Home » Wisata » Mall Sarinah: Sejarah dan Hal Seru Didalamnya

Mall Sarinah: Sejarah dan Hal Seru Didalamnya

Mall Sarinah: Sejarah dan Hal Seru Didalamnya

Mall Sarinah adalah sebuah gedung yang berlokasi di Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Berfungsi sebagai pusat perbelanjaan dan dimiliki oleh Sarinah, yang juga menempatkan kantor pusatnya di sini bersama dengan perusahaan induknya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney.

Terletak di Jalan MH Thamrin, pembangunan gedung ini dimulai pada 17 Agustus 1963 dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 15 Agustus 1966. Sarinah merupakan gedung pusat perbelanjaan pertama di Indonesia dan juga merupakan pencakar langit pertama di Jakarta.

Setelah mengalami penutupan untuk pembenahan, kini Mall Sarinah telah dibuka kembali dengan penampilan yang segar. Mall ini kini menampilkan suasana yang lebih menarik secara visual dan sangat cocok untuk menjadi tempat berkumpul bagi generasi muda.

Selain itu, Mall Sarinah juga menawarkan berbagai spot menarik serta beragam pilihan tempat makan yang patut untuk dikunjungi. Ingin tahu lebih lanjut? Mari kita simak informasinya di bawah ini!

Baca Juga: Coffee Shop Jakarta Jakarta Barat

Sejarah Panjang Mall Sarinah Jakarta

Mall Sarinah Jakarta

Mall Sarinah Jakarta

Mall Sarinah Jakarta merupakan salah satu pusat perbelanjaan tertua di Indonesia yang telah memiliki sejarah panjang sejak pertama kali dibuka pada tahun 1966. Mall ini terletak di jantung kota Jakarta dan menjadi salah satu ikon penting dalam perkembangan pusat perbelanjaan di Indonesia.

Sejak awal berdirinya, Mall Sarinah Jakarta telah menjadi tempat bagi para pengusaha lokal untuk memasarkan produk-produk unggulan Indonesia melalui Galeri Indonesia Kaya yang ada di dalam mall ini. Galeri Indonesia Kaya menampilkan beragam kerajinan tangan, batik, tenun, dan berbagai produk lokal lainnya yang menjadi representasi kekayaan budaya Indonesia.

Selain itu, Mall Sarinah Jakarta juga dikenal sebagai tempat yang ramah lingkungan dengan konsep bangunan yang hijau dan berkelanjutan. Berbagai acara seni dan budaya sering diadakan di mall ini sebagai upaya untuk mempromosikan kekayaan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat luas.

Seiring berjalannya waktu, Mall Sarinah Jakarta tetap eksis dan menjadi destinasi favorit bagi para pengunjung yang ingin berbelanja sambil menikmati keindahan karya-karya seni dan budaya Indonesia. Dengan sejarah panjangnya, Mall Sarinah Jakarta akan terus menjadi bagian penting dalam memperkaya pengalaman belanja dan berwisata di Indonesia.

Baca Juga: Istana Bogor

Ekspansi Bisnis 

Gedung Sarinah baru-baru ini direnovasi untuk mengembalikannya ke kondisi aslinya. Selain itu, dua menara setinggi 41 lantai direncanakan akan dibangun di dalam kompleks Gedung Sarinah. Menara ini akan menampung restoran kelas atas, perkantoran, serta aula untuk rapat, konferensi, dan pameran. Proyek ini dimulai pada Juli 2020 dan diharapkan selesai pada Maret 2022, sementara renovasi bangunan toserba diharapkan selesai pada pertengahan 2021.

Untuk melaksanakan renovasi, pada 30 April 2020, Sarinah meminta semua penyewa untuk menutup gerai mereka. Penyewa yang harus tutup termasuk restoran Raa Cha, Platinum, dan Gokana, yang menyebabkan keramaian pada 10 Mei 2020 dan melanggar kebijakan pembatasan fisik selama pandemi COVID-19. Pada 21 Maret 2022, Sarinah resmi dibuka kembali setelah menjalani renovasi selama hampir dua tahun.

Baca Juga:Maid Cafe Jakarta

Apa saja yang Ada di Mall Sarinah?

Apa saja yang Ada di Mall Sarinah

Apa saja yang Ada di Mall Sarinah

Mall Sarinah, ikon perbelanjaan di Jakarta Pusat, menawarkan pengalaman belanja yang berbeda dari pusat perbelanjaan lainnya di sekitarnya. Dibangun pada tahun 1960-an, Mall Sarinah telah menjadi salah satu destinasi utama bagi warga Jakarta dan wisatawan untuk berbelanja, bersantap, dan bersantai. Berikut ini adalah beberapa hal menarik yang bisa ditemukan di Mall Sarinah:

Baca Juga: Cafe Vintage di Jakarta

1. Cafe Kekinian

Mall Sarinah terletak di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Sejak dibuka kembali pada tahun 2022, minat masyarakat meningkat dan setiap hari mall ini ramai dengan pengunjung.

Di Mall Sarinah Jakarta, terdapat beberapa kafe populer seperti Filosofi Kopi, Titik Temu, The Gade, Haus, dan banyak lainnya. Harganya cukup terjangkau dan bersahabat bagi pengunjung.

Baca Juga: Tempat Nongkrong Kuningan

2. Kumpul Komunitas & Live Music

Setelah direnovasi, Mall Sarinah Thamrin kini memiliki area yang sering menjadi tempat berkumpul bagi berbagai komunitas. Terletak di luar area mall dan dikelilingi oleh pepohonan, tempat ini sering menjadi pusat perhatian, terutama pada malam hari. Pengunjung dapat menikmati live music sebagai pengiring saat bersantai di mall ini.

Baca Juga: Dog Cafe Jakarta

3. Wisata Kuliner

Tidak hanya kafe, di Sarinah Mall juga tersedia berbagai pilihan tempat makan. Kamu dapat menemukan berbagai menu, termasuk makanan khas Indonesia, Jepang, dan hidangan Western. Selain itu, kamu juga dapat mencicipi berbagai jajanan pasar yang sangat lezat. Beberapa gerai makanan tersebut termasuk Ramen Sanpachi 38, Sari Ratu, Raa Cha, Sari-Sari, dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Cafe Rooftop Jakarta Timur

4. Produk Lokal

Bagi pecinta produk lokal, tidak perlu khawatir saat mengunjungi Mall Sarinah. Terdapat sekitar 500 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menawarkan berbagai produk khas daerah. Mulai dari batik, sepatu, pakaian, dekorasi rumah, keramik, perhiasan, produk perawatan tubuh, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Baca Juga: Cafe Live Music Jakarta Selatan

5. Spot Foto Instagramable

Tentu, yang satu ini pasti diminati oleh generasi muda. Jangan khawatir, Sarinah Mall telah mengalami transformasi yang signifikan dari sebelumnya dengan desain yang lebih menarik, modern, dan tentunya memiliki keindahan visual yang tinggi.

Bagi mereka yang senang mencari spot foto yang menarik untuk diunggah di Instagram, Sarinah adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Hampir setiap sudutnya cocok untuk diabadikan dalam gambar dengan smartphone Anda.

Baca Juga: Cafe Rooftop Jakarta Selatan

Jalan-jalan Keliling Jakarta Lebih Murah dan Efisien Bersama, Skycity Trans

Jalan-jalan keliling Jakarta lebih murah dan efisien bersama Skycity Trans menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan ibu kota Indonesia tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Layanan transportasi ini menawarkan paket tur yang lengkap dengan harga yang bersahabat, sehingga Anda bisa mengeksplorasi berbagai destinasi menarik di Jakarta tanpa perlu repot mengatur transportasi sendiri.

Tidak hanya itu, Skycity Trans juga memberikan layanan antar jemput langsung dari hotel atau tempat tinggal Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang transportasi menuju meeting point. Dengan begitu, waktu Anda pun akan lebih efisien dan Anda bisa lebih leluasa menikmati keindahan Jakarta tanpa perlu memikirkan urusan transportasi. Jadi, jadikan Skycity Trans sebagai pilihan transportasi Anda saat jalan-jalan keliling Jakarta! Untuk menikmati liburanmu segera hubungi jasa sewa Hiace di Sewa Hiace Jakarta – Skycity Trans!

Bagikan ke: