Logo Skycitytrans

Pecinan Glodok: Chinatown Terbesar Dengan Beragam Kuliner

Pecinan Glodok, wilayah di Jakarta Barat yang dikenal sebagai Chinatown terbesar di Indonesia, memiliki banyak tempat makan legendaris yang terkenal. Antara lain Gang Gloria dan Petak Enam. Sejarah Glodok memiliki akar yang dalam.

Sebelum menjadi pusat Chinatown, Glodok awalnya adalah tempat tinggal bagi komunitas Tionghoa. Pada abad ke-17, VOC Belanda menetapkan Glodok sebagai tempat isolasi bagi komunitas Tionghoa.

Keputusan ini diambil untuk mengontrol populasi Tionghoa secara lebih efektif dan juga untuk kepentingan keamanan kolonial Belanda. Komunitas Tionghoa di Pecinan Glodok terkenal akan keahlian bisnisnya, sehingga mereka dianggap sebagai tulang punggung ekonomi Jakarta.

Sekilas Mengenai Pecinan Glodok

1. Asal-usul Penamaan Glodok

pecinan glodok

Setelah diselidiki lebih lanjut, ditemukan bahwa nama ‘Glodok’ berasal dari bahasa Sunda, yaitu ‘golodok’, yang merujuk pada pintu masuk ke suatu rumah. Hal ini terkait dengan sejarah Jakarta yang pernah menjadi gerbang masuk ke Kerajaan Sunda Kuno.

Kemudian, komunitas etnis Tionghoa memasuki gerbang tersebut dan menetap di daerah yang sekarang dikenal sebagai Glodok. Sejak saat itu, wilayah tersebut terkenal sebagai Chinatown terbesar di Indonesia.

2. Ada kawasan heritage dan wisata kuliner

Dengan warisan sejarah yang kaya, Glodok telah menjadi pusat kawasan heritage yang telah diakui sebagai Desa Wisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selain warisan budaya, Glodok juga menawarkan destinasi kuliner yang menarik. Namun, pengunjung muslim perlu waspada karena banyak makanan di sana yang menggunakan bahan campuran babi.

3. Kawasan Gang Gloria

Gang Gloria, Dua Setengah Abad Kantong Kuliner di Jakarta - Kompas.id

(Sumber: Kompas.id)

Di lorong kecil ini, terdapat beragam hidangan khas Tiongkok yang bisa dinikmati. Jika Anda tertarik untuk mencicipi kuliner, Anda dapat mengunjungi Gang Gloria. Ini adalah salah satu pusat kuliner di wilayah Pancoran, Glodok, Jakarta Barat.

Di sana, Anda akan menemukan pedagang makanan seperti bakut, mie ayam, capcay, serta hidangan Tiongkok lainnya. Selain itu, tersedia juga pedagang manisan dan kue tradisional Tionghoa untuk dinikmati.

4. Kawasan Petak Enam

Petak Enam di Chandra | Jakarta Tourism

(Sumber: Jakarta Tourism)

Salah satu destinasi yang sangat terkenal di kawasan Glodok adalah Petak Enam. Petak Enam merupakan tempat kuliner yang sangat terkenal dan ramai dikunjungi.

Petak Enam terletak di Gedung Chandra Glodok. Tempat ini memiliki arsitektur yang sangat khas, dengan nuansa Tiongkok yang ditandai dengan lampion merah dan dekorasi khas Tiongkok lainnya.

Selain menikmati berbagai hidangan lezat, pengunjung di sini juga dapat menikmati berbagai hiburan seperti pertunjukan tanjidor, ondel-ondel, silat Betawi, dan tarian barongsai.

5. Pasar Glodok

Foto : Kue Keranjang untuk Sembahyang Imlek Punya Makna Berbeda Halaman 2

(Sumber: Travel Kompas)

Di daerah pecinan tersebut terletak pasar tradisional yang terkenal dengan nama Pasar Glodok. Pasar ini selalu ramai terutama menjelang perayaan Tahun Baru Imlek.

Pasar Glodok menawarkan berbagai macam kebutuhan sehari-hari, mulai dari sayuran, buah-buahan, dan berbagai jenis lauk-pauk. Di samping itu, terdapat pula kios-kios yang menyajikan hidangan Chinese food.

Selain itu, ada juga tempat makan bergerobak yang menjadi favorit para pengunjung pasar setelah selesai berbelanja. Menu yang ditawarkan mulai dari gudeg, bakso, soto mie, mie ayam, hingga hidangan berbahan dasar babi.

Itulah penjelasan mengenai Pecinan Glodok yang merupakan Chinatown terbesar di Indonesia. Semoga informasi di atas dapat menambah keseruan liburan kamu! Untuk menikmati liburanmu bersama keluarga dengan nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa untuk sewa Hiace di Skycity Trans!

Skycity Trans: Tempat Sewa Hiace Terpercaya di Jakarta

rental mobil jakarta

Skycity Trans merupakan salah satu tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta. Berikut adalah alasan mengapa Skycity Trans layak dipertimbangkan:

Mengapa Memilih Skycity Trans?

  1. Reputasi yang Baik: Skycity Trans telah membangun reputasi yang baik sebagai penyedia layanan penyewaan Hiace yang terpercaya di Jakarta. Dengan puluhan ulasan positif dari pelanggan puas, Anda dapat mempercayai layanan yang mereka tawarkan.
  2. Kendaraan Berkualitas: Skycity Trans menyediakan Hiace yang terawat dengan baik dan dalam kondisi prima. Setiap kendaraan menjalani pemeriksaan rutin untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan.
  3. Fleksibilitas Penyewaan: Anda dapat memilih paket penyewaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk perjalanan singkat maupun jangka panjang. Layanan pelanggan mereka juga siap membantu Anda dalam proses penyewaan.
  4. Harga yang Kompetitif: Skycity Trans menawarkan harga yang kompetitif dengan biaya yang jelas dan transparan. Anda tidak perlu khawatir akan adanya biaya tambahan yang tersembunyi.
  5. Layanan Pelanggan yang Responsif: Skycity Trans siap membantu Anda dengan segala pertanyaan dan kebutuhan Anda sepanjang proses penyewaan. Mereka mengutamakan kepuasan pelanggan dan siap memberikan layanan terbaik.

Dengan demikian, jika Anda mencari tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta, Skycity Trans adalah pilihan yang tepat. Dengan reputasi yang baik, kendaraan berkualitas, fleksibilitas penyewaan, harga yang kompetitif, dan layanan pelanggan yang responsif, Anda dapat mempercayakan kebutuhan transportasi Anda kepada mereka. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Skycity Trans untuk mendapatkan pengalaman menyewa Hiace yang menyenangkan dan tanpa stres di Jakarta!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...