barang.

  1. Baris Depan: 1 seat pengemudi dan 1-2 seat penumpang depan.
  2. Area Belakang: Ruang kargo yang luas.

Konfigurasi ini sangat berguna untuk usaha yang membutuhkan mobilitas tinggi dengan kapasitas angkut barang yang besar, seperti jasa pengiriman, logistik, atau catering.

4. Konfigurasi Pariwisata (15-16 Penumpang)

Hiace juga dapat dikonfigurasi untuk kebutuhan pariwisata, di mana kapasitas penumpang menjadi prioritas utama. Denah ini biasanya mampu menampung hingga 15-16 orang.

  1. Baris Depan: 1 seat pengemudi dan 2 seat penumpang depan.
  2. Baris Kedua hingga Kelima: Seat diatur untuk memaksimalkan jumlah penumpang, biasanya dengan formasi 4 seat per baris.

Konfigurasi ini sangat ideal untuk travel agen atau perusahaan yang menyediakan jasa transportasi untuk grup besar, seperti wisatawan atau tim olahraga.

5. Konfigurasi Kombinasi (9-12 Penumpang + Kargo)

Untuk aplikasi yang memerlukan fleksibilitas antara penumpang dan kargo, Hiace juga bisa disesuaikan dengan konfigurasi kombinasi.

  1. Baris Depan: 1 kursi pengemudi dan 2 kursi penumpang depan.
  2. Baris Kedua dan Ketiga: Kursi dapat dilipat atau dilepas.
  3. Area Belakang: Ruang kargo dapat diperluas sesuai kebutuhan.

Konfigurasi ini cocok untuk bisnis yang membutuhkan pengangkutan barang dan penumpang secara bergantian, seperti perusahaan ekspedisi atau rental mobil.

Panduan Memilih Denah Seat Hiace

Panduan Memilih Denah Seat Hiace

Panduan Memilih Denah Seat Hiace (kompas otomotif)

Dalam menentukan pilihan denah tempat duduk pada Toyota Hiace, terdapat beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan, seperti berikut ini.

1. Jumlah Penumpang

Faktor pertama yang perlu Anda perhitungkan adalah jumlah penumpang yang akan menggunakan Hiace. Apabila Anda gunakan untuk perjalanan bersama keluarga atau rombongan kecil, maka opsi konfigurasi 13 seat atau 15 seat dapat menjadi pilihan memadai.

Tetapi. jika perencanaan perjalanan melibatkan rombongan lebih besar, maka denah seat hiace 18 seat atau 22 seat mungkin lebih sesuai. Sebab ada banyak kursi dan bisa menampung lebih banyak.

2. Ruang kaki

Jika terdapat penumpang dengan postur tubuh tinggi, perlu diperhatikan ruang kaki di baris belakang. Konfigurasi 13 seat dan 15 seat memiliki keterbatasan ruang kaki di bagian belakang.

3. Fitur

Fitur selain denah tempat duduk, perlu juga mempertimbangkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Hiace. Sebenarnya ada juga aspek-aspek seperti sistem AC, hiburan dan sistem keamanan merupakan hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam proses pemilihan.

Denah seat Hiace punya banyak variasi dan menawarkan denah tempat duduk yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan tertentu. Dalam memilih tata letak tempat duduk, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain. Misalnya, seperti jumlah penumpang, ruang kaki, dan fitur-fitur yang Anda sediakan untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan pengguna.

Kesimpulan

Toyota Hiace menawarkan fleksibilitas dalam denah tempat duduk, menjadikannya pilihan ideal untuk berbagai kebutuhan transportasi. Hiace Premio menawarkan pengalaman berkendara premium dengan kenyamanan ekstra, sementara Hiace Commuter memberikan kapasitas penumpang lebih besar, cocok untuk keperluan komersial.

Memilih antara kedua varian ini tergantung pada prioritas kenyamanan dan kapasitas penumpang yang Anda butuhkan. Dengan berbagai fitur canggih dan denah tempat duduk yang fleksibel, Toyota Hiace terus menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna di Indonesia. Ingin menikmati kenyamanan denah seat Hiace? Sewa Hiace saja di Sewa Hiace Jakarta – Skycity Trans!

Bagikan ke: