Home » Otomotif » Medium Bus: Kapasitas, Spesifikasi, dan Harganya

Medium Bus: Kapasitas, Spesifikasi, dan Harganya

Medium Bus: Kapasitas, Spesifikasi, dan Harganya

Medium Bus atau lebih dikenal bus 3/4, merupakan pilihan tepat untuk perjalanan kelompok yang menginginkan keseimbangan antara kemampuan dan kenyamanan. Biasanya ukuran lebih besar daripada bus kecil tapi lebih kecil dari bus besar, bus ini mudah dalam bergerak di jalanan atau manuver yang mudah.

Desain kompak namun tetap mampu menampung sejumlah penumpang, cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan transportasi, mulai dari wisata kelompok, perjalanan bisnis, hingga kegiatan sekolah. Kehadiran bus medium ini memberikan fleksibilitas dalam memenuhi kebutuhan transportasi tanpa harus kehilangan kenyamanan selama perjalanan.

Tentang Medium Bus

Medium bus adalah jenis kendaraan transportasi umum yang memiliki ukuran ideal dan kapasitas penumpang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dalam kota maupun perjalanan jarak menengah. Desain nyaman dan fungsional, sering digunakan sebagai sarana shuttle untuk keperluan komersial atau pariwisata.

Dibandingkan bus besar yang mungkin terlalu besar untuk beberapa rute dalam kota, memberikan fleksibilitas lebih baik dalam manuver di jalan-jalan perkotaan yang sempit. Kapasitas penumpang yang menengah, cocok untuk perjalanan kelompok kecil atau sedang yang ingin berkeliling kota dengan mudah. 

Tidak hanya itu, medium bus juga sering menjadi pilihan tepat untuk perjalanan bisnis atau kunjungan wisata karena dapat memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam perjalanan. Dengan medium bus, Anda dapat menikmati perjalanan tanpa harus khawatir tentang kemacetan lalu lintas atau keterbatasan ruang parkir.

Baca Juga: L300 Minibus

Kapasitas Medium Bus

Kapasitas medium bus ini bervariasi tergantung pada konfigurasi interior atau desain kendaraan. Medium bus merupakan pilihan ideal untuk mengangkut antara 25 hingga 40 penumpang. Dengan fitur kursi dapat dilipat atau diatur ulang, memberikan fleksibilitas tambahan dalam pengaturan ruang kabin sesuai dengan kebutuhan penumpang.

Desain ergonomis dan dilengkapi fasilitas modern, seperti AC, sistem hiburan, dan koneksi internet, perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, bus ini biasanya juga dilengkapi berbagai macam fitur keselamatan canggih, seperti rem ABS dan airbag, untuk menjaga keamanan selama perjalanan.

Spesifikasi Medium Bus

Spesifikasi medium bus mencakup berbagai aspek yang penting untuk memastikan pengalaman perjalanan yang optimal bagi penumpang. Dari dimensi kendaraan yang sesuai, mesin yang handal, hingga fitur keselamatan dan kenyamanan yang lengkap, setiap detail dirancang dengan teliti.

Tidak hanya sekadar alat transportasi, tapi juga menjadi ruang yang menyediakan keseimbangan antara kapasitas penumpang, efisiensi bahan bakar, dan kenyamanan perjalanan. Desainnya didasarkan pada pemikiran yang matang untuk memenuhi kebutuhan penumpang dengan baik.

Tidak hanya itu, teknologi yang digunakan juga terus berkembang untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik. Mulai dari sistem suspensi yang nyaman hingga fitur-fitur canggih seperti AC, sistem audio, dan aksesibilitas yang memudahkan penumpang.

Keunggulan Medium Bus Dibandingkan Bus Besar

Medium bus, biasanya dikenal bus 3/4, merupakan jenis yang memiliki ukuran lebih besar dari bus kecil biasa, namun lebih kecil daripada bus besar. Panjang bus medium ini umumnya antara 6 meter hingga 10 meter. 

Karena ukuran lebih kecil, medium bus memiliki kelebihan dalam manuverabilitas lebih baik daripada bus-bus besar lainnya. Dapat cepat berbelok atau lebih lincah, sehingga mengurangi risiko terjebak macet atau terlambat sampai ke tujuan. 

Bus ini juga dapat lebih fleksibel memilih rute perjalanan yang akan dilalui. Ukuran tidak terlalu besar, bus ini bisa muat masuk ke jalan kecil yang mungkin tidak bisa diakses bus besar. Dibandingkan bus besar yang memiliki bobot lebih berat, mampu menghemat konsumsi bahan bakar secara signifikan. 

Dengan jumlah penumpang yang tidak terlalu banyak, anggota grup dapat lebih mudah berinteraksi satu sama lain dana membangun kedekatan yang lebih erat selama perjalanan. Pilihan transportasi lengkap dengan berbagai fasilitas seperti AC, audio video, toilet, dan bagasi kabin.

Harga Medium Bus Berdasarkan Jenisnya 

Medium bus hadir dengan beragam jenis dengan fitur dan harga yang bervariasi. Dibawah ini terdapat beberapa jenis medium bus umum di Indonesia: 

1. Medium Bus non AC

Medium bus non AC adalah pilihan tepat untuk perjalanan singkat atau budget terbatas. Harga berkisar antara Rp 300 juta hingga Rp 500 juta, bus ini biasanya dilengkapi kursi standar, kipas angin, dan lampu penerangan. 

2. Medium Bus AC 

Bus medium dengan fitur AC adalah pilihan ideal untuk perjalanan dengan harga berkisar antara Rp 500 juta hingga Rp 700 juta, bus ini dilengkapi AC yang akan membuat perjalanan Anda lebih segar dan nyaman. Selain itu, kursi standar atau reclining seat juga disediakan untuk memberikan kenyamanan ekstra selama perjalanan jauh.

3. Medium Bus VIP 

Medium Bus VIP adalah pilihan perjalanan, untuk keperluan bisnis ataupun wisata. Harga mulai dari Rp 700 juta hingga Rp 1 miliar, bus ini menawarkan interior mewah dan nyaman. Dilengkapi kursi reclining seat yang dapat disesuaikan, leg rest, AC yang dingin, sistem audio video, bahkan toilet pribadi. Cocok untuk perjalanan jarak jauh atau perjalanan kelompok, bus ini akan menjadi teman setia Anda dalam setiap petualangan.

4. Medium Bus Executive

Bus Medium Eksekutif menawarkan pengalaman perjalanan mewah dan nyaman dengan harga mulai dari Rp 1 miliar ke atas. Dengan fitur kursi reclining yang luas dan nyaman, leg rest, AC, audio video, toilet, dan mini bar, bus ini cocok untuk perjalanan jarak jauh yang membutuhkan kenyamanan ekstra.

Harga yang disebutkan hanya perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada merk, tahun, kondisi, dan lokasi pembelian. Dengan Bus Medium Eksekutif, Anda dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan tanpa harus khawatir tentang kenyamanan.

Temukan Kenyamanan Menggunakan Layanan Sewa Hiace di Skycity Trans

Setelah membaca artikel informatif tentang medium bus, Anda mungkin ingin mempertimbangkan layanan sewa Hiace Jakarta dari Skycity Trans untuk memenuhi kebutuhan perjalanan Anda. Skycity Trans menyediakan armada Hiace yang modern dan terawat dengan baik, cocok untuk berbagai keperluan seperti perjalanan wisata, acara keluarga, atau kegiatan perusahaan. 

Dengan layanan profesional dan harga yang kompetitif, Skycity Trans memastikan Anda mendapatkan pengalaman perjalanan yang nyaman dan aman di sepanjang perjalanan Anda di Jakarta dan sekitarnya. Jangan ragu untuk menjelajahi opsi layanan kami dan hubungi Skycity Trans sekarang untuk informasi lebih lanjut serta pemesanan. Nikmati kebebasan berpergian tanpa khawatir dengan layanan sewa Hiace yang handal dari Skycity Trans!

Bagikan ke: