Home » Otomotif » 5 Jenis dan Kelebihan Mobil Travel Hiace Untuk Wisata

5 Jenis dan Kelebihan Mobil Travel Hiace Untuk Wisata

5 Jenis dan Kelebihan Mobil Travel Hiace Untuk Wisata

Mobil travel Hiace sering ditemui sebagai sarana angkutan penumpang komersial. Kendaraan ini umumnya dipilih sebagai opsi transportasi untuk perjalanan travel, baik itu untuk keperluan wisata maupun disewa sebagai minibus charter.

Sebelum munculnya mobil travel Hiace, armada travel antar kota biasanya menggunakan Isuzu Elf. Hiace hadir dalam dua varian utama, yaitu Commuter dan Premio. Varian Premio biasanya memiliki harga jual yang lebih tinggi, sehingga sering menjadi pilihan utama untuk angkutan travel kelas eksekutif.

Toyota berupaya menarik perhatian pasar kendaraan penumpang komersial dengan memperkenalkan Hiace Commuter. Dimensi Hiace Commuter adalah 5.380 mm (panjang), 1.880 mm (lebar), dan 2.285 mm (tinggi). Sementara itu, Hiace Premio memiliki dimensi panjang 5.915 mm, lebar 1.950 mm, dan tinggi 2.280 mm.

Kedua varian ini mampu mengangkut 15 penumpang, namun desain yang lebih panjang pada Hiace Premio memberikan ruang kaki yang lebih luas.

Apa saja keunggulan dan kelemahan mobil travel Hiace Commuter yang membuatnya menjadi pilihan utama sebagai armada travel Jakarta Bandung? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

Kelebihan Mobil Travel Hiace Untuk ke Luar Kota

Bila Anda tertarik bepergian ke luar kota menggunakan mobil travel, maka tidak ada salahnya menggunakan mobil travel Hiace commuter karena memiliki beberapa kelebihan:

1. Kabin yang Luas untuk Travel ke Luar Kota

Fitur Setara Low MPV untuk Kegiatan Travel

Kabin yang Luas untuk Travel ke Luar Kota (Kompas Otomotif)

Alasan utama banyak pengusaha angkutan beralih menggunakan mobil travel Hiace adalah karena tingkat kenyamanan yang lebih unggul. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa memiliki dasar sebagai kendaraan penumpang, berbeda dengan Isuzu Elf yang semula adalah kendaraan barang yang kemudian diubah menjadi minibus untuk mengangkut penumpang.

Mobil travel Hiace Commuter mampu menampung hingga 15 orang dalam satu perjalanan. Tidak mengherankan jika kendaraan ini sangat cocok digunakan untuk travel ataupun sebagai kendaraan charter wisata.

Dalam konfigurasi seatnya, baris pertama dapat ditempati oleh satu penumpang dan satu pengemudi. Sementara itu, baris kedua, ketiga, dan keempat masing-masing dapat diisi oleh tiga penumpang. Baris kelima dilengkapi dengan seat yang dapat menampung empat penumpang sekaligus.

Kelebihan ini tentunya menjadi pertimbangan penting ketika harus mengangkut banyak penumpang namun tetap memperhatikan fleksibilitas kendaraan untuk menyesuaikan dengan jalur-jalur yang tidak terlalu lebar.

Baca Juga: Hiace 15 Seat

2. Fitur Setara Low MPV untuk Kegiatan Travel

Fitur Setara Low MPV untuk Kegiatan Travel

Fitur Setara Low MPV untuk Kegiatan Travel (Homecare24)

Fitur-fitur yang dimiliki oleh mobil travel Hiace Commuter membuatnya menjadi pilihan yang sesuai untuk kendaraan angkutan penumpang dalam jarak menengah. Terdapat peningkatan fitur yang sebanding dengan low MPV, seperti New Parking Sensor dan penambahan 4 port USB Charging.

Mobil travel Hiace Commuter dilengkapi dengan head unit AVX 6″ touchscreen yang mendukung berbagai format seperti Bluetooth, AUX, USB, AM/FM, DVD/CD, bahkan memiliki konektivitas iPod. Beberapa Hiace juga dilengkapi dengan roof monitor untuk hiburan penumpang di bagian belakang.

Seat mobil travel Hiace memiliki desain yang empuk dan nyaman, karena langsung diproduksi oleh pabrikan Toyota. Selain kenyamanan tempat duduk, kabin Hiace dilengkapi dengan berbagai fitur mirip mobil pribadi.

Hiace Commuter dilengkapi dengan AC multi blower yang terpasang di plafon untuk penumpang dari baris kedua hingga kelima. Selain itu, kabin juga memiliki banyak kompartemen yang berguna untuk menyimpan barang-barang kecil dan botol minuman.

Dalam hal keselamatan, Hiace Commuter dilengkapi dengan 3-Points Seat Belt di seluruh seat, Dual SRS Airbags, serta rem ABS+BA dengan piringan cakram di roda depan sebagai fitur keselamatan.

Baca Juga: Hiace 14 Seat

3. Mesin Mirip Kijang Innova

Mesin Mirip Kijang Innova

Mesin Mirip Kijang Innova (GridOto.com)

Mobil travel Hiace Commuter menyajikan opsi mesin diesel 2KD-FTV turbocharged berkapasitas 2.494 cc dengan konfigurasi 4-silinder segaris dan 16 katup DOHC D-4D commonrail yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 PS @3.600 rpm dan torsi maksimum hingga 259 Nm @1.600-2.400 rpm.

Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan yang menggerakkan roda belakang. Perlu diketahui bahwa mesin 2,5 liter yang digunakan oleh Hiace Commuter telah terbukti andal dalam penggunaannya pada model-model seperti Kijang Innova dan Toyota Fortuner sebelumnya.

Hal ini menunjukkan bahwa mesin diesel tersebut telah teruji kehandalannya dan memberikan kenyamanan saat digunakan dalam mobil penumpang. Itulah beberapa kelebihan mobil travel ini untuk dijadikan kendaraan jalan-jalan ke luar kota.

Baca Juga: Hiace 20 Seat

Jenis Mobil Travel Hiace Untuk ke Luar Kota

Seperti yang kita ketahui, mobil travel adalah salah satu jenis kendaraan yang mampu menampung banyak penumpang. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah berapa kapasitas penumpang dari mobil travel Hiace tersebut, terutama karena ada berbagai tipe yang tersedia saat ini.

1. Mobil Travel Hiace Premio

Mobil Travel Hiace Premio Luxury

Travel Premio Luxury (jogjahiace.com)

Tipe mobil travel Hiace pertama yang akan kita bahas adalah tipe Hiace Premio. Terdapat dua kapasitas yang tersedia untuk mobil ini, yaitu yang mampu menampung sekitar 11 seat, dan ada juga yang mampu menampung sekitar 14 seat.

Terdapat beberapa keunggulan yang akan Anda rasakan ketika menggunakan tipe mobil travel ini. Di antaranya adalah fitur kenyamanan tambahan bagi penumpang, serta keberadaan fitur multimedia membuat perjalanan semakin nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: Kapasitas Hiace

2. Mobil Travel Hiace Premio Luxury

Mobil Travel Hiace Premio Luxury

Travel Premio Luxury (Sakamurti Tour Travel)

Meskipun kapasitas penumpang mobil travel Hiace yang ditawarkan oleh tipe ini tergolong sedikit, hanya sekitar 9 seat, namun jangan sepelekan fasilitas dan kenyamanannya. Ada banyak fitur yang ditawarkan pada tipe ini.

Dengan 9 seat yang tersedia, terdiri dari 3 seat di bagian belakang, 2 seat di bagian depan, dan satu tempat untuk sopir serta satu penumpang di bagian depan.

Baca Juga: Hiace 10 Seat

3. Mobil Travel Hiace Commuter

Mobil Travel Hiace Commuter

Travel Commuter

Mobil travel Hiace berikutnya adalah mobil travel Commuter, dengan jumlah seat sekitar 14. Ini merupakan pilihan mobil dengan kapasitas besar yang patut dipertimbangkan, terutama saat Anda membawa banyak penumpang.

Meskipun jumlah seat yang ditawarkan besar, bukan berarti tingkat kenyamanan penumpang berkurang. Kenyamanan tetap terjaga dengan hadirnya Rear Ceiling AC di sepanjang atap mobil. Selain itu, jarak antar seat penumpang juga luas, memberikan ruang gerak yang cukup untuk para penumpang.

4. Mobil Travel Hiace New Luxury

Mobil Travel Hiace New Luxury

Travel New Luxury (Tirto.id)

Hampir mirip dengan mobil travel Hiace Premio Luxury, jumlah seat yang tersedia pada tipe ini juga sekitar 9. Sistem penataan seat penumpang pun sama. Namun, yang membedakan adalah fasilitas yang disediakan oleh tipe ini. Mulai dari adanya tempat penyimpanan seperti tempat minuman di penyangga tangan untuk penumpang, dan fitur-fitur lainnya.

5. Mobil Travel Hiace Grand Luxury

Mobil Travel Hiace Grand Luxury

Travel Grand Luxury (GridOto.com)

Dengan total seat sekitar 10, fasilitas dan layanan yang diberikan oleh tipe ini terasa cukup nyaman. Perbedaan antara tipe ini dengan yang memiliki sekitar 9 seat adalah jumlah seat yang tersedia di bagian belakang dan depan.

Jika pada mobil travel Hiace 9 seat, di bagian belakang hanya akan ada 3 seat, maka pada tipe ini akan ada 4 seat di bagian tersebut. Begitu juga dengan seat kedua dari belakang, jika pada mobil travel Hiace dengan 9 seat, hanya akan ada 2 seat yang ditempatkan di samping kiri dan kanan, pada tipe ini akan ada 3 seat. Dua di sisi kiri dan satu di sisi kanan.

Sewa Mobil Travel Hiace Terjangkau di SkycityTrans

Setelah menelusuri beragam jenis dan keunggulan yang dimiliki oleh mobil travel Hiace, Anda pasti semakin yakin akan kehandalan dan kenyamanannya sebagai pilihan kendaraan untuk perjalanan Anda. Namun, untuk menjadikan pengalaman perjalanan Anda lebih memuaskan, Anda membutuhkan layanan sewa Hiace yang dapat diandalkan.

Skycity Trans adalah solusi terbaik untuk kebutuhan sewa Hiace Anda di Jakarta. Dengan armada mobil travel Hiace yang terawat dengan baik dan sopir yang profesional, Skycity Trans akan memastikan Anda mendapatkan pengalaman perjalanan yang sempurna dan tanpa khawatir.

Bersama Skycity Trans, Anda dapat menikmati perjalanan dengan mobil travel Hiace tanpa harus khawatir tentang kendala transportasi. Kami mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan kepuasan pelanggan dalam setiap perjalanan.

Dengan layanan sewa Hiace Jakarta kami, Anda akan mendapatkan pengalaman berkendara yang lancar dan menyenangkan, serta dapat fokus sepenuhnya pada tujuan perjalanan Anda.

Bagikan ke: