Home » Otomotif » Mobil Elf Hiace: Spesifikasi, Kapasitas, dan Harganya

Mobil Elf Hiace: Spesifikasi, Kapasitas, dan Harganya

Mobil Elf Hiace: Spesifikasi, Kapasitas, dan Harganya

Isuzu Elf, kendaraan komersial pertama yang diperkenalkan, dengan cepat meraih popularitas di pasar. Pada tahun 1980-an, Elf mulai dikenal luas di Indonesia dan sering digunakan sebagai angkutan umum serta travel. Generasi terbaru dari Elf terus berkembang dengan peningkatan pada mesin dan fitur kenyamanan untuk penumpang.

Apa Itu Elf Hiace? 

Elf Hiace sebenarnya merupakan hasil gabungan dari dua model kendaraan berbeda dari dua produsen yang berbeda, yaitu Isuzu Elf dan Toyota Hiace. Keduanya merupakan pilihan utama dalam dunia kendaraan komersial di Indonesia, masing-masing memiliki keunggulan dalam hal kapasitas angkut, kenyamanan, dan daya tahan.

Isuzu Elf dikenal dengan kapasitas angkut yang besar dan keandalannya yang tinggi. Kendaraan ini sering digunakan sebagai angkutan umum, travel, dan kendaraan logistik. Model Elf tersedia dalam berbagai konfigurasi, mulai dari minibus hingga truk, sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan transportasi.

Sementara itu, Toyota Hiace juga merupakan kendaraan komersial yang populer di Indonesia. Hiace dikenal dengan desainnya yang stylish, kenyamanan penumpang yang baik, dan performa mesin yang handal. Kendaraan ini biasanya digunakan sebagai angkutan travel, shuttle, dan kendaraan operasional perusahaan.

Baca Juga: Minibus Hiace

Spesifikasi Isuzu Elf Hiace

Spesifikasi Isuzu Elf dan Toyota Hiace merupakan informasi penting bagi para pengguna kendaraan niaga. Isuzu Elf hadir dengan mesin 4JB1-TC dan 4HK1-TC yang bertenaga, cocok untuk kebutuhan transportasi barang maupun penumpang. Mesin diesel 4-silinder ini mampu menghasilkan tenaga antara 100-150 HP, tergantung pada model dan varian yang dipilih.

Isuzu Elf juga dilengkapi dengan transmisi manual 5-percepatan yang memberikan kemudahan dalam mengemudi. Dimensi kendaraan ini pun cukup bervariasi, dengan panjang berkisar antara 4.600 hingga 6.000 mm, lebar 1.700 hingga 2.000 mm, dan tinggi 2.100 hingga 2.500 mm. 

Suspensi depan menggunakan suspensi independen dengan per daun, sementara suspensi belakang menggunakan suspensi per daun yang memberikan kenyamanan saat melintasi berbagai medan.

Sementara itu, Toyota Hiace juga tidak kalah menarik dengan spesifikasinya yang memiliki desain elegan dan modern, cocok untuk segala jenis keperluan bisnis maupun pribadi. Meskipun Isuzu Elf dan Toyota Hiace memiliki karakteristik yang berbeda, keduanya tetap menjadi pilihan utama bagi para pengusaha dan pemilik usaha transportasi. 

Kapasitas Elf Hiace Berdasarkan Jenis Modelnya

Elf dan Hiace hadir dalam beberapa model dengan kapasitas dan fitur berbeda-beda. Elf Hiace adalah sebuah merek mobil yang menawarkan berbagai model dengan dimensi dan kapasitas penumpang yang berbeda, seperti dibawah ini:

  1. Elf Microbus merupakan model terkecil dengan kapasitas 10-13 orang, ideal untuk digunakan sebagai angkutan dalam kota atau untuk mengangkut keluarga kecil. 
  2. Elf Medium Bus hadir dengan dimensi yang lebih besar dan dapat menampung 14-17 orang, cocok untuk kebutuhan angkutan antar kota atau untuk mengangkut barang secara efisien. 
  3. Elf Long Bus adalah model terbesar dengan kapasitas hingga 17-20 orang, sangat sesuai untuk perjalanan jarak jauh atau untuk mengangkut rombongan besar.

Toyota Hiace, terkenal dengan tiga varian berbeda: Hiace Commuter, Hiace Premio, dan Hiace Luxury, berapa kapasitas penumpangnya?

  1. Hiace Commuter, model yang memiliki dimensi lebih besar daripada Elf, memberikan kapasitas penumpang yang lebih banyak, yaitu 13-15 orang. Dilengkapi fitur-fitur seperti AC double blower, power window, dan power steering, cocok digunakan sebagai angkutan antar kota atau untuk mengangkut rombongan dengan nyaman.
  2. Hiace Premio menawarkan dimensi yang sama dengan Hiace Commuter, namun dengan interior yang lebih mewah dan fitur yang lebih lengkap. Dengan jok kulit dan head unit layar sentuh, kapasitas penumpang 9-11, cocok sebagai kendaraan VIP atau untuk mengangkut tamu penting dengan gaya.
  3. Hiace Luxury hadir dengan dimensi yang lebih kecil dari Hiace Commuter dan Hiace Premio, namun dengan interior paling mewah dan fitur paling lengkap. Dari jok kulit hingga sunroof, serta audio system premium, kapasitas penumpang 9-11 orang, merupakan pilihan untuk mengangkut pejabat tinggi dengan kesan yang elegan.

Elf Hiace memiliki reputasi baik dalam hal kualitas dan performa, menjadikannya pilihan tepat untuk berbagai kebutuhan transportasi. Desain ergonomis dan fitur-fitur modern, Elf Hiace memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpangnya. Selain itu, mesin yang handal dan efisien membuat Elf Hiace menjadi pilihan yang hemat biaya dalam jangka panjang.

Kisaran Harga Mobil Elf Hiace

Kisaran Harga Mobil Elf Hiace di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti varian, tahun pembuatan, dan lokasi pembelian. Untuk mobil Elf dari Isuzu, terdapat beberapa varian yang tersedia, mulai dari:

  1. Elf Microbus dengan harga sekitar Rp 380.000.000 hingga Rp 430.000.000
  2. Elf Medium Bus dengan kisaran harga antara Rp 400.000.000 hingga Rp 450.000.000, dan 
  3. Elf Long Bus dengan harga berkisar antara Rp 420.000.000 hingga Rp 470.000.000.

Sementara itu, untuk Toyota Hiace, terdapat dua varian yang populer di pasaran, yaitu Hiace Commuter dan Hiace Premio, dengan harga yang sama yaitu sekitar Rp 636.900.000. Untuk mendapatkan informasi harga terbaru dan terakurat, disarankan untuk mengunjungi dealer resmi Isuzu dan Toyota di Indonesia atau mengakses situs web resmi mereka.

Perbedaan Antara Isuzu Elf dan Toyota Hiace

Perbedaan antara Toyota Hiace dan Isuzu Elf tidak dapat dipandang sebelah mata, kedua mobil ini memiliki keunggulan masing-masing yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih salah satunya. 

Toyota Hiace, dengan desain yang modern dan elegan, menawarkan kenyamanan tinggi berkat suspensi per keong yang membuat perjalanan Anda lebih nyaman meskipun melintasi jalan yang tidak rata. Selain itu, sistem pendingin AC Toyota Hiace jarang mengalami masalah.

Di sisi lain, Isuzu Elf, meskipun terlihat monoton dengan desain kotaknya, memiliki keunggulan dalam kapasitas tempat duduk yang lebih banyak. Dengan Isuzu Elf Sort Sasis, mobil ini menjadi pilihan yang ekonomis untuk keperluan transportasi kelompok. 

Jika Anda mempertimbangkan konsumsi bahan bakar, keduanya sama-sama menggunakan bahan bakar solar. Namun, performa konsumsi bahan bakar dapat berbeda tergantung pada kondisi jalan yang dilalui. Isuzu Elf cenderung lebih irit saat melintasi jalanan menanjak, sementara Toyota Hiace lebih efisien di jalanan lurus.

Jadi, jika Anda mengutamakan kenyamanan dan performa suspensi yang baik, Toyota Hiace mungkin menjadi pilihan yang lebih cocok. Namun, jika Anda membutuhkan kapasitas penumpang yang lebih besar dan lebih ekonomis, Isuzu Elf bisa menjadi alternatif yang tepat.

Pilihan Tepat Kendaraan Komersial: Sewa Hiace Jakarta dari Skycity Trans

Apakah Anda sudah membaca dan memahami mengenai Isuzu Elf dan Toyota Hiace? Kini saatnya Anda merasakan sendiri kenyamanan dan kehandalan Toyota Hiace dalam perjalanan Anda. Dengan fitur modern dan kapasitas penumpang yang luas, Hiace adalah pilihan ideal untuk berbagai kebutuhan perjalanan Anda, mulai dari travel, angkutan penumpang, hingga acara keluarga besar. 

Toyota Hiace menawarkan kenyamanan dan performa terbaik yang siap menjadikan perjalanan Anda lebih menyenangkan dan efisien. Skycity Trans menyediakan layanan sewa Hiace Jakarta dengan berbagai pilihan model dan fasilitas yang lengkap. Segera hubungi Skycity Trans untuk kebutuhan sewa Hiace Anda dan nikmati perjalanan tanpa khawatir di Jakarta!

Bagikan ke: