Logo Skycitytrans

Istana Merdeka Jakarta: Sejarah dan Fungsinya

Istana Merdeka merupakan kediaman resmi Presiden Republik Indonesia, berbeda dengan Istana Negara Jakarta. Apa perbedaannya dan bagaimana sejarah pembentukannya? Temukan jawabannya dalam uraian berikut.

Sejarah Istana Merdeka

Menilik Perbedaan Istana Negara dengan Istana Merdeka, Apa Saja? Halaman  all - Kompas.com

(Sumber: Kompas.com)

Sebelum menjelajahi asal-usul Istana Merdeka, penting untuk mengetahui letaknya. Istana Merdeka terletak di kawasan yang sama dengan Istana Negara, di Jalan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, menghadap Taman Monumen Nasional.

Meskipun berdekatan, bangunan Istana Merdeka memiliki karakteristik yang berbeda dengan Istana Negara yang terletak di Jalan Veteran, Jakarta Pusat, menghadap Sungai Ciliwung, dan berada di belakang Istana ini.

Berdiri Sejak Zaman Hindia Belanda 

Dikutip dari laman resmi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Istana Merdeka berlokasi di Jalan Merdeka Utara dan menghadap ke Taman Monumen Nasional. Pada masa pemerintahan Hindia-Belanda, bangunan Istana Negara dianggap tidak memadai untuk keperluan yang ada, sehingga diputuskan untuk membangun bangunan baru.

Pada tahun 1873, arsitek Drossares, di bawah kepemimpinan Gubernur Jenderal Louden, mulai membangun bangunan baru yang selesai pada tahun 1879, ketika Gubernur Jenderal Johan Willem van Landsbarge memimpin. Bangunan tersebut awalnya dikenal sebagai Istana Gambir dan kemudian dikenal sebagai Istana Merdeka.

Pada awal masa pemerintahan Republik Indonesia, Istana ini menjadi tempat penandatanganan naskah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat oleh Pemerintah Belanda pada tanggal 27 Desember 1949. Sri Sultan Hamengkubuwono IX mewakili Republik Indonesia Serikat, sementara A.H.J. Lovink, Wakil Tinggi Mahkota di Indonesia, mewakili Kerajaan Belanda.

Kediaman Resmi 3 Presiden RI 

Pada tanggal 28 Desember 1949, Presiden RI Soekarno dan keluarganya tiba di Jakarta dari Yogyakarta dan mulai tinggal di Istana Merdeka untuk pertama kalinya. Selain Soekarno, Presiden lainnya dari Republik Indonesia yang juga pernah menempati Istana Merdeka sebagai kediaman resmi adalah:

– Presiden RI Abdurrahman Wahid (Presiden Keempat)
– Presiden RI Joko Widodo (Presiden Ketujuh)

Perbedaan Istana Merdeka dengan Istana Negara

Sementara Istana Merdeka berperan sebagai kediaman resmi Presiden RI, fungsi Istana Negara lebih terfokus pada kegiatan resmi kepresidenan, termasuk:

– Pelantikan pejabat tinggi negara.
– Pembukaan musyawarah dan rapat kerja nasional.
– Pembukaan kongres, baik yang bersifat nasional maupun internasional.
– Tempat untuk jamuan kenegaraan.
– Lokasi untuk acara jamuan makan yang diadakan oleh Presiden RI dan para veteran dalam rangka peringatan 17 Agustus.

Demikianlah gambaran mengenai sejarah Istana Merdeka beserta perannya. Ingin menjelajahi pesona keindahan Jakarta lainnya? sewa Hiace saja di Skycity Trans!

Skycity Trans: Tempat Sewa Hiace Terpercaya di Jakarta

rental mobil jakarta
Skycity Trans merupakan salah satu tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta. Berikut adalah alasan mengapa Skycity Trans layak dipertimbangkan:

Mengapa Memilih Skycity Trans?

  1. Reputasi yang Baik: Skycity Trans telah membangun reputasi yang baik sebagai penyedia layanan penyewaan Hiace yang terpercaya di Jakarta. Dengan puluhan ulasan positif dari pelanggan puas, Anda dapat mempercayai layanan yang mereka tawarkan.
  2. Kendaraan Berkualitas: Skycity Trans menyediakan Hiace yang terawat dengan baik dan dalam kondisi prima. Setiap kendaraan menjalani pemeriksaan rutin untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan.
  3. Fleksibilitas Penyewaan: Anda dapat memilih paket penyewaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk perjalanan singkat maupun jangka panjang. Layanan pelanggan mereka juga siap membantu Anda dalam proses penyewaan.
  4. Harga yang Kompetitif: Skycity Trans menawarkan harga yang kompetitif dengan biaya yang jelas dan transparan. Anda tidak perlu khawatir akan adanya biaya tambahan yang tersembunyi.
  5. Layanan Pelanggan yang Responsif: Skycity Trans siap membantu Anda dengan segala pertanyaan dan kebutuhan Anda sepanjang proses penyewaan. Mereka mengutamakan kepuasan pelanggan dan siap memberikan layanan terbaik.

Dengan demikian, jika Anda mencari tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta, Skycity Trans adalah pilihan yang tepat. Dengan reputasi yang baik, kendaraan berkualitas, fleksibilitas penyewaan, harga yang kompetitif, dan layanan pelanggan yang responsif, Anda dapat mempercayakan kebutuhan transportasi Anda kepada mereka. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Skycity Trans untuk mendapatkan pengalaman menyewa Hiace yang menyenangkan dan tanpa stres di Jakarta!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...