Logo Skycitytrans

10 Wisata Religi Jakarta yang Bersejarah, Cocok Untuk Ngabuburit

Wisata Religi Jakarta – Bulan Ramadan selalu dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Jakarta. Mengapa demikian?Karena di bulan ini, setiap amal kebaikan yang dilakukan akan mendapat pahala berlipat ganda.

Namun, tidak hanya itu, salah satu momen yang sangat dinanti-nantikan selama Ramadan adalah ngabuburit. Ini merupakan waktu bagi mereka yang sedang berpuasa untuk menghabiskan waktu sebelum waktu berbuka tiba.

Nah, dari banyaknya tempat wisata yang tersedia, terdapat beberapa destinasi yang cocok untuk ngabuburit. Tempat-tempat apa saja yang bisa dikunjungi? Mari kita simak rekomendasi tempat wisata religi Jakarta yang telah disusun oleh Skycity Trans!

10 Rekomendasi Wisata Religi Jakarta

1. Masjid Istiqlal

wisata religi jakarta

(Sumber: Wikipedia)

Pertama-tama, kita menghadirkan rekomendasi destinasi wisata religi di Jakarta yang pertama, yaitu Masjid Istiqlal. Masjid yang menjadi kebanggaan Indonesia ini diakui sebagai salah satu masjid yang indah di dunia. Bukan hanya itu, Masjid Istiqlal juga diakui sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara. Kapasitas bangunannya mampu menampung hingga 200 ribu jemaah secara bersamaan.

Selain itu, ada fakta menarik tentang Masjid Istiqlal. Siapa yang akan menduga bahwa masjid ini didesain oleh seorang arsitek Kristen bernama Frederich Silaban? Hal ini menunjukkan bahwa masjid ini merupakan simbol dari keragaman agama yang ada di Indonesia.

Lebih menarik lagi, Masjid Istiqlal berada berhadapan langsung dengan Gereja Katedral, salah satu gereja tertua di Indonesia. Dari segi arsitektur, sebagian besar bagian dari masjid ini mengikuti prinsip-prinsip Islam. Mulai dari pintu yang dihiasi dengan Asmaul Husna, hingga jumlah pilar yang mencapai 12, yang melambangkan tanggal kelahiran Nabi Muhammad.

2. Masjid si Pitung

wisata religi jakarta

(Sumber: Republika)

Selanjutnya, ada Masjid si Pitung. Dari namanya saja, sudah terlihat bahwa tempat ibadah ini memiliki keterkaitan dengan salah satu pahlawan Betawi, yaitu si Pitung. Masjid ini terletak di tepi Pantai Marunda, Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara, dan didirikan oleh si Pitung dan keluarganya pada tahun 1600.

Karena hal tersebut, arsitektur bangunannya cukup sederhana. Tempat wisata religi ini memiliki atap berbentuk joglo dan didukung oleh empat pilar yang menjadi hiasan unik dan menarik.

3. Masjid Luar Batang

wisata religi jakarta

(Sumber: Koran TEMPO – TEMPO.co)

Destinasi religi berikutnya di Jakarta adalah Masjid Luar Batang. Tempat ibadah ini berada di Jalan Luar Batang, Gang V No. 1, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, dan merupakan salah satu lokasi bersejarah.  Tidak mengherankan jika setiap hari, masjid ini ramai dikunjungi oleh ribuan peziarah. Selain karena nilai sejarahnya, Masjid Luar Batang juga memiliki makam Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus.

Dari segi arsitektur, Masjid Luar Batang tergolong sederhana, dengan dua menara yang mirip mercusuar sebagai ciri khasnya. Namun, meskipun demikian, masjid ini telah dijadikan cagar budaya sejak tahun 1993!

4. Masjid Sunda Kelapa

wisata religi jakarta

(Sumber: Travel Kompas)

Jika Anda sedang mencari tempat wisata religi di Jakarta yang tidak terlalu jauh dari kawasan Menteng, maka kami memiliki saran yang menarik untuk dikunjungi selama bulan Ramadan: Masjid Agung Sunda Kelapa. Pada masa lalu, bangunan ini dulunya digunakan sebagai kantor pos dan perusahaan kereta api selama pemerintahan Belanda.

Setelah masa kekuasaan Belanda berakhir, bangunan tersebut kemudian dijadikan sebagai kantor Angkatan Laut Jepang. Setelah kemerdekaan Indonesia, bangunan ini kemudian dipugar dan diubah menjadi masjid pada tahun 1987. Masjid Agung Sunda Kelapa ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

5. Masjid At-Tin

wisata religi jakarta

(Sumber: Liputan6.com)

Destinasi religi selanjutnya di Jakarta adalah Masjid At-Tin. Terletak di Jalan Taman Mini 1 No. 3, Pinang Ranti, Jakarta Timur, masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1967. Seiring berjalannya waktu, masjid tersebut telah mengalami perubahan menjadi bangunan yang megah. Di sekitar masjid, terdapat taman yang dihiasi dengan lampu-lampu dan deretan pohon palem yang tumbuh lurus.

Keadaan tersebut menciptakan suasana yang menyerupai Timur Tengah. Pengalaman semakin lengkap ketika melihat berbagai ornamen mewah yang menghiasi Masjid At-Tin.

6. Masjid Perahu Baiturrahman

wisata religi jakarta

(Sumber: Liputan6.com)

Masjid Perahu Baiturrahman merupakan salah satu tempat wisata religi di Jakarta yang sangat layak untuk dikunjungi. Keunikan yang dimilikinya membuatnya berbeda dari destinasi wisata lainnya yang tercantum dalam daftar ini.

Keunikan tersebut terletak pada bentuk arsitektur eksterior bangunannya yang menyerupai perahu.
Ternyata, perahu ini memiliki makna yang dalam, menggambarkan kisah Nabi Nuh a.s. yang menyampaikan banyak pelajaran bagi umat Islam di seluruh dunia.

Masjid ini terletak di Jalan Casablanca No. 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan, dan dibangun oleh K.H. Abdurrahman Masum pada tahun 1960-an. Ketika sedang dalam proses pembangunan, masjid ini memiliki dinding yang dihiasi dengan emas seberat 3 kilogram yang jumlahnya mencapai 99, sesuai dengan Asmaul Husna.

7. Jakarta Islamic Center

wisata religi jakarta

(Sumber: Okezone Travel)

Jakarta Islamic Center, yang terletak di Jalan Kramat Raya No. 164, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, merupakan destinasi yang istimewa untuk ngabuburit. Tradisinya, para santri melakukan tadarus bilghoib atau khataman Alquran tanpa melihat Alquran langsung selama 10-11 jam hingga waktu berbuka puasa.

Di sore hari, penduduk dari berbagai wilayah DKI Jakarta berkumpul di halaman dan trotoar masjid untuk bergabung dalam tadarus bersama para santri. Setiap individu diberikan satu juz Alquran untuk dibaca hingga azan Maghrib, menciptakan suasana ngabuburit yang sarat dengan berkah.

8. Masjid Ramlie Musofa

wisata religi jakarta

(Sumber: Indozone Travel)

Masjid Ramlie Musofa, terletak di Jalan Danau Sunter Raya, Sunter Agung, Jakarta Utara, merupakan pilihan yang menarik untuk ngabuburit. Dengan kubahnya yang menjulang tinggi, menyerupai replika Taj Mahal di India, masjid ini menjadi simbol dari kasih umat Islam kepada Allah SWT. Pendiri masjid ini, Haji Ramli Rasidin, seorang mualaf beretnis Tionghoa, memberikan nama masjid ini berdasarkan inisial keluarganya.

Di bulan Ramadan, masjid ini menjadi tempat yang sarat makna spiritual, di mana umat Islam dapat melaksanakan ibadah, tadarus, dan menikmati keindahan arsitektur megah masjid ini. Atmosfer yang tenang dan berarti menjadikan Masjid Ramlie Musofa sebagai destinasi ngabuburit yang istimewa.

9. Masjid Al Riyadh wisata religi jakarta

(Sumber: CARITAU.COM)

Masjid Al Riyadh Kwitang, yang terletak di Jalan Kembang VI, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, merupakan destinasi populer untuk ngabuburit yang selalu ramai dikunjungi. Meskipun terletak di dalam gang, masjid ini terkenal dan sering dikunjungi oleh pengunjung. Di dalam masjid ini, terdapat makam Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi atau Habib Ali Kwitang, seorang tokoh ulama yang berpengaruh pada abad ke-20.

Pada bulan Ramadan, masjid ini menyediakan suasana yang khusyuk dan penuh spiritualitas. Pengunjung dapat melakukan ziarah, beribadah, dan menikmati keberkahan bulan suci ini. Dengan kapasitas hingga 100 pengunjung, Masjid Al Riyadh Kwitang menjadi tempat yang nyaman untuk ngabuburit dan menyambut waktu berbuka puasa dengan ketenangan.

10. Masjid Agung Al Azhar

wisata religi jakarta

(Sumber: Wikipedia)

Rekomendasi tempat wisata religi terakhir di Jakarta adalah Masjid Agung Al Azhar. Terletak di Jalan Sisingamangaraja, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tempat ibadah ini pertama kali dibangun pada tahun 1953.

Bangunan masjid ini dibangun dengan megah dan berwarna putih, mirip dengan Taj Mahal di India. Keindahan arsitektur masjid menjadi salah satu faktor utama yang menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi Masjid Agung Al Azhar.

Selain itu, salah satu alasan lain yang membuat banyak orang, terutama saat bulan Ramadan, mengunjungi masjid ini adalah keberadaan taman di sekitarnya. Kehadiran taman ini tentu membuat para pengunjung merasa lebih nyaman dan betah untuk berlama-lama di tempat tersebut, terutama ketika ngabuburit.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata religi Jakarta yang cocok untuk ngabuburit yang berhasil kami rangkum. Punya rencana mudik atau jalan-jalan pasca lebaran? sewa Hiace saja di Skycity Trans!

Skycity Trans: Tempat Sewa Hiace Terpercaya di Jakarta

rental mobil jakarta

Skycity Trans merupakan salah satu tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta. Berikut adalah alasan mengapa Skycity Trans layak dipertimbangkan:

Kelebihan Sewa Hiace di Skycity Trans

Sewa Hiace Lebih Mudah

Skycity Trans adalah penyedia layanan sewa Hiace Jakarta dengan pilihan armada terbaru dan harga terjangkau. Nikmati kenyamanan dalam perjalanan Anda dengan Skycitytrans.

Terpercaya

Skycity Trans Sudah terpercaya dalam bidang sewa mobil Jakarta, kami sudah bertahun tahun berada dibidang ini dan telah dipercaya oleh banyak pelanggan.

Unit Siap Jalan

Kami selalu melakukan perawatan secara rutin untuk memastikan unit ardama kami selalu berada dalam kondisi prima, aman dan siap jalan!

Driver Berpengalaman

Driver yang kami sediakan adalah driver yang telah tersertifikasi, terlatih dan berpengalaman dalam menyetir mobil berpenumpang.

Harga Terjangkau

Dengan Harga terjangkau Anda dapat menyewa mobil keluaran terbaru dan terawat dengan jaminan kenyamanan & kemanan.

Daftar Harga Sewa Hiace Jakarta

Daftar Harga Sewa Hiace Jakarta

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...