Home » Wisata » 10 Destinasi Wisata Jakarta Terfavorit yang Wajib Dikunjungi

10 Destinasi Wisata Jakarta Terfavorit yang Wajib Dikunjungi

10 Destinasi Wisata Jakarta Terfavorit yang Wajib Dikunjungi

Wisata Jakarta – Jika Anda mendengar kata “Jakarta”, apasih yang terlintas di pikiran Anda?? Pastinya yang terlintas adalah kota bisnis yang minim sekali tempat wisata. Padahal asumsi tersebut tidak benar lhoo!

Jakarta sebagai ibu kota dan kota metropolitan terbesar di Indonesia yang kental dengan budaya dan sejarahnya mempunyai banyak sekali tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi.

Banyak wisatawan dari luar kota bahkan luar negri sengaja datang kesana untuk menikmati keindahan kota Jakarta dan melihat ragam sejarah disana.

Anda pastinya penasarankan apa saja tempat wisata itu? Oleh karna itu, mari kita simak daftar tempat wisata berikut ini yuk!

Daftar Wisata Jakarta Terfavorit, Cocok Untuk Refreshing

Jakarta memang terkenal sebagai kota “sibuk” yang tak pernah tidur. Meski begitu, Jakarta memiliki banyak destinasi wisata dan bisa jadi tempat refreshing bagi Anda. Apa saja itu? Inilah 10 destinasi wisata Jakarta terfavorit yang wajib Anda kunjungi!

1. Monas (Monumen Nasional)

Monas, atau Monumen Nasional, merupakan simbol terkenal Jakarta yang terletak di pusat kota. Monas menonjol sebagai landmark menakjubkan yang menawarkan pemandangan menakjubkan dari ketinggian atasnya. Dengan menaiki lift ke puncak Monas, kamu dapat menikmati panorama spektakuler kota Jakarta.

Monas bukan hanya sekadar objek wisata, tetapi juga lambang kemerdekaan Indonesia. Tempat ini menjadi lokasi yang sempurna untuk mengabadikan momen indah dalam foto atau hanya sekedar menikmati udara segar yang tersedia di taman sekitarnya.

  1. Lokasi: RT.5/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
  2. Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00 – 16.00
  3. Harga Tiket Masuk: Rp 15.000 (WNI) / Rp 35.000 (WNA)

Baca Juga: Puncak Bogor

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Salah satu destinasi wisata Jakarta yang terkenal adalah TMII, singkatan dari Taman Mini Indonesia Indah. TMII adalah tempat yang memungkinkan pengunjung untuk mengeksplorasi keanekaragaman budaya Indonesia dalam satu lokasi.

Di sini, tersedia replika rumah adat, museum, dan bahkan danau buatan yang dapat dinikmati dengan berperahu. TMII menjadi tempat yang ideal untuk Anda mempelajari kekayaan budaya Indonesia yang meliputi dari Sabang hingga Merauke.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati pertunjukan tari tradisional dan mencicipi ragam kuliner khas dari berbagai daerah di Indonesia.

  • Lokasi: Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 07.00 – 22.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp 20.000 (WNI) / Rp 30.000 (WNA)

3. Kebun Binatang Ragunan

Salah satu destinasi wisata Jakarta yang patut Anda kunjungi  adalah Kebun Binatang Ragunan. Tempat ini sangat ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Kamu dapat melihat beragam satwa, termasuk gajah, harimau, serta berbagai jenis burung.

Di Kebun Binatang Ragunan juga terdapat taman rusa dan fasilitas bermain anak-anak. Selain sebagai sarana edukatif, Ragunan juga menawarkan area yang luas untuk piknik dan rekreasi, menjadikannya pilihan yang tepat untuk liburan keluarga.

  • Lokasi: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550
  • Jam Operasional: Selasa – Minggu, 07.00 – 16.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp 6.000 (WNI) / Rp 25.000 (WNA)

4. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol merupakan kompleks hiburan terbesar di Jakarta yang menawarkan berbagai atraksi menarik. Di sini, tersedia sejumlah tempat rekreasi yang patut dikunjungi, antara lain Taman Rekreasi Dufan (Dunia Fantasi), SeaWorld, Atlantis Water Adventure, dan Pantai Pasir Putih.

Saat mengunjungi Ancol, pastikan untuk memilih taman rekreasi sesuai dengan keinginan Anda! Taman Impian Jaya Ancol adalah destinasi wisata Jakarta yang sempurna untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Anda dapat menghabiskan waktu seharian di sini tanpa merasa bosan.

  • Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta
  • Jam Operasional: Setiap Hari (Jam operasional dapat berbeda untuk setiap atraksi)
  • Harga Tiket Masuk: Harga tiket bervariasi tergantung pada atraksi yang kamu pilih.

5. Kota Tua

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, pasti sudah sangat akrab dengan Kota Tua, bukan? Kota Tua, atau yang juga dikenal sebagai Batavia Lama, adalah tempat wisata Jakarta yang memungkinkan kamu untuk mempelajari sejarah kota ini.

Beragam bangunan tua bergaya kolonial Belanda, museum, dan restoran klasik menambah daya tarik di kawasan Kota Tua. Tidak hanya itu, di sini Anda juga dapat menemukan tempat kursus membuat keramik. Pastikan untuk datang di pagi hari agar bisa mendapatkan tempat dalam antrean untuk kursus tersebut!

  • Lokasi: Jalan Pintu Besar Utara Nomer 27, Rt 07 / Rw 07, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat
  • Jam Operasional: Beberapa tempat mungkin memiliki jam operasional berbeda.
  • Harga Tiket Masuk: Harga tiket bervariasi tergantung pada museum atau tempat tertentu.

6. Kepulauan Seribu

Selain kebun binatang, taman rekreasi, atau museum, Jakarta juga menawarkan destinasi wisata pulau yang menakjubkan. Kepulauan Seribu atau Pulau Seribu adalah surga tropis yang terletak di perairan lepas pantai Jakarta.

Pulau-pulau ini memiliki pantai berpasir putih dengan air laut yang transparan, membuatnya ideal untuk bersantai, snorkeling, atau menyelam.

  • Lokasi: Laut Jawa, sekitar 45 kilometer dari pantai Jakarta
  • Jam Operasional: Setiap Hari (Bergantung pada pulau yang kamu kunjungi)
  • Harga Tiket Masuk: Harga tiket bervariasi tergantung pada paket wisata yang kamu pilih.

7. Museum Macan

Museum Macan adalah destinasi wisata Jakarta lainnya yang patut Anda kunjungi, terutama bagi pecinta seni. Museum ini berfokus pada seni modern dan kontemporer, dengan koleksi luar biasa dari berbagai seniman terkenal.

Museum ini sering menyelenggarakan pameran seni yang menarik, sehingga selalu ada hal baru untuk dinikmati.

  • Lokasi: AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11530
  • Jam Operasional: Selasa – Minggu, 10.00 – 18.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp 100.000 (WNI) / Rp 150.000 (WNA)

8. Dufan (Dunia Fantasi)

Jika Anda mencari tempat untuk menyegarkan diri di taman rekreasi, Dufan adalah opsi yang ideal. Dufan, atau Dunia Fantasi, adalah taman hiburan terbesar di Indonesia. Di sini, tersedia beragam wahana yang menghibur untuk semua kalangan usia, serta pertunjukan dan atraksi menarik.

  • Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
  • Jam Operasional: Setiap Hari (Jam operasional dapat berbeda)
  • Harga Tiket Masuk: Harga tiket bervariasi tergantung pada jenis tiket dan atraksi yang kamu pilih.

9. Sea World

Seaworld Ancol merupakan tujuan yang mempersembahkan keindahan kehidupan bawah laut di Jakarta. Anda dapat mengamati beragam spesies ikan, terumbu karang, dan hewan laut lainnya dalam akuarium yang besar dan mengesankan.

Tempat ini tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan pendidikan yang berharga bagi keluarga yang ingin memperluas pengetahuan mereka tentang kehidupan laut.

  • Lokasi: Jl. Lodan timur No.7, RT.14/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00 – 18.00
  • Harga Tiket Masuk: Harga tiket bervariasi tergantung pada jenis tiket dan usia pengunjung.

10. Hutan Mangrove PIK

Terakhir, Anda dapat mengunjungi Hutan Mangrove yang terletak di sekitar Pantai Indah Kapuk. Hutan ini merupakan oasis hijau di tengah perkotaan yang menawarkan pengalaman alam yang menyegarkan.

Kamu bisa mengeksplorasi keindahan hutan mangrove yang rimbun, berjalan di atas jembatan kayu, dan menikmati kecantikan alam sekitarnya.

Tempat ini sangat cocok untuk melakukan olahraga pagi, mengadakan piknik bersama keluarga, atau sekadar merenung di tengah ketenangan alam.

  • Lokasi: Jl. Garden House, RT.8/RW.1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara 14470
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 06.00 – 18.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp 10.000 (WNI) / Rp 25.000 (WNA)

Itulah 10 destinasi wisata Jakarta yang wajib Anda kunjungi. Semoga informasi di atas dapat menambah keseruan liburan Anda! Untuk menikmati liburan Anda bersama keluarga dengan nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa untuk Sewa Hiace Jakarta di Skycity Trans!

 

Bagikan ke: