Home » Wisata » Curug Cilember Bogor: Pesona Keindahan Alam Didalamnya

Curug Cilember Bogor: Pesona Keindahan Alam Didalamnya

Curug Cilember Bogor: Pesona Keindahan Alam Didalamnya

Curug Cilember Kabupaten Bogor, di Jawa Barat, telah menjadi tujuan liburan yang populer, terutama bagi penduduk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), untuk melepas penat di akhir pekan. Kota yang dikenal dengan sebutan “kota hujan” ini terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh berbagai gunung, sehingga menawarkan udara yang sejuk dan segar.

Bagi mereka yang ingin menikmati pesona alam Bogor, salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah Curug Cilember. Terletak di Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan sesuai dengan namanya.

Di samping keindahan air terjunnya, Curug Cilember menyediakan berbagai kegiatan lain bagi pengunjung, seperti berkemah, menjelajahi hutan pinus, menikmati taman kupu-kupu, menginap di rumah-rumah kupu-kupu, dan vila.

Keindahan Alam di Curug Cilember Bogor

Curug Cilember Bogor

Curug Cilember Bogor

Curug Cilember, terletak di Bogor, adalah salah satu destinasi alam terindah di Indonesia. Air terjun yang spektakuler dan sejuknya udara pegunungan membuat tempat ini menjadi favorit bagi para wisatawan. Keindahan alam yang memukau, dedaunan yang hijau, serta kicauan burung akan memanjakan mata dan telinga Anda di sini. Jangan lewatkan pengalaman menikmati pesona alam yang luar biasa di Curug Cilember Bogor. Berikut ini adalah keindahan alam dan tempat di curug cilember yang tidak boleh dilewatkan seperti: 

1. Tujuh air terjun 

Tujuh air terjun 

Tujuh air terjun

Keistimewaan Curug Cilember adalah keberadaan tujuh titik air terjun. Dikutip dari informasi yang diperoleh dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Bogor, Curug Cilember memiliki satu sumber mata air yang kemudian bercabang menjadi tujuh titik air terjun berbeda.

Jarak antara satu titik air terjun dengan yang lainnya berkisar antara 150 hingga 450 meter. Di bawah setiap air terjun terdapat kolam, memungkinkan pengunjung untuk bermain air di dalamnya. Tiap air terjun diberi nomor urut dari 1 hingga 7. Curug nomor 7 terletak paling dekat dengan pintu masuk, sekitar 300 meter dari pintu kedatangan pengunjung.

Sebaliknya, curug nomor 7 memiliki lokasi paling jauh dari pintu masuk. Perjalanan dari satu curug ke curug lainnya menawarkan pengalaman petualangan yang menarik bagi para pengunjung. Hal ini disebabkan oleh semakin jauhnya lokasi curug, maka jalur yang harus dilalui akan semakin menantang, dengan medan berupa jalan setapak yang curam.

Baca Juga: Kebun Raya Bogor

2. Hutan pinus Curug Cilember

Hutan Pinus Curug Cilmber

Hutan Pinus Curug Cilmber

Lingkungan sekitar Curug Cilember masih sangat alami. Pengunjung dapat menikmati keberadaan hutan pinus dan berbagai jenis tanaman lainnya di sekitar area tersebut. Menelusuri area hutan pinus ini bisa menjadi alternatif kegiatan menarik bagi para pengunjung selama berada di area ini.

Baca Juga: Floating Market Lembang

3. Camping Ground Curug Cilember 

Camping Ground Curug Cilember

Camping Ground Curug Cilember

Curug Cilember menyediakan fasilitas camping bagi para pengunjung yang ingin merasakan pengalaman bermalam di alam terbuka. Harga tiket camping di Curug Cilember adalah Rp 35.000 per orang. Mengacu pada informasi yang disampaikan oleh situs resmi Pemerintah Kabupaten Bogor, area camping disini terbagi menjadi tiga lokasi terpisah, yaitu Camp Lembah Pakis, Camp Curug 7, dan Camp Curug 5.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram Curug Cilember, @curug_cilember, harga sewa tenda adalah Rp 350.000 untuk kapasitas enam orang, Rp 250.000 untuk kapasitas empat orang, dan Rp 180.000 untuk kapasitas tiga orang. Paket ini sudah termasuk matras dan sleeping bag.

Jika pengunjung ingin menambahkan paket makan, biaya tambahan sebesar Rp 35.000 per orang akan dikenakan, atau alternatifnya adalah pesta barbekyu dengan harga Rp 100.000. Selain itu, tersedia juga layanan sewa pemandu untuk camping dengan tarif sebesar Rp 300.000.

Baca Juga: Wisata Religi Jakarta

4. Taman kupu-kupu

Taman Kupu Kupu Cillember

Taman Kupu Kupu Cillember

Curug Cilember memiliki sebuah taman kupu-kupu yang terletak dekat dengan pintu masuk. Taman ini memiliki struktur berbentuk kubah atau setengah bola dengan konsep rumah kaca. Di dalamnya, pengunjung akan menemukan berbagai macam tanaman dan bunga dengan warna yang beragam.

Taman tersebut juga menjadi tempat tinggal bagi puluhan kupu-kupu yang berasal dari 12 spesies yang berbeda dalam hal warna dan ukuran. Selain menjadi tempat wisata, taman kupu-kupu ini juga berfungsi sebagai lokasi konservasi dan penangkaran kupu-kupu.

Di samping itu, pengunjung juga dapat memperoleh informasi tentang proses metamorfosis kupu-kupu mulai dari tahap telur hingga menjadi kupu-kupu dewasa.

Baca Juga: Tempat Wisata Malam Jakarta

5. Villa 

Villa Curug Cilember

Villa Curug Cilember

Apabila Anda berkunjung bersama keluarga besar, Anda juga memiliki opsi untuk menginap di villa yang terletak di dalam area wisata Curug Cilember. Villa kayu ini dikelilingi oleh hutan pinus, menciptakan suasana alami yang menenangkan.

Menurut informasi yang diunggah di akun Instagram Curug Cilember, @curug_cilember, tarif sewa vila ini adalah Rp 1,6 juta per malam untuk kapasitas enam orang. Jika jumlah penghuni melebihi enam orang, biaya tambahan akan dikenakan.

Villa ini memiliki dua lantai dengan tiga kamar tidur, dilengkapi dengan ruang keluarga, perapian, ruang TV, dapur, serta akses internet atau wifi. Namun, untuk melakukan pemesanan villa ini, Anda perlu melakukan reservasi melalui kontak yang tertera di akun Instagram resmi Curug Cilember.

Baca Juga: Museum Wayang Jakarta

Harga tiket masuk Curug Cilember

Biaya masuk ke area Curug Cilember adalah Rp 25.000 per individu untuk pengunjung domestik, sementara untuk pengunjung asing dikenai biaya sebesar Rp 75.000 per orang. Harga tiket tersebut tidak mencakup akses ke taman kupu-kupu, kegiatan camping, penginapan di rumah kepompong, dan fasilitas lainnya.

Selain itu, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Tiket dapat dipesan secara online atau dengan menghubungi nomor yang tercantum di akun Instagram resmi Curug Cilember, @curug_cilember.

Lokasi:

Baca Juga: Coffee Shop Jakarta Jakarta Barat

Waktu yang Tepat Mengunjungi Curug Cilember, Bogor

Curug Cilember adalah salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan di Bogor. Waktu terbaik untuk mengunjungi curug ini adalah saat musim hujan, ketika debit airnya penuh dan alam sekitar tampak hijau subur. Jika Anda ingin menikmati keindahan alam yang spektakuler, jadwalkan kunjungan Anda ke Curug Cilember saat musim hujan.

Baca Juga: Cafe Rooftop Jakarta

Explore Curug Cilember Lebih Murah dan Hemat Bersama Skycity Trans

Itulah informasi yang bisa kami sajikan mengenai destinasi wisata Curug Cilember Bogor. Menikmati keindahan alam di Curug Cilember kini semakin mudah dengan Skycity Trans. Dapatkan kemudahan bersama Skycity Trans, anda tidak perlu memikiran rute perjalan biar kami saja yang mengatur semua! Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati air terjun yang cantik dan udara segar di Curug Cilember bersama Skycity Trans.Jika Anda mempunyai rencana untuk berwisata bersama keluarga atau rekan tim kantor, mau sewa Hiace dari Jakarta langsung saja hubungi kami di Sewa Hiace Jakarta – Skycity Trans!

Bagikan ke: