Logo Skycitytrans

8 Wisata Danau di Jakarta yang Indah dan Menenangkan

Wisata Danau Jakarta – Di Jakarta, sebuah kota yang terkenal dengan keramaian dan kepadatannya, terdapat sejumlah danau menarik yang patut dieksplorasi. Meskipun dikenal dengan gedung-gedung pencakar langit dan jalanan yang ramai, Jakarta juga menyimpan keindahan alamnya sendiri, dan danau-danau ini menjadi tempat perlindungan yang menyegarkan di tengah-tengah kesibukan kota.

Dari danau buatan hingga danau alami, setiap danau di Jakarta memiliki daya tarik uniknya yang menarik bagi pengunjung lokal maupun turis. Tersebar di berbagai wilayah, baik di pusat kota maupun di pinggiran, danau-danau ini memiliki ciri khas dan pesonanya masing-masing, baik dari segi sejarah panjangnya, hingga perannya sebagai destinasi wisata dan area pelestarian alam. Berikut adalah daftar lengkap danau-di Jakarta yang patut dikunjungi.

Wisata Danau di Jakarta

1. Taman Situ Lembang

5 Daya Tarik Taman Situ Lembang, Ada Danau sejak Zaman Belanda Halaman all  - Kompas.com(Sumber: Travel Kompas)

Taman Situ Lembang adalah sebuah area taman yang terletak di tengah pemukiman Menteng, Jakarta Pusat. Berdekatan dengan Taman Suropati, taman ini dapat diakses dengan mudah melalui berbagai moda transportasi umum seperti Transjakarta dan KRL Commuterline, dan hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari Stasiun Cikini.

Pengunjung dapat menikmati beragam kegiatan di Taman Situ Lembang, seperti menikmati keindahan alam dengan pepohonan yang rindang, danau yang tenang, memancing, jogging, atau sekadar berjalan-jalan santai, serta mencicipi berbagai makanan di sekitar area taman. Taman ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak karena tersedia area bermain di sekitarnya.

2. Setu Babakan

Setu Babakan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

(Sumber: Wikipedia)

Terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Setu Babakan merupakan destinasi wisata budaya Betawi yang terletak di tengah danau. Lokasinya mudah dijangkau melalui jalan raya atau transportasi umum. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti bersepeda, memancing, atau hanya bersantai sambil menikmati panorama danau yang indah.

Salah satu daya tarik utama Setu Babakan adalah kekentalan budayanya. Pengunjung dapat merasakan nuansa Betawi yang otentik melalui berbagai aspek budaya yang ada di sana, termasuk arsitektur bangunan, pakaian adat, dan bahasa yang digunakan.

Di sana, pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Betawi yang lezat di berbagai restoran dan warung makan, menonton pertunjukan seni dan budaya Betawi seperti Lenong dan Ondel-ondel, belajar membuat batik dan kerajinan tangan khas Betawi, atau sekadar menjelajahi kampung Betawi dan berfoto di depan rumah adat Betawi.

3. Danau Sunter

Danau Sunter, Tempat Wisata Murah Kawasan Jakarta Utara | Orami

(Sumber: Orami)

Terletak di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Danau Sunter merupakan salah satu destinasi populer di Jakarta. Dekat dengan pusat bisnis dan permukiman, danau ini dapat dijangkau dengan mudah melalui Jalan Danau Sunter Utara atau Jalan Danau Sunter Selatan. Banyak pengunjung dari berbagai wilayah Jakarta yang datang untuk bersantai di sekitar danau, terutama saat hari libur.

Sejarah pembuatan danau ini cukup menarik. Awalnya, danau ini merupakan bekas tambang pasir yang kemudian diubah menjadi area rekreasi publik pada tahun 1980-an.

Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan di sekitar danau, seperti piknik di tepi danau, bersepeda mengelilingi area, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan. Selain itu, Danau Sunter juga menjadi favorit bagi para fotografer, terutama saat matahari terbenam, karena menawarkan pemandangan yang indah dan menenangkan.

4. Banjir Kanal Timur

Foto : Melihat Sungai yang Disebut Ideal di Jakarta...

(Sumber: Megapotilan – KOMPAS.com)

Banjir Kanal Timur (BKT) adalah sebuah kanal sepanjang 24 kilometer yang terletak di Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Dibangun untuk mengurangi risiko banjir di ibu kota, BKT kini menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Jakarta.

BKT dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Terdapat beberapa pintu masuk ke kawasan BKT, seperti di Jalan DI Panjaitan, Jalan Jend. Basuki Rachmat, dan Jalan Rawa Terate.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan sepanjang kanal dengan berjalan-jalan di sepanjang tepiannya atau bersepeda di jalur khusus sepeda yang tersedia. Di sepanjang Banjir Kanal Timur juga terdapat taman-taman yang menyegarkan, area rekreasi, dan tempat-tempat makan yang menawarkan suasana yang menyenangkan bagi pengunjung.

5. Danau Cincin

Mengunjungi Hutan Kota Danau Cincin, Oase di Tengah Jakarta Utara

(Sumber: Megapolitan – KOMPAS.com)

Terletak di Jakarta Utara, khususnya di Papanggo, Tanjung Priok, Danau Cincin adalah sebuah danau yang menawan. Akses ke danau ini sangat mudah, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti bersepeda mengelilingi danau, naik perahu dayung, atau sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan indah danau. Dengan suasana yang tenang dan pemandangan hijau, Danau Cincin menjadi tempat yang ideal untuk melepaskan kepenatan dan menikmati keindahan alam di tengah hiruk pikuk kota metropolitan Jakarta.

6. Taman Waduk Pluit

Taman Kota Waduk Pluit | Jakarta Tourism

(Sumber: Jakarta Tourism)

Berlokasi di Jakarta Utara, Taman Waduk Pluit adalah sebuah taman tepi laut yang memesona dan hijau. Dapat dicapai dengan mudah melalui Jalan Pluit Raya, taman ini menyediakan area parkir yang luas. Pengunjung dapat menikmati beragam aktivitas di Taman Waduk Pluit, seperti berjalan-jalan, jogging, atau bersepeda.

Bagi mereka yang ingin berkunjung bersama keluarga atau anak-anak, tempat ini sangat cocok karena tersedia penyewaan perahu untuk mengelilingi waduk, area makanan, dan ruang untuk piknik. Tidak hanya itu, Taman Waduk Pluit juga menjadi destinasi yang edukatif bagi anak-anak yang dapat belajar tentang alam dan lingkungan hidup.

7. Danau Cavalio

Menelusuri Jalur Menuju Danau Cavalio, Tempat yang Diduga Didatangi Editor  Metro TV Yodi Prabowo Halaman all - Kompas.com

(Sumber: Megapolitan – KOMPAS.com)

Merupakan sebuah danau buatan yang terletak di Jakarta Selatan, Danau Cavalio masih tergolong baru dan belum begitu dikenal oleh masyarakat luas. Akses menuju Danau Cavalio sangat mudah melalui Jalan Ulujami Raya, Pesanggrahan. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau ojek online untuk mencapai lokasi tersebut.

Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan seperti berjalan santai di sekitar danau, piknik, atau sekadar duduk bersantai menikmati pemandangan yang menenangkan. Sebagai tempat yang cocok untuk bersantai bersama keluarga atau teman-teman, danau ini menjadi destinasi yang menarik di tengah hiruk-pikuknya kota Jakarta.

8. Taman Kota Ria Rio

Taman Waduk Ria Rio, Ruang Terbuka Hijau Favorit di Jakarta Timur | Orami

(Sumber: Orami)

Terletak di Jalan Pulo Mas Utara Blok E No.1, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Taman Kota Ria Rio adalah sebuah taman kota yang cantik dan hijau. Akses ke taman ini sangat mudah baik dengan kendaraan pribadi maupun menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta atau ojek online.

Taman ini merupakan hasil dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan memberikan ruang terbuka hijau bagi warga Jakarta. Dengan desain modern yang tetap memperhatikan kelestarian alam, taman ini dibangun dengan tujuan memberikan tempat rekreasi yang nyaman dan menyegarkan bagi penduduk kota.

Di dalam taman kota ini terdapat jalur jogging yang bisa dinikmati pengunjung untuk berjalan santai, jogging, atau bersepeda. Selain itu, Taman Kota Ria Rio juga menawarkan keindahan alam yang asri dengan pepohonan yang rindang dan danau yang luas, dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, serta suasana yang tenang dan nyaman.

Danau-danau di Jakarta menawarkan pengalaman wisata yang menarik bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam di tengah kesibukan kota metropolitan ini. Disarankan untuk mengunjungi danau-danau tersebut pada musim kemarau agar airnya lebih jernih dan pemandangannya lebih memikat.

Apakah Anda berencana untuk menjelajahi danau-danau di Jakarta atau mengeksplorasi tempat-tempat wisata menarik lainnya di kota ini? sewa Hiace saja di Skycity Trans!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...