Home » Otomotif » Hill Start Assist: Fungsi, Cara Kerja, dan Biaya Pasang

Hill Start Assist: Fungsi, Cara Kerja, dan Biaya Pasang

Hill Start Assist: Fungsi, Cara Kerja, dan Biaya Pasang

Mobil masa kini di Indonesia telah dilengkapi berbagai fitur canggih yang tidak hanya meningkatkan kenyamanan dan hiburan, tetapi juga keselamatan pengendara. Salah satu fitur terbaru yang semakin populer adalah Hill Start Assist (HSA), dirancang untuk mencegah mobil bergulir mundur saat memulai dari tanjakan.

Hill Start Assist (HSA) tidak hanya ditemukan di mobil kelas menengah ke atas, tetapi juga sudah umum diterapkan pada mobil-mobil kelas bawah. Ini berarti fitur tersebut telah memberikan peningkatan signifikan dalam kualitas dan keselamatan mobil di Indonesia. 

Sebagai salah satu inovasi terkini, HSA adalah bukti konkret bagaimana teknologi otomotif terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin tinggi akan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Penerapan fitur ini tidak hanya meningkatkan performa kendaraan, tetapi juga meningkatkan standar keselamatan bagi semua pengguna jalan.

Apa Itu Hill Start Assist?

Hill Start Assist (HSA) merupakan fitur canggih pada mobil yang dirancang khusus untuk menjaga kendaraan tetap berhenti saat berada di tanjakan atau jalanan menanjak. Fitur ini sering disebut sebagai fitur anti-mundur yang bekerja secara otomatis untuk mengontrol pergerakan mobil saat mulai dari berhenti di tanjakan.

Ketika mobil berada di tanjakan, HSA akan mendeteksi pergerakan roda secara otomatis. Jika terjadi kecenderungan mobil bergulir mundur saat pengemudi melepaskan rem, HSA akan mengaktifkan rem secara otomatis untuk mencegah mobil bergerak mundur. 

Begitu pengemudi kembali menginjak gas, sistem ini akan melepaskan rem secara perlahan agar mobil dapat melanjutkan perjalanan dengan lancar dan aman. Manfaat utama dari Hill Start Assist adalah meningkatkan keselamatan berkendara, terutama saat menghadapi tanjakan atau kondisi jalan yang macet. 

Fitur ini juga sangat bermanfaat bagi pengemudi pemula yang belum terbiasa mengendalikan mobil di tanjakan. Dengan adanya HSA, pengemudi dapat mengatasi tantangan tanjakan dengan lebih percaya diri dan tanpa risiko mobil bergeser mundur secara tak terduga. 

Baca Juga: Rem ABS

Fungsi Hill Start Assist pada Mobil

HSA merupakan fitur pengereman yang dibuat untuk memberikan bantuan pada saat mobil berada di jalan nanjak ataupun di turunan. Fitur ini bekerja menahan kendaraan selama beberapa detik setelah pengemudi melepaskan pedal rem, memberikan waktu untuk beralih ke pedal gas.

Teknologi HSA ini sangat menguntungkan pengemudi saat melewati tanjakan curam atau kondisi jalan yang menurun tiba-tiba. Ketika mobil mulai bergeser mundur, HSA secara otomatis akan menerapkan rem untuk mencegahnya. Begitu pengemudi menginjak pedal gas, HSA akan melepaskan rem secara perlahan.

Selain itu, HSA juga memiliki manfaat lain yang sering tidak disadari, yaitu mengurangi tekanan pada komponen seperti rem tangan atau kopling pada mobil manual. Dengan menghindari gesekan dan tekanan yang berlebihan, HSA membantu memperpanjang umur pakai komponen-komponen ini.

Cara kerja Hill Start Assist

Hill Start Assist (HSA) adalah fitur modern yang dirancang untuk mencegah mobil bergeser mundur saat berada di tanjakan atau turunan, memungkinkan pengemudi untuk beralih dari pedal rem ke pedal gas dengan lebih aman dan lancar.

Fitur ini mengoperasikan dua sensor yang penting dalam sistemnya. Sensor pertama mendeteksi kemiringan tanjakan dengan membandingkan ketinggian bagian depan dan belakang mobil. Ketika sensor ini menentukan bahwa mobil berada di tanjakan, sistem akan aktif.

Sensor kedua bekerja untuk memonitor putaran roda. Informasi dari sensor ini digunakan untuk menentukan apakah mobil cenderung bergulir mundur saat pengemudi melepaskan rem. Jika sensor mendeteksi potensi mobil bergerak mundur, sistem akan secara otomatis mengaktifkan rem untuk mencegahnya.

Saat pengemudi menginjak pedal gas, Hill Start Assist akan melepaskan rem secara perlahan untuk memungkinkan mobil melanjutkan perjalanan tanpa kendala. Prosedur ini dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman, terutama saat menghadapi kondisi jalan yang menantang seperti tanjakan curam atau lalu lintas yang padat.

Mobil Dengan Fitur Hill Start-Assist

Pertanyaan mengenai mobil yang dilengkapi fitur HSA sering muncul, terutama setelah insiden mobil gagal menanjak yang viral. Fitur ini menjadi pertimbangan utama bagi banyak pengguna karena memberikan keamanan ekstra saat berkendara. Namun, tidak semua mobil dilengkapi fitur ini. Berikut beberapa mobil yang dilengkapi fitur HSA:

1. Mitsubishi Xpander 

Mitsubishi Xpander hadir dengan fitur HSA pada varian tertentu seperti Xpander Sport dan Ultimate. Fitur ini membantu pengemudi melanjutkan perjalanan dari posisi berhenti di tanjakan tanpa risiko mobil bergeser mundur.

2. Toyota Yaris 

Toyota Yaris juga dilengkapi fitur HSA, memastikan mobil tetap berada di posisi saat berhenti di tanjakan. Fitur ini tidak hanya meningkatkan keamanan, tetapi juga mempermudah pengemudi saat memulai kembali perjalanan.

3. Toyota Voxy

Toyota Voxy juga menyertakan HSA, membantu menjaga mobil tetap stabil saat berhenti di tanjakan. Fitur ini mengurangi risiko mobil bergeser mundur dan memberikan pengemudi lebih banyak kontrol saat berkendara di kondisi jalan menanjak.

4. Toyota Avanza Veloz

Avanza Veloz terbaru dari Toyota dilengkapi fitur HSA, menambahkan lapisan keamanan ekstra saat menghadapi tanjakan atau jalanan menanjak lainnya. Fitur ini merupakan bagian dari upaya Toyota untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna.

Selain mobil-mobil di atas, banyak mobil keluaran terbaru juga telah mengadopsi fitur HSA untuk meningkatkan pengalaman berkendara. Contoh lainnya termasuk Honda HR-V, BR-V, Mobilio, All New Toyota Rush, Chevrolet Trax, Spark, dan Mazda 2.

Dengan adanya fitur ini, pengemudi dapat lebih percaya diri saat menghadapi kondisi jalan menanjak, tanpa khawatir risiko mundur atau kehilangan kendali. Fitur ini tidak hanya mempermudah memulai kembali perjalanan, tetapi juga mengurangi potensi kecelakaan di jalan-jalan menantang seperti tanjakan curam atau jalur perkotaan yang padat.

Biaya Pasang Hill Start Assist 

Biaya pemasangan HSA di Indonesia sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan:

  1. Jenis Mobil: Merek, model, dan tahun mobil akan menentukan jenis HSA yang kompatibel dan biayanya. Mobil yang lebih baru dan lebih mahal cenderung memiliki sistem HSA yang lebih kompleks dan biaya pemasangannya bisa lebih tinggi.
  2. Bengkel: Biaya pemasangan HSA dapat berbeda signifikan antara bengkel resmi dan bengkel umum, bengkel resmi biasanya menawarkan biaya pemasangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bengkel independen.
  3. Lokasi: Biaya pemasangan HSA di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan di daerah-daerah lain di Indonesia.

Sebagai referensi umum, berikut perkiraan biaya pemasangan HSA di Indonesia:

  1. Biaya Pemasangan HSA Aftermarket: Rp 1.500.000 – Rp 5.000.000
  2. Biaya Pemasangan HSA Original (dari Dealer): Rp 3.000.000 – Rp 7.000.000

Perlu diingat bahwa biaya-biaya di atas bersifat perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada kondisi pasar dan kebijakan bengkel. Sebelum memutuskan untuk memasang HSA, disarankan untuk melakukan survei di beberapa bengkel untuk membandingkan harga dan layanan yang ditawarkan. 

Pastikan bengkel yang dipilih memiliki reputasi baik, terpercaya, dan memiliki mekanik yang berpengalaman dalam memasang sistem HSA untuk memastikan pemasangan yang berkualitas dan aman bagi mobil Anda.

Bagikan ke: