Logo Skycitytrans

Gereja Katedral Jakarta: Sejarah, Lokasi, dan Jam Buka

Gereja Katedral Jakarta adalah simbol dari pluralitas keagamaan yang ada di Indonesia. Tempat ibadah ini juga dikenal dengan nama resmi De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming atau Gereja Santa Perawan Maria yang Diangkat ke Surga. Gereja ini merupakan salah satu warisan budaya yang dijaga dengan baik, dan gaya arsitekturnya yang neo-gothic dari Eropa mencerminkan pembangunan gereja pada masa lampau.

Sejarah Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral Jakarta, Bangunan Iconic di Jakarta | kumparan.com

(Sumber: Kumparan)

Sebagai sebuah struktur bersejarah yang dianggap sebagai warisan budaya, Gereja Katedral Jakarta memiliki latar belakang yang panjang. Konstruksi gereja ini dimulai pada tahun 1807, menandai awal dari misi penyebaran agama Katolik dan pembangunan gereja di wilayah Nusantara. Gereja ini dibangun di atas tanah yang dipinjamkan kepada Pastor Nelissen oleh pemerintah Batavia.

Namun, bangunan tersebut tidak bertahan lama. Pada tanggal 27 Juli 1826, kawasan Senen dilanda kebakaran yang hebat, mengakibatkan kerusakan pada gereja. Setelah kejadian itu, umat Katolik mendapatkan tempat baru untuk ibadah mereka, yaitu rumah dinas para Gubernur Jenderal yang telah kosong, dengan bantuan Komisaris Jenderal Du Bus de Gisignies. Namun, cobaan kembali menghampiri, karena pada tanggal 31 Mei 1890, bangunan gereja itu roboh hanya tiga hari setelah ibadah Paskah dilaksanakan.

Gereja Katedral Jakarta memiliki keunikan dengan keberadaan dua menara di sisi kiri dan kanan, masing-masing dengan makna yang berbeda. Menara di sebelah kiri disebut Menara Daud, diambil dari cerita tentang kekuatan Nabi Daud yang melambangkan perlindungan terhadap umatnya dari kejahatan. Sementara itu, menara lainnya disebut Menara Gading, dinamakan demikian untuk mencerminkan kesucian Bunda Maria dengan warna gading yang putih.

Salah satu aspek unik yang membuat Gereja Katedral Jakarta menjadi salah satu lambang dalam Keanekaragaman Kebangsaan Universitas Jember adalah posisinya yang berdekatan dengan Masjid Istiqlal Jakarta. Keterletakan yang berdekatan ini menjadikan kedua bangunan tersebut sebagai simbol toleransi beragama di Indonesia. Makna simbolis ini terwujud ketika hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Minggu, Gereja menghentikan ibadah pagi dan membantu umat Islam dalam pelaksanaan Salat Id. Begitu juga sebaliknya, saat perayaan Natal, Jemaah Istiqlal menyediakan lahan parkir khusus bagi jemaat Gereja Katedral.

Tak hanya itu, Gereja Katedral Jakarta juga memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia, terutama dalam peristiwa Sumpah Pemuda. Sehari sebelum ikrar Sumpah Pemuda, tepatnya pada tanggal 27 Oktober 1928, Kongres Pemuda II diadakan di Gedung Katholieke Social Bond (KSB) yang berada di sekitar Gereja Katedral Jakarta. Sebagai upaya untuk terus menghargai nilai-nilai perjuangan dan peran Gereja Katedral dalam sejarah Indonesia, sebuah video mapping bertajuk ‘Hai Pemuda Indonesia’ diselenggarakan pada 28 Oktober 2019, yang menampilkan figur Sukarno, Hatta, dan Budi Utomo.

Lokasi dan Jam Buka 

Karena Gereja Katedral Jakarta telah berdiri sejak lama dan memiliki warisan sejarah yang kaya, maka gereja ini dianggap sebagai salah satu warisan budaya yang dilindungi oleh pemerintah. Bahkan, peran pentingnya dalam sejarah Indonesia terutama dalam peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan kepentingan warisan ini.

Bagi yang berminat mengunjungi Gereja Katedral Jakarta, lokasinya berada di Jl. Katedral No. 7B, Ps. Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Gereja ini buka setiap Senin, Selasa, Kamis, Jumat, dan Sabtu mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB, serta pada hari Minggu mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Itulah penjelasan mengenai Gereja Katedral Jakarta yang merupakan simbol dari pluralitas keagamaan yang ada di Indonesia. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kamu! Untuk menikmati liburanmu bersama keluarga dengan nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa untuk sewa Hiace di Skycity Trans!

Skycity Trans: Tempat Sewa Hiace Terpercaya di Jakarta

rental mobil jakarta

Skycity Trans merupakan salah satu tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta. Berikut adalah alasan mengapa Skycity Trans layak dipertimbangkan:

Mengapa Memilih Skycity Trans?

  1. Reputasi yang Baik: Skycity Trans telah membangun reputasi yang baik sebagai penyedia layanan penyewaan Hiace yang terpercaya di Jakarta. Dengan puluhan ulasan positif dari pelanggan puas, Anda dapat mempercayai layanan yang mereka tawarkan.
  2. Kendaraan Berkualitas: Skycity Trans menyediakan Hiace yang terawat dengan baik dan dalam kondisi prima. Setiap kendaraan menjalani pemeriksaan rutin untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan.
  3. Fleksibilitas Penyewaan: Anda dapat memilih paket penyewaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk perjalanan singkat maupun jangka panjang. Layanan pelanggan mereka juga siap membantu Anda dalam proses penyewaan.
  4. Harga yang Kompetitif: Skycity Trans menawarkan harga yang kompetitif dengan biaya yang jelas dan transparan. Anda tidak perlu khawatir akan adanya biaya tambahan yang tersembunyi.
  5. Layanan Pelanggan yang Responsif: Skycity Trans siap membantu Anda dengan segala pertanyaan dan kebutuhan Anda sepanjang proses penyewaan. Mereka mengutamakan kepuasan pelanggan dan siap memberikan layanan terbaik.

Dengan demikian, jika Anda mencari tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta, Skycity Trans adalah pilihan yang tepat. Dengan reputasi yang baik, kendaraan berkualitas, fleksibilitas penyewaan, harga yang kompetitif, dan layanan pelanggan yang responsif, Anda dapat mempercayakan kebutuhan transportasi Anda kepada mereka. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Skycity Trans untuk mendapatkan pengalaman menyewa Hiace yang menyenangkan dan tanpa stres di Jakarta!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...