Home » Otomotif » Mitsubishi L300 Minibus: Spesifikasi dan Modifikasi

Mitsubishi L300 Minibus: Spesifikasi dan Modifikasi

Mitsubishi L300 Minibus: Spesifikasi dan Modifikasi

Mitsubishi L300 Minibus telah menjadi legenda di Indonesia sebagai kendaraan niaga ringan tahan lama sejak diluncurkan pada tahun 1980-an. Meskipun sudah berusia, L300 minibus tetap eksis berkat minimnya kelemahan yang membuatnya menjadi pilihan andal hingga saat ini.

Sebelum masuk ke Indonesia, l300 minibus dikenal dengan nama Delica di pasar global dan bahkan turut berlaga di ajang balap bergengsi. Namun, di Indonesia, Mitsubishi memilih menjualnya sebagai L300 yang terkenal handal untuk angkutan barang dan penumpang.

Beberapa tahun ini, Mitsubishi menghadirkan Delica sebagai MPV premium untuk segmen menengah atas, sementara L300 tetap jadi pilihan kendaraan niaga. Ketika diluncurkan, Mitsubishi L300 hadir dalam dua varian bahan bakar, yaitu diesel dan bensin. Namun, varian bensin kini telah tidak diproduksi lagi meskipun memiliki performa akselerasi yang lebih baik dibandingkan dengan varian diesel yang lebih populer di pasaran.

Tentang Mitsubishi L300 Minibus

Mitsubishi dilengkapi mesin bensin 1.4 Liter inline-4. Pada tahun 1984, Mitsubishi melakukan pembaruan signifikan dengan memperkenalkan dua pilihan mesin baru, yakni versi bensin dan diesel. 

Respons positif dari masyarakat lebih condong kepada l300 minibus dengan mesin diesel 2.5 Liter karena konsumsi bahan bakarnya lebih efisien dibandingkan versi bensin yang lebih boros. 

Sementara mesin diesel 2.5 Liter, merupakan upgrade dari versi 2.3 Liter, menghasilkan tenaga 74 ps pada 4.200 rpm, hingga torsi maksimal 142 Nm pada 2.500 rpm. Mesin diesel 4-silinder ini menjadi pilihan tangguh dan efisien bagi pengguna L300 minibus, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun komersial.

Baca Juga: Isuzu Elf Minibus

Spesifikasi Mitsubishi L300 Minibus 

Mitsubishi L300 Minibus, baik versi minibus maupun pick-up untuk angkutan barang, menonjol dengan keandalan dan kemampuannya mengatasi medan tanjakan. Mesin dieselnya, berkapasitas 2.477 CC, konfigurasi 4D56-SOHC 4 Cylinder Inline, menghasilkan tenaga 74 PS pada 4.200 rpm, hingga torsi maksimal 133,4 Nm pada 2.500 rpm. 

Mesin ini telah dipercaya dan terus diperbarui dengan teknologi modern seperti turbo VGT dan sistem common rail direct injection, yang juga digunakan pada model Pajero Sport. Keunggulan utama terletak pada performa mesin dieselnya yang tidak hanya tangguh di tanjakan, tetapi juga efisien dalam konsumsi bahan bakar. 

L300 minibus menawarkan stabilitas dan keamanan saat melintasi berbagai kondisi jalan yang sulit di Indonesia. Sistem pengereman Elsapek dengan cakram berventilasi di bagian depan dan rem teromol di roda belakang memberikan kontrol pengereman yang optimal, menjadikannya pilihan ideal untuk mengoptimalkan mobilitas harian atau komersial. 

Modifikasi Mitsubishi L300 Agar Lebih Mewah

Jika Anda ingin mengubah tampilan Mitsubishi L300 pick-up atau minibus dengan mudah dan terjangkau, memasang cutting sticker bisa menjadi solusi ideal. Anda bebas memilih tema stiker, mulai dari animasi, graffiti, grafis racing, hingga desain dengan tulisan-tulisan unik yang menarik hati.

Untuk membuat Mitsubishi L300 minibus atau pick-up Anda lebih menonjol di jalanan, ganti velg standar dengan velg berdiameter lebih besar. Velg standar L300 menggunakan steel wheels 14 inci, namun Anda bisa mengupgrade hingga velg maksimal 17 inci tanpa perlu mengubah kaki-kaki atau fender. 

Langkah selanjutnya untuk menciptakan penampilan keren bagi Mitsubishi L300 minibus adalah menurunkan tinggi bodi mobil, atau dikenal istilah “ceper”. Anda bisa memodifikasi suspensi depan dengan memotong ulir sesuai kebutuhan atau ganti memakai aftermarket yang cocok untuk L300. 

Untuk membuat Mitsubishi L300 minibus terlihat lebih sporty dan agresif, tambahkan bodykit pada bemper depan dan belakang. Anda bisa memilih bodykit dari bahan plat besi yang kuat atau fiber yang lebih ringan. Pastikan untuk memesan bodykit sesuai dengan desain dan dimensi L300 Anda, karena umumnya body part ini tidak tersedia secara bebas dan perlu pesanan khusus.

Interior Sederhana L300 Minibus

Hingga tahun 2024, Mitsubishi L300 Minibus tetap mempertahankan interior yang sederhana namun berfungsional. Kendaraan ini menawarkan dimensi yang lega dengan fitur-fitur dasar yang memadai untuk kenyamanan penumpang. Mitsubishi telah menyematkan AC Double Blower untuk menjaga suhu udara tetap nyaman di dalam kabin. 

Setiap kursi dilengkapi fitur reclining seat untuk memberikan penumpang opsi untuk menyesuaikan posisi duduk mereka. Head unit CD/MP3 player juga disertakan untuk hiburan selama perjalanan. Kenyamanan interior L300 Minibus dapat bervariasi tergantung pada konfigurasi yang dipilih oleh operator kendaraan. 

Sayangnya, ruang penyimpanan barang terbatas karena terdesak oleh kursi paling belakang. Untuk mengatasi ini, beberapa karoseri biasanya menambahkan pintu belakang untuk memudahkan akses ke ruang barang. Meskipun sederhana, interior L300 Minibus tetap memenuhi kebutuhan dasar pengguna dalam perjalanan sehari-hari atau komersial. 

Jenis-Jenis Mitsubishi L300 Minibus dan Harganya 

Mitsubishi L300 Minibus hadir dalam 2 varian utama, yaitu Cab & Chassis dan Minibus. Masing-masing varian memiliki beberapa tipe dengan harga yang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Cab & Chassis

Varian ini hanya memiliki kabin depan dan sasis. Anda perlu menambahkan bak atau kargo sesuai dengan kebutuhan Anda. Varian Cab & Chassis tersedia dalam 2 tipe, yaitu Standard dan Deluxe. 

Perbedaan utama antara kedua tipe ini terletak pada fitur-fitur yang tersedia. Tipe Deluxe memiliki beberapa fitur tambahan seperti power window dan central lock. Untuk mobil tipe Standard dan Deluxe harga mobil mulai dari Rp 200 juta. 

2. Minibus

Varian ini sudah dilengkapi dengan kabin penumpang di bagian belakang. Varian Minibus tersedia dalam 2 tipe, yaitu Standard dan Deluxe. Perbedaan utama antara kedua tipe ini terletak pada kapasitas penumpang dan kelengkapan fitur. 

Tipe Standard memiliki kapasitas 9 penumpang, sedangkan tipe Deluxe memiliki kapasitas 7 penumpang dengan fitur yang lebih lengkap. Harga mobil untuk 2 tipe tersebut sama, mulai dari Rp 200 juta. 

Bagikan ke: