Logo Skycitytrans

Museum Bank Indonesia: Sejarah dan Daya Tariknya

Kota Tua Jakarta menawarkan pengalaman wisata yang mengedukasi, menarik bagi pelajar dan masyarakat umum. Salah satu destinasi yang menarik di area tersebut adalah Museum Bank Indonesia.

Menurut laporan dari Bi.go.id, gedung BI Kota telah diakui sebagai salah satu situs bersejarah yang dilindungi oleh pemerintah setempat. Gedung ini memiliki beberapa tujuan utama:

1. Menjadi tempat untuk menyampaikan kebijakan Bank Indonesia.
2. Sebagai lokasi penyimpanan dan perawatan koleksi numismatik serta dokumen bersejarah yang berkaitan dengan Bank Indonesia.
3. Menyediakan fasilitas rekreasi literasi yang menghibur dan edukatif, dikenal juga sebagai edutainment.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Museum Bank Indonesia, silakan baca penjelasan di bawah ini!

Sejarah Museum Bank  Indonesia

Museum Bank Indonesia - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

(Sumber: Wikipedia)

Awalnya, Museum Bank Indonesia berdiri sebagai sebuah gereja pada tahun 1625 yang digunakan sebagai tempat ibadah oleh umat Kristen Protestan. Namun, pada tahun 1628, bangunan tersebut dirobohkan untuk digunakan sebagai tempat penempatan meriam besar saat Sultan Agung memimpin puluhan ribu tentara dalam serangan terhadap Batavia.

Seiring berjalannya waktu, bangunan tersebut mengalami perubahan fungsi menjadi rumah sakit yang dikenal dengan nama Binnen Hospital setelah rumah sakit tersebut dipindahkan ke lokasi lain.

Pada tahun 1801, bangunan tersebut dijual kepada firma dagang bernama Mac Quoid Davidson & Co. Kemudian, bangunan tersebut diubah menjadi De Javasche Bank dan kemudian dinasionalisasikan sebagai Bank Sentral Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai Bank Indonesia pada tahun 1853.

Namun, operasional gedung tersebut hanya berlangsung hingga tahun 1962 karena Bank Indonesia dipindahkan ke Thamrin, Jakarta Pusat.

Pada tahun 2006, Museum Bank Indonesia diresmikan. Proses peresmian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah peresmian dan pembukaan soft opening untuk masyarakat pada tanggal 15 Desember 2006 oleh Gubernur Bank Indonesia saat itu, Burhanuddin Abdullah. Kemudian, tahap kedua adalah peresmian grand opening oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 21 Juli 2009.

Isi Museum Bank Indonesia

Wisata Museum Bank Indonesia: Lokasi dan Harga Tiketnya

(Sumber: IDN Times)

Keadaan Museum BI sangat terawat, nyaman, dan menyegarkan bagi pengunjung dengan pelayanan yang memuaskan.

Museum Bank Indonesia menawarkan informasi yang luas tentang peran Bank Indonesia dalam sejarah bangsa, dimulai dari sebelum kedatangan bangsa Barat di Nusantara. Informasi ini juga mencakup latar belakang dan dampak kebijakan Bank Indonesia hingga tahun 2005.

Penyampaian informasi tersebut dirancang dengan menggunakan teknologi modern dan multimedia seperti layar elektronik, panel statis, dan televisi plasma, yang membuat pengalaman pengunjung menjadi lebih nyaman.

Selain itu, museum ini menampilkan fakta dan koleksi benda bersejarah dari masa sebelum terbentuknya Bank Indonesia, seperti koleksi uang numismatik yang dipamerkan dengan cara yang menarik.

Pengunjung dapat menikmati berbagai pameran yang disediakan oleh museum, termasuk “Metamorfosis logo Bank Indonesia,” “Ruang emas moneter,” “Ruang numismatik,” dan “Immersive cinema.”

Selain itu, museum juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang pengalaman pengunjung, seperti auditorium, ruang serbaguna, ruang pameran temporer, masjid, area parkir luas, toilet, dan penitipan barang.

Tak hanya itu, Museum Bank Indonesia juga menyediakan virtual tour 360 yang dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja melalui kanal YouTube Museum Bank Indonesia.

Program Museum BI

Menurut laporan dari Bi.go.id, Museum BI menyelenggarakan beberapa program edukasi yang terbuka bagi berbagai kalangan, di antaranya:

1. Kunjungan Museum
Program ini ditujukan untuk rombongan pengunjung guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang peran, fungsi, serta kebijakan-kebijakan Bank Indonesia. Selain itu, pengunjung juga dapat mempelajari informasi tentang koleksi numismatik dan arsitektur gedung. Untuk mengajukan permohonan kunjungan, dapat dilakukan melalui e-mail ke Museum BI.

2. Seminar
Forum ini diselenggarakan untuk membahas berbagai topik, termasuk isu-isu ekonomi, sejarah, seni, warisan budaya, dan budaya secara mendalam.

3. Pameran Sementara
Pameran ini diselenggarakan secara berkala dengan tema yang bervariasi, seperti numismatik, seni, budaya, dan industri kreatif.

4. Kegiatan Interaktif dan Pendidikan Tematis
Kegiatan ini rutin diadakan untuk memperingati hari-hari besar, seperti Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Hari Pahlawan, dan Hari Ibu. Kegiatan ini mencakup seminar, lokakarya, kuis, pertunjukan, dan kompetisi.

5. Museum BI Goes To School (MGTS)
Program ini melibatkan pameran, pertunjukan, dan permainan edukatif yang diadakan di sekolah-sekolah atau perguruan tinggi terpilih di berbagai wilayah Indonesia.

Alamat, Jam Opreasional, dan Harga Tiket 

Lokasi Museum Bank Indonesia terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.3, RW.6, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Harga tiket masuk untuk setiap pengunjung ke destinasi wisata edukatif ini adalah Rp5.000 per orang.

Bagi pengunjung rombongan dengan jumlah maksimal 100 orang, dapat masuk secara gratis dengan syarat mengajukan permohonan kunjungan terlebih dahulu kepada pengelola museum.

Sebelum memasuki bangunan, setiap pengunjung diwajibkan untuk menitipkan tas di area yang telah disediakan, serta memastikan tidak ada barang berharga di dalamnya. Namun, ponsel, kamera, dompet, dan barang sejenis boleh dibawa masuk ke dalam museum.

Museum BI beroperasi pada jam sebagai berikut:

– Selasa-Jumat: 08.00-15.30 WIB
– Sabtu-Minggu: 08.00-16.00 WIB

Transportasi ke Museum BI

Museum Bank Indonesia terletak dengan akses yang strategis di kawasan Kota Tua Jakarta, yang mudah dijangkau dari Stasiun Jakarta Kota dan Transjakarta.

Pengunjung dapat mencapai museum ini dengan menggunakan Transjakarta dan turun di halte Stasiun Kota. Sebagai alternatif, dapat juga menggunakan KRL dan turun di Stasiun Kota, di mana museum ini berada di seberang stasiun. Atau Anda bisa sewa mobil di Skycity Trans!

Skycity Trans: Tempat Sewa Hiace Terpercaya di Jakarta

rental mobil jakarta
Skycity Trans merupakan salah satu tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta. Berikut adalah alasan mengapa Skycity Trans layak dipertimbangkan:

Mengapa Memilih Skycity Trans?

  1. Reputasi yang Baik: Skycity Trans telah membangun reputasi yang baik sebagai penyedia layanan penyewaan Hiace yang terpercaya di Jakarta. Dengan puluhan ulasan positif dari pelanggan puas, Anda dapat mempercayai layanan yang mereka tawarkan.
  2. Kendaraan Berkualitas: Skycity Trans menyediakan Hiace yang terawat dengan baik dan dalam kondisi prima. Setiap kendaraan menjalani pemeriksaan rutin untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan.
  3. Fleksibilitas Penyewaan: Anda dapat memilih paket penyewaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk perjalanan singkat maupun jangka panjang. Layanan pelanggan mereka juga siap membantu Anda dalam proses penyewaan.
  4. Harga yang Kompetitif: Skycity Trans menawarkan harga yang kompetitif dengan biaya yang jelas dan transparan. Anda tidak perlu khawatir akan adanya biaya tambahan yang tersembunyi.
  5. Layanan Pelanggan yang Responsif: Skycity Trans siap membantu Anda dengan segala pertanyaan dan kebutuhan Anda sepanjang proses penyewaan. Mereka mengutamakan kepuasan pelanggan dan siap memberikan layanan terbaik.

Dengan demikian, jika Anda mencari tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta, Skycity Trans adalah pilihan yang tepat. Dengan reputasi yang baik, kendaraan berkualitas, fleksibilitas penyewaan, harga yang kompetitif, dan layanan pelanggan yang responsif, Anda dapat mempercayakan kebutuhan transportasi Anda kepada mereka. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Skycity Trans untuk mendapatkan pengalaman menyewa Hiace yang menyenangkan dan tanpa stres di Jakarta!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...