Home » Otomotif » Fitur Telescopic Steering: Fungsi, dan Cara Menggunakan

Fitur Telescopic Steering: Fungsi, dan Cara Menggunakan

Fitur Telescopic Steering: Fungsi, dan Cara Menggunakan

Seperti yang telah diketahui, mobil modern saat ini telah dilengkapi berbagai fitur tambahan yang bertujuan meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang. Salah satu fitur penting adalah telescopic steering. Meskipun banyak yang belum familiar, namun penting dipahami bahwa setiap fitur pada mobil memiliki peran dalam menjaga keamanan selama berkendara.

Jadi, apa sebenarnya apa fitur telescopic steering ini? Fitur ini tidak hanya memberikan fleksibilitas dalam mengatur posisi kemudi, tetapi juga dapat meningkatkan pengalaman berkendara secara keseluruhan. Simak artikel dibawah ini sampai selesai jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai telescopic steering. 

Apa Itu Telescopic Steering?

Telescopic steering adalah sebuah fitur inovatif yang memungkinkan pengemudi menyesuaikan posisi setir mobil sesuai preferensi mereka. Dengan fitur ini, pengemudi dapat mudah mengatur jarak dan sudut setir agar sesuai dengan postur tubuh mereka, sehingga memberikan kenyamanan maksimal saat berkendara.

Dibandingkan setir konvensional yang hanya memiliki opsi pengaturan satu arah, telescopic steering memberikan fleksibilitas yang lebih besar. Pengemudi dapat bebas mengubah posisi setir baik mendekatkan maupun menjauhkannya dari tubuh mereka, sehingga memungkinkan untuk menyesuaikan posisi duduk dan jangkauan tangan dengan lebih baik.

Salah satu keunggulan utama dari telescopic steering adalah kemampuannya meningkatkan kenyamanan dan kontrol saat mengemudi. Jika posisi setir tepat, pengemudi dapat mengurangi kelelahan dan ketegangan pada otot lengan dan bahu, sehingga mengurangi risiko cedera dan meningkatkan fokus saat berkendara. 

Baca Juga: Power Windows

Fungsi Telescopic Steering 

Sebagaimana yang telah kita ketahui sebelumnya, fungsi dari telescopic steering adalah memberikan kemudahan bagi pengemudi dalam menyesuaikan posisi setir kemudi sesuai preferensi dan kenyamanan mereka. Pengemudi dapat mudah mengatur posisi setir hingga 3 inch lebih dekat atau lebih jauh dari mereka.

Selain memberikan fleksibilitas dalam penyesuaian posisi setir, telescopic steering juga memiliki peran penting dalam mengurangi kelelahan pengemudi. Kemampuannya mengatur jarak setir, fitur ini memastikan bahwa pengemudi mendapatkan posisi optimal untuk mengemudi tanpa harus merasa tidak nyaman atau lelah.

Selain dari fungsi utamanya, fitur ini juga memberikan nilai tambah dalam hal keamanan dan kenyamanan. Kemampuannya untuk menyesuaikan posisi setir, pengemudi dapat memastikan bahwa mereka memiliki kendali penuh atas mobil mereka tanpa harus mengorbankan kenyamanan mereka.

Terdapat juga fitur Tilt yang memiliki fungsi serupa, fitur ini memungkinkan pengemudi untuk mengatur ketinggian setir sesuai dengan preferensi mereka, sehingga memberikan kenyamanan ekstra selama berkendara. Dengan adanya fitur telescopic steering dan Tilt, pengemudi dapat mengontrol posisi setir agar lebih mudah dan nyaman. 

Cara Menggunakan Fitur Telescopic Steering

Penggunaan fitur telescopic steering merupakan hal yang penting dan bermanfaat dalam mengemudi. Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur posisi setir sesuai preferensi mereka, sehingga memberikan kenyamanan dan kontrol yang lebih baik saat berkendara.

Proses pengaturan fitur ini cukup mudah dilakukan. Pengguna hanya perlu membuka tuas pengunci yang berada di bawah steering column, lalu menariknya ke bawah untuk mengatur posisi ketinggian dan jarak setir. Setelah posisi yang diinginkan tercapai, tuas pengunci perlu dikunci kembali dengan menekannya ke atas.

Masukkan proses pengaturan tilt telescopic ke dalam checklist sebelum memulai perjalanan. Fitur ini sama pentingnya dengan mengatur posisi kaca spion atau ketinggian jok, dan sudah menjadi standar pada banyak kendaraan roda empat di Indonesia. Secara teknis, fitur ini bekerja menggunakan steering column khusus, memungkinkan pengaturan posisi setir. 

Untuk posisi berkendara yang ideal, disarankan agar siku membentuk sudut 90 derajat dan punggung dapat bersandar secara rileks. Penting juga selalu memegang lingkar setir dengan benar, yaitu kedua tangan kanan berada di posisi jam 3 dan jam 9 untuk tangan kiri.

Mobil Dengan Fitur Telescopic Steering

Fitur ini sudah menjadi standar pada banyak kendaraan roda empat di Indonesia, berikut ini hanya contoh beberapa mobil yang sudah terdapat fitur telescopic steering: 

1. Toyota Veloz

Toyota Veloz merupakan inovasi terbaru dari Toyota Avanza yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman berkendara lebih premium dan nyaman. Dengan fitur telescopic steering yang canggih, pengemudi dapat mudah menyesuaikan posisi kemudi secara horizontal sesuai dengan preferensi mereka. 

2. Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross, varian SUV yang dirancang memberikan performa dan kenyamanan lebih baik dalam berbagai kondisi jalan. Fitur telescopic steering pada Xpander Cross memungkinkan pengemudi menyesuaikan posisi kemudi sesuai preferensi mereka, memberikan kenyamanan lebih baik dan kontrol lebih presisi selama berkendara. 

3. Honda Accord

Dikenal sebagai salah satu sedan, Honda Accord tidak hanya menawarkan kehandalan yang tak tertandingi, tetapi juga performa yang mengesankan. Fitur telescopic steering pada Accord memberikan pengemudi fleksibilitas untuk menyesuaikan posisi sesuai preferensi mereka, sehingga menciptakan pengalaman mengemudi lebih nyaman.

Telescopic Steering Manual dan Elektrik

Dalam telescopic steering, terdapat dua pilihan yang dapat dipilih oleh pengemudi yaitu manual dan elektrik. Telescopic steering manual mengharuskan pengemudi secara fisik menggeser kemudi ke posisi yang diinginkan dengan bantuan tuas atau pelepas mekanis. Setelah posisi yang diinginkan tercapai, kemudi dikunci secara manual. 

Di sisi lain, kemudi teleskopik elektrik menggunakan tombol-tombol elektronik untuk melakukan penyesuaian masuk/keluar, serta mengunci kemudi di tempatnya. Keunggulan dari penyesuaian elektrik adalah fitur pengaturan memori yang memungkinkan pengemudi untuk menyimpan preferensi mereka.

Namun, meskipun penyesuaian elektrik memberikan kenyamanan lebih, manual tetap menjadi pilihan handal. Dalam memilih manual dan elektrik, pengemudi perlu mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi. Apakah lebih mengutamakan kenyamanan dan kemudahan pengaturan, atau lebih memperhatikan keandalan dan efisiensi biaya. 

Bagaimana Posisi Setir yang Sesuai?

Bagi sebagian orang, menemukan posisi setir yang nyaman dan sesuai bisa menjadi tantangan. Posisi setir yang tidak tepat dapat membuat pengemudi merasa tidak nyaman saat mengemudi, entah karena terlalu jauh atau terlalu dekat. Penting bagi Anda untuk mengetahui posisi setir yang tepat guna memberikan kenyamanan saat berkendara.

Salah satu cara untuk menentukan posisi setir yang sesuai adalah menggunakan fitur telescopic steering. Anda dapat menyesuaikan jarak antara setir dengan dada sejauh 25 hingga 30 cm. 

Hindari posisi setir terlalu dekat dengan tubuh, karena hal ini dapat meningkatkan risiko cedera saat airbags terpicu. Pastikan posisi bagian tengah setir sejajar dengan dada, bukan ke arah kepala, agar Anda dapat dengan mudah mengendalikan mobil.

Nikmati Kenyamanan Telescopic Steering di Hiace dari Skycity Trans

Setelah memahami pentingnya telescopic steering dalam memberikan kenyamanan dan kontrol optimal saat berkendara, kini saatnya Anda merasakan sendiri manfaatnya dengan menggunakan layanan sewa Hiace Jakarta dari Skycity Trans. Hiace kami dilengkapi fitur telescopic steering yang memungkinkan Anda menyesuaikan posisi kemudi sesuai keinginan. 

Skycity Trans menawarkan berbagai pilihan kendaraan Hiace yang siap menemani perjalanan Anda di Jakarta dengan layanan profesional dan harga yang kompetitif. Hubungi Skycity Trans sekarang dan rasakan sendiri kemudahan serta kenyamanan yang ditawarkan oleh kendaraan berkualitas kami.

Bagikan ke: