Home » Wisata » Menelusuri Keindahan Masjid Istiqlal Kebanggaan Indonesia

Menelusuri Keindahan Masjid Istiqlal Kebanggaan Indonesia

Menelusuri Keindahan Masjid Istiqlal Kebanggaan Indonesia

Masjid Istiqlal – Tak jauh dari Istana Negara, terdapat sebuah masjid besar yang berdiri megah. Keindahannya sangat mencolok, dengan taman yang menyerupai hutan kota lengkap dengan kolam air mancur. Dari teras masjid, kita dapat melihat bangunan utama dengan kubah besar dan menara yang menjulang tinggi.

Pada malam hari, masjid ini bermandikan cahaya lampu yang menciptakan suasana damai. Di dalam masjid, seluruh lantai ditutupi karpet merah marun. Tiang-tiang besar menopang kubah di atasnya, dan ornamen di dalam masjid menampilkan keanggunan yang serupa dengan bagian luar.

Tata pencahayaan di dalam masjid juga sangat memukau. Kubah utama Masjid Istiqlal memiliki diameter 45 meter, melambangkan tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Masjid ini juga memiliki 12 pilar yang melambangkan tanggal lahir Nabi Muhammad SAW. Dalam bahasa Arab, nama Istiqlal berarti kemerdekaan.

Mimbar digunakan oleh khatib untuk menyampaikan khotbah. Masjid Istiqlal mampu menampung ribuan jamaah. Ide mendirikan masjid sebagai simbol kemerdekaan muncul pada tahun 1953, dan pembangunan masjid ini memakan waktu 17 tahun. Teras raksasanya memiliki luas sekitar 19.000 meter persegi.

Masjid Istiqlal memiliki kegiatan rutin harian, bulanan, dan tahunan, yang semakin banyak selama bulan Ramadan. Kaligrafi dua kalimat syahadat terpampang di bagian tengah masjid. Lokasinya bersebelahan dengan Gereja Katedral, menandakan toleransi masyarakat Indonesia.

Masjid Istiqlal dibangun sebagai simbol kemerdekaan Indonesia, dan secara keseluruhan berdiri di atas lahan seluas 9,5 hektare. Menara masjid setinggi 6.666 cm, melambangkan jumlah ayat dalam Al-Quran.

Bagian kanan, kiri, dan belakang masjid dibuat bertingkat sehingga mampu menampung lebih banyak jamaah. Lafadz Allah terlihat di bagian depan masjid.

Itulah Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara, yang semakin megah setelah direnovasi. Tak disangka, umat Islam membutuhkan waktu lama untuk memiliki sebuah masjid agung di ibu kota Jakarta. Keinginan untuk membangun masjid besar sudah ada sejak masa kolonial Belanda.

Pada masa itu, masjid hanya ada di kampung-kampung dengan ukuran kecil dan sederhana, dan jelas keinginan tersebut tidak mungkin terwujud pada waktu itu.

Pesona Masjid Istiqlal: Masjid Kebanggaan Kemerdekaan

Masjid Istiqlal Jakarta adalah struktur yang mengagumkan, mewakili kebanggaan dan kemerdekaan Indonesia. Terletak di pusat Jakarta, masjid yang sering disebut “Masjid Kemerdekaan” ini memiliki peran penting dalam sejarah dan budaya negara.

Sebagai pengingat kemerdekaan Indonesia, masjid ini memainkan peran yang sangat vital dalam perkembangan modern Indonesia. Proyek pembangunan dimulai pada tanggal 24 Agustus 1961, ketika Presiden pertama Indonesia, Soekarno, menempatkan batu pertama sebagai simbol dimulainya pembangunan.

Inisiatif untuk membangun masjid ini sebagai simbol kemerdekaan dan kekuatan Indonesia berasal dari Soekarno sendiri. Friedrich Silaban, seorang arsitek yang merupakan keturunan seorang pendeta Lutheran dari Huria Kristen Batak Protestan, ditunjuk sebagai arsitek dan pengawas proyek ini.

Baca Juga: Museum Fatahillah

Bangunan

Desain Masjid Istiqlal menyoroti tema “Ketuhanan,” menciptakan atmosfer yang sarat dengan makna dan kedalaman. Keelokan arsitektur Masjid Istiqlal menakjubkan dengan gaya formalisme baru dan ciri khas internasionalnya.

Bangunan ini dihiasi dengan marmer mewah dan dihiasi dengan ornamen geometris yang menawan dari baja anti-karat. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai serta satu lantai dasar yang mengesankan. Puncaknya menampilkan sebuah kubah besar dengan diameter mencapai 45 meter yang didukung oleh 12 tiang besar. Di sudut selatan lorong masjid, terdapat menara setinggi 96,66 meter yang menjulang gagah.

Salah satu aspek yang sangat mencolok dari Masjid Istiqlal adalah kapasitasnya yang luar biasa. Dengan mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah, masjid ini menjadi salah satu tempat ibadah terbesar di dunia.

Hal ini memiliki signifikansi besar bagi umat Muslim Indonesia dan juga para pengunjung dari berbagai belahan dunia yang datang untuk mengagumi keindahan arsitektur dan merasakan kedalaman spiritual yang ditawarkan oleh masjid ini.

Sebagai bagian integral dari warisan budaya Indonesia, Masjid Istiqlal Jakarta mencerminkan semangat kemerdekaan, kebesaran, dan sikap toleransi yang menjadi pilar bangsa ini. Dengan kehadiran masjid ini, Indonesia memperkuat identitas nasionalnya dan merayakan semangat perjuangan kemerdekaan.

Mari kunjungi Masjid Istiqlal dan rasakan sendiri keindahan spiritual dan sejarah yang terpancar, serta nikmati pengalaman yang tak terlupakan. Dan jangan lupa, nikmati pesona keindahan kota Jakarta lainnya dengan menyewa mobil Hiace di Sewa Hiace Jakarta – Skycity Trans!

 

 

Bagikan ke: