Home » Wisata » 10 Wahana Seru di Taman Mini Indonesia Indah

10 Wahana Seru di Taman Mini Indonesia Indah

10 Wahana Seru di Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan destinasi wisata di Jakarta yang menawarkan beragam wahana menarik. Terletak di Jakarta Timur, TMII adalah kawasan taman wisata yang mengusung tema budaya Indonesia.

Tujuan utama pembangunan tempat ini adalah untuk memperkenalkan kebudayaan dan kekayaan alam Indonesia kepada masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara.

Secara singkat, TMII adalah kompleks wisata yang menampilkan miniatur budaya, arsitektur, dan keberagaman etnis Indonesia. Penasaran dengan apa saja yang ditawarkan di Taman Mini? Mari kita telusuri dalam artikel ini sampai selesai!

Ada Apa Saja di Taman Mini Indonesia Indah?

Selain menampilkan ragam kebudayaan Indonesia dari pelbagai daerah, Taman Mini juga menawarkan beragam atraksi menarik lainnya. Apa saja wahana yang tersedia di Taman Mini? Ayo, mari kita temukan lebih lanjut dalam ulasan berikut ini!

1. Anjungan Daerah

Salah satu atraksi utama di TMII adalah replika bangunan dan rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia yang dikenal sebagai Anjungan Daerah. Di sini, pengunjung dapat melihat beragam representasi budaya dari 33 provinsi di Indonesia.

Semua ini dipresentasikan dalam struktur Anjungan Daerah yang mengusung arsitektur tradisional dan menampilkan berbagai busana, tarian, dan adat istiadat daerah. Anjungan Daerah tersebar di sekitar danau yang menampilkan miniatur kepulauan Indonesia.

Secara tematik, Anjungan Daerah dibagi menjadi enam area, yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Setiap Anjungan memamerkan bangunan khas dari wilayah setempat.

Anjungan Daerah adalah tempat yang sangat tepat untuk Anda kunjungi bersama anak-anak, sehingga mereka dapat mengenal lebih dekat berbagai suku dan adat istiadat dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Museum Jakarta Terbaik

2. Istana Anak-anak Indonesia

Istana Anak-anak Indonesia (IAAI) merupakan sebuah bangunan yang memiliki bentuk istana yang mirip dengan yang terdapat dalam dongeng Cinderella. Di tempat ini, anak-anak dapat menikmati berbagai permainan yang menyenangkan sekaligus belajar mengenai kebudayaan Indonesia.

Bangunan utama istana dinamakan Graha Widya Tama, yang terdiri dari empat lantai dengan ruang terbuka di lantai kedua. Gedung ini memiliki dua sayap dan sebuah menara yang menjulang tinggi ke langit, sebagai simbolisasi dari semangat anak laki-laki dan perempuan dalam mencapai prestasi sebesar langit.

Prasasti penandatanganan peresmiannya dilakukan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1986. Wahana-wahana yang dapat ditemukan di dalam istana ini antara lain:
– Kereta api kelinci
– Mandi bola
– Kolam renang sendang sejodo
– Monorail
– Roda Tamasya
– Pesawat Capung
– ATV Motor
– Kapal Ayun
Selain itu, di lokasi ini juga diselenggarakan pameran wayang serta peragaan berbagai permainan tradisional anak.

3. Teater IMAX Keong Emas

Teater IMAX Keong Mas adalah bangunan teater yang memiliki bentuk mirip keong mas raksasa, tempat menayangkan film-film khusus dengan teknologi tinggi. Gedung teater ini awalnya diusulkan oleh Ibu Tien Soeharto dan diresmikan pada tanggal 20 April 1984.

Pembangunan gedung ini bertujuan sebagai tempat rekreasi yang juga mendidik generasi muda Indonesia tentang kekayaan alam dan budayanya melalui film-film yang diputar di sana. Dengan ukuran bangunan yang besar, teater ini mampu menampung sekitar 400 hingga 500 penonton dalam satu kali pertunjukan.

Penonton dapat duduk di dalam struktur keong dan menikmati pertunjukan dari berbagai sudut dengan pandangan yang optimal.

4. Taman Legenda Keong Emas

Taman Legenda Keong Emas adalah sebuah taman rekreasi yang menampilkan wahana-wahana klasik. Di tempat ini, terdapat 14 museum yang menampilkan berbagai tema mengenai ilmu pengetahuan, budaya, dan teknologi.

Ragam museum yang tersedia mencakup museum transportasi, keprajuritan, perangko Indonesia, pusaka, telekomunikasi, IPTEK, Timor Timur, dan museum Al-Qur’an.

5. Sky World

Sky World Indonesia, atau yang dikenal juga sebagai eduwisata antariksa, adalah sebuah wahana rekreasi pendidikan yang mengusung tema antariksa dan aeronautika.

Tujuan utama keberadaan tempat wisata ini adalah untuk memberikan pendidikan kepada generasi muda Indonesia tentang pengetahuan seputar antariksa, aeronautika, dan teknologi yang terkait. Semua aspek pendidikan tersebut disajikan secara menarik sehingga dapat menarik perhatian pengunjung.

6. Dunia Air Tawar

Dunia Air Tawar adalah tempat rekreasi yang menampilkan koleksi dengan tema “Indonesia dan Dunia Air Tawar.” Taman ini utamanya terdiri dari berbagai jenis akuarium dan berfungsi sebagai area rekreasi, edukasi, riset, konservasi alam, dan hiburan.

Lokasinya berada di bagian selatan kawasan TMII, dikelilingi oleh Museum Serangga dan Taman Bunga Keong Emas. Bangunan taman ini didominasi oleh warna hijau air, dengan dua lantai yang memiliki luas 5.500 meter persegi. Taman ini terletak di tepi danau buatan yang membentuk lingkaran air tawar.

7. Taman Burung

Taman Burung terletak di bagian belakang atau timur dari kawasan TMII, berdekatan dengan PP IPTEK dan Museum Migas Graha Widya Patra.

Koleksi burung yang tersedia di Taman Burung merupakan yang paling lengkap di Indonesia, terdiri dari 175 jenis dengan jumlah ekor mencapai ribuan, baik dari Indonesia bagian Barat maupun Timur. Taman Burung dilengkapi dengan fasilitas karantina untuk memisahkan burung-burung yang sakit dan membutuhkan perawatan.

8. Kereta Gantung TMII

Saat mengunjungi Taman Mini, salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah naik kereta gantung atau skylift. Sky Lift TMII menghubungkan beberapa titik penting di kompleks TMII dengan tiga stasiun, yaitu stasiun A, B, dan C.

Rute kereta gantung ini biasanya meliputi perjalanan dari pintu masuk utama ke Pintu Gerbang Utama, melewati Danau Indah, dan Anjungan Daerah.

Selama menaiki kereta gantung TMII, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari ketinggian, termasuk melihat miniatur peta Indonesia di atas danau serta pemandangan TMII dari atas.

Untuk menaiki kereta gantung, pengunjung perlu membayar tiket seharga Rp50.000 per orang dengan kapasitas kereta gantung untuk 4 orang.

9. Museum Fauna Indonesia

Jika menanyakan tentang apa yang ada di Taman Mini, jawabannya adalah adanya Museum Fauna Indonesia ‘Komodo’. Sesuai dengan namanya, museum ini mengangkat tema dunia satwa Indonesia dengan menampilkan binatang yang hidup maupun yang telah diawetkan.

Salah satu ciri khas dari museum ini adalah desain bangunannya yang meniru bentuk hewan langka yang dilindungi di Indonesia, yaitu Komodo. Pameran fauna di museum ini disusun berdasarkan wilayah persebarannya, dari barat ke timur serta dari pantai ke pegunungan, untuk menggambarkan habitat alami dari setiap satwa Indonesia.

10. Taman Kuliner Nusantara

Selain menikmati keberagaman budaya Indonesia melalui Anjungan Daerah, di TMII juga terdapat Taman Kuliner Nusantara yang menarik. Di sini, Anda dapat menemukan beragam hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Alamat dan Harga Tiket Masuk 

Setelah mengetahui apa yang ditawarkan oleh Taman Mini Indonesia Indah, apakah membuat Anda tertarik untuk mengunjunginya? Taman Mini Indonesia Indah buka setiap hari kerja mulai pukul 06:00 – 17:00 WIB.

Sedangkan pada akhir pekan, jadwal operasionalnya dimulai lebih awal, yaitu pukul 05:00 – 17:00 WIB. Lokasi TMII berada di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia.

Untuk dapat masuk ke dalam area wisata ini, pengunjung perlu membayar tiket sebesar Rp25.000 saja. Selain itu, pengunjung juga perlu menyediakan uang tambahan untuk menikmati berbagai wahana yang tersedia di dalamnya.

Itulah beberapa informasi mengenai berbagai wahana menarik yang bisa dinikmati di Taman Mini Indonesia Indah. Untuk menikmati pesona keindahan Jakarta lainnya, Anda bisa menyewa Hiace di Skycity Trans!

Bagikan ke: