Home » Wisata » 10 Destinasi Wisata Puncak Bogor Paling Hits dan Kekinian

10 Destinasi Wisata Puncak Bogor Paling Hits dan Kekinian

10 Destinasi Wisata Puncak Bogor Paling Hits dan Kekinian

Puncak Bogor selalu menjadi tujuan liburan yang disukai, terutama oleh penduduk Jabodetabek. Keindahan alamnya hijau, udara segar, dan beragam kegiatan menarik membuat Puncak Bogor selalu mengundang untuk dikunjungi.

Tak mengherankan bahwa banyak tempat wisata terkenal di area tersebut cocok untuk menghabiskan akhir pekan. Berikut adalah beberapa destinasi atau lokasi wisata di Puncak Bogor yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi.

Daftar Wisata Puncak Bogor Paling Hits dan Kekinian

1. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Salah satu lokasi yang menampilkan kecantikan bunga sakura tanpa harus pergi ke Jepang terletak di Taman Sakura, di dalam Kebun Raya Cibodas.

Daya tarik dari taman yang dipenuhi dengan bunga berwarna merah muda ini telah ada sejak tahun 1971, dengan sekitar 435 pohon bunga sakura tersebar di seluruh Kebun Raya Cibodas.

Yang membedakannya dari Jepang adalah bahwa bunga sakura di sini tidak hanya mekar setiap musim semi atau sekali setahun saja, tetapi bisa dinikmati dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Fenomena ini disebabkan oleh perbedaan iklim dan kondisi tanah di Indonesia berbeda dengan negara yang terkenal dengan julukan “matahari terbit”.

Selain taman Sakura, Kebun Raya Cibodas juga menawarkan beragam koleksi tanaman, termasuk pohon-pohon raksasa berusia ratusan tahun, padang rumput luas, taman lumut, air terjun, rumah kaca, sungai, serta berbagai tanaman langka lainnya.

Lokasinya berada di Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

Baca Juga: Wisata Jakarta

2. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia tetap menjadi destinasi alam terkenal di Indonesia. Ketika musim liburan atau akhir pekan tiba, Taman Safari ini menjadi tujuan favorit untuk bersama keluarga. Bagi mereka yang mengunjungi daerah puncak, menghabiskan waktu di Taman Safari adalah pilihan yang sangat baik.

Didirikan pada tahun 1980 di wilayah perkebunan teh Cisarua, taman ini awalnya mencakup luas 50 hektar. Namun, seiring waktu, luasnya diperluas menjadi 168 hektar. Taman Safari Indonesia adalah taman safari pertama di Indonesia.

Di sana, terdapat berbagai macam wahana rekreasi dan fasilitas pendidikan menarik yang dapat dinikmati pengunjung. Lokasinya berada di Jalan Raya Puncak, No. 601, Cibeureum, Cisarua, Bogor.

Harga tiket masuknya adalah Rp 140.000,- untuk anak usia 1-5 tahun dan Rp 150.000,- untuk anak usia di atas 5 tahun. Taman ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00.

Baca Juga: 

3. Little Venice

Destinasi selanjutnya di Puncak Bogor adalah Little Venice, sebuah danau buatan yang direkayasa agar mirip dengan Kota Venesia di Italia. Lokasinya berada di Kota Bunga Estate, Jl. Hanjawar, Ds. Sukanagalih Pacet, Cipanas, Cianjur.

Little Venice menawarkan beragam aktivitas mulai dari naik sepeda hingga menaiki gondola, yang semuanya dirancang untuk menciptakan pengalaman serupa dengan aslinya. Pengunjung dapat menikmati pemandangan unik dari bangunan-bangunan sambil menikmati perjalanan naik gondola secara santai.

Salah satu wahana lain yang menarik adalah Mississippi Boat Ride yang mengusung tema western. Harga tiket masuk dimulai dari Rp 60.000 per orang (termasuk Around the World + Maze of Light), sedangkan tiket untuk naik wahana dimulai dari Rp 25.000 per orang.

Little Venice Puncak buka setiap hari pada Weekdays pukul 09.00 – 16.30 dan Weekend pukul 08.00 – 18.00.

4. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Apabila Anda mengunjungi Puncak Bogor, Taman Wisata Alam Gunung Pancar dapat menjadi pilihan destinasi yang menarik. Wilayah ini ditandai dengan hutan pinus yang tinggi dan ramping, memberikan kesan eksotis yang khas.

Banyak pengunjung yang memilih taman ini sebagai latar belakang untuk pemotretan prewedding atau sekadar berfoto-foto yang Instagramable. Taman Wisata Gunung Pancar terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, menawarkan udara yang sejuk dan segar.

Lokasinya tepat di Ciburial Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Selain itu, wisata ini juga memiliki pemandian air panas yang buka 24 jam. Harga tiket masuknya adalah Rp 5.000 per orang pada hari biasa dan Rp 7.500 per orang pada akhir pekan. Sementara itu, harga tiket untuk pemandian air panas adalah Rp 25.000.

5. Dataran Tinggi Gunung Batu Jonggol

Selain mengunjungi taman safari, Anda juga dapat melakukan pendakian di Gunung Batu Jonggol. Dengan ketinggian sekitar 875 meter di atas permukaan laut, gunung ini menawarkan pengalaman menarik bagi pendaki pemula yang ingin menikmati pemandangan alam dari ketinggian.

Rute pendakian tidak terlalu sulit, dan saat mencapai puncak, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan indah wilayah Jonggol yang hijau serta kebesaran Gunung Gede Pangrango dari kejauhan. Lokasinya terletak di Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 30.000.

6. Semak Labirin Taman Bunga Nusantara

Destinasi berikutnya di Puncak Bogor adalah Taman Bunga Nusantara. Taman ini merupakan area taman bunga seluas 35 hektar yang terletak dekat dengan Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor, dengan waktu tempuh sekitar 2,5 – 3 jam dari Jakarta.

Lokasinya berada di antara dua desa, yaitu Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur dan Sukawangi, Sukamakmur, Jonggo. Taman ini menampilkan beragam bunga dengan warna-warni yang disertai dengan suara gemericik air dan udara yang sejuk, menambah daya tariknya.

Di Taman Bunga Nusantara, terdapat berbagai tema yang terinspirasi dari berbagai negara di dunia, seperti Prancis, Mediterania, Jepang, dan Bali. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika wisata ini menjadi favorit wisatawan Timur Tengah yang mengunjungi kawasan Puncak dan sekitarnya.

Fokus utama dari Taman Bunga Nusantara adalah Secret Labyrinth yang juga dikenal sebagai Taman Rahasia. Konsepnya terinspirasi dari Maze Garden dan The Wall of Troy, menawarkan berbagai rintangan dan lorong berliku yang menantang bagi pengunjung.

Lokasi taman ini berada di jalan Mariwati KM7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Harga tiket masuknya adalah Rp 50.000 per orang, dan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

7. Gunung Munara Rumpin

Selain Gunung Batu Jonggol, Anda juga dapat mengisi waktu liburan dengan mendaki Gunung Munara Rumpin. Dalam satu hari, Anda sudah dapat mencapai puncaknya.

Pendakian ini menarik terutama bagi mereka yang ingin menikmati sunrise dan panorama kabut. Dengan biaya hanya Rp 5.000, Anda dapat langsung menyaksikan keindahan alam Gunung Munara Rumpin yang terletak di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

8. Wana Wisata Rusa Cariu

Untuk liburan keluarga di Puncak Bogor, Anda dapat mengunjungi Wana Wisata Rusa Cariu. Penangkaran rusa ini telah berdiri sejak tahun 1993 dan merupakan opsi yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil bermain dengan rusa-rusa yang lucu.

Di sana, Anda dapat menemukan berbagai jenis rusa seperti Rusa Cheetal, Rusa Jawa, dan Rusa Bawean yang dapat diberi makanan atau dijadikan obyek foto. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas outbond dan area camping yang mampu menampung hingga 200 orang.

Wana Wisata Rusa Cariu dapat diakses dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil, melalui jembatan gantung yang melintasi Sungai Cibeet. Alamatnya berada di Jl. Transyogi, Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor.

Harga tiketnya juga cukup terjangkau, yaitu Rp 20.000, dan buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00.

9. Telaga Warna

Telaga Warna merupakan salah satu destinasi wisata Puncak Bogor yang sangat direkomendasikan. Tempat wisata yang tersembunyi ini terletak di Jalan Raya Puncak KM 90, Telaga Warna, Desa Utara, Bogor. Meskipun lokasinya agak terpencil di tengah perkebunan teh, tetapi selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Destinasi wisata ini pertama kali dibuka pada tahun 2018. Pemandangan pegunungan dan luasnya kebun teh sangat menyegarkan mata. Air di telaga ini juga sangat bersih dan jernih. Udara yang segar membuat pengunjung merasa nyaman dan betah untuk bersantai serta menikmati keindahan alam di tempat ini.

Tiket masuk untuk wisata Telaga Warna dibanderol seharga Rp 15.000 hingga Rp 25.000 dan buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

10. Wisata Argo Inkarla

Destinasi wisata di Puncak Bogor berikutnya adalah Wisata Argo Inkarla. Tempat ini menawarkan beragam wahana menarik bagi pengunjung seperti taman bunga, rumah pohon, area outbound, dan lapangan bermain.

Selain sebagai tempat hiburan, wisata ini juga cocok untuk tempat istirahat dan relaksasi. Lokasinya berada di Jalan Singabarong, Cipanas, Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kebun Wisata Inkarla terletak sekitar 100 meter sebelum pintu gerbang Kebun Raya Cibodas. Tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

Namun, penting untuk diingat bahwa Kebun Wisata Inkarla tidak terbuka untuk umum. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus terdaftar sebagai tamu yang menginap atau rombongan.

Minimal diperlukan 20 orang untuk bisa datang ke sini, dengan biaya Rp100.000 per rombongan untuk orang dewasa dan Rp50.000 per rombongan untuk anak-anak. Kebun Wisata Inkarla dibuka dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Demikianlah sejumlah saran destinasi wisata Puncak Bogor yang bisa Anda pertimbangkan untuk liburan akhir pekan Anda. Jika Anda mempunyai rencana untuk berwisata atau perjalanan dinas untuk keperluan perusahaan, sewa Hiace Jakarta saja di Skycity Trans!

Bagikan ke: