Home » Otomotif » Big Bus Pariwisata: Kapasitas, Spesifikasi, dan Harganya

Big Bus Pariwisata: Kapasitas, Spesifikasi, dan Harganya

Big Bus Pariwisata: Kapasitas, Spesifikasi, dan Harganya

Selain kenyamanan dan keamanan, big bus pariwisata menawarkan efisiensi biaya dan ramah lingkungan. Dapat mengangkut lebih banyak penumpang dalam satu kendaraan, emisi karbon per penumpang menjadi lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan beberapa kendaraan kecil. 

Ini tidak hanya membantu dalam mengurangi jejak karbon, tetapi juga memberikan penghematan signifikan dalam hal bahan bakar dan biaya operasional. Simak artikel dibawah ini sampai selesai jika ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai big bus pariwisata. 

Tentang Big Bus Pariwisata

Big bus pariwisata merupakan kendaraan yang dirancang untuk mengangkut penumpang dalam jumlah besar dengan kenyamanan dan efisiensi tinggi. Bus ini menjadi pilihan ideal untuk berbagai kebutuhan transportasi, seperti perjalanan wisata, acara perusahaan, kegiatan sekolah, hingga transportasi antar kota. 

Kemampuannya membawa banyak penumpang sekaligus membuat bus ini menjadi solusi praktis dan ekonomis, terutama ketika dibandingkan dengan menggunakan beberapa kendaraan kecil. Selain kapasitasnya yang besar, juga dilengkapi berbagai fasilitas dan fitur canggih, dari kursi yang ergonomis dan dapat direbahkan, sistem pendingin udara, hingga fasilitas hiburan dan konektivitas.

Baca Juga: Medium Bus

Kapasitas Big Bus Pariwisata

Big bus pariwisata memiliki kapasitas luas untuk menampung sekitar 50 hingga 60 penumpang. Beberapa varian bus besar yang lebih mewah dapat menawarkan tempat duduk beragam, konfigurasi yang lebih lapang dan nyaman untuk perjalanan jarak jauh. 

Kapasitas yang besar memastikan kenyamanan dan efisiensi dalam perjalanan, serta memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan bagi para penumpang. Ruangnya tentu lebih luas, hingga penumpang bisa lebih nyaman selama perjalanan jauh, tanpa perlu risau kekurangan ruang atau kenyamanan.

Selain itu, big bus pariwisata juga memberikan keuntungan ekonomis, karena biaya per penumpang dapat dibagi rata di antara semua anggota rombongan. Hal ini membuat big bus pariwisata menjadi pilihan yang tepat untuk perjalanan kelompok, acara wisata, atau kegiatan lain yang melibatkan banyak orang.

Spesifikasi Big Bus Pariwisata

Big bus pariwisata merupakan kendaraan yang dirancang khusus untuk mengangkut penumpang dalam jumlah besar dengan tingkat kenyamanan dan keamanan yang optimal. Dimensi panjang sekitar 12 hingga 15 meter, lebar sekitar 2,5 meter, dan tinggi antara 3 hingga 4 meter, mampu menampung antara 50 hingga 60 penumpang.

Dibekali mesin diesel turbocharged berkapasitas 7.000 cc hingga 12.000 cc, memiliki tenaga sebesar 250 hingga 450 hp dan torsi mencapai 1.000 hingga 1.800 Nm. Sistem transmisinya dapat berupa manual atau otomatis dengan 6 hingga 8 percepatan, memberikan performa yang handal.

Sistem suspensi pneumatic dan power steering membuat perjalanan terasa nyaman dan mudah dikendalikan. Fasilitas interior yang disediakan pun tak kalah mewah, mulai dari kursi ergonomis yang dapat direbahkan, sistem pendingin udara terpusat, hingga toilet di dalam bus.

Fitur keselamatan seperti sabuk pengaman, sistem pengereman ABS, EBD, dan brake assist, serta emergency exit menjadikannya pilihan transportasi yang aman dan nyaman bagi penumpang. Dengan lampu LED, cermin samping elektrik, dan fitur-fitur modern lainnya, big bus pariwisata tidak hanya memprioritaskan kenyamanan, tetapi juga keselamatan penumpang.

Keuntungan Menggunakan Big Bus Pariwisata

Ketika merencanakan perjalanan dengan rombongan besar, big bus pariwisata adalah pilihan populer untuk berbagai jenis perjalanan, seperti wisata, acara perusahaan, atau kegiatan sekolah. Berikut adalah beberapa alasan mengapa big bus pariwisata menjadi pilihan unggulan untuk kebutuhan perjalanan Anda: 

1. Kapasitas Penumpang Besar

Salah satu keunggulan utama adalah kapasitas penumpangnya besar, kemampuan menampung hingga 50-60 penumpang, menjadi pilihan ideal untuk perjalanan kelompok besar. Adanya big bus pariwisata, seluruh rombongan dapat bepergian bersama-sama tanpa perlu memikirkan penggunaan beberapa kendaraan yang berbeda. 

Bus ini juga dilengkapi bagasi yang luas untuk tempat penyimpanan. Dengan fasilitas ini, semua barang bawaan penumpang dapat disimpan dengan rapi dan aman selama perjalanan. Tidak perlu risau lagi mengenai masalah kekurangan ruang untuk membawa barang bawaan penting selama perjalanan.

2. Kenyamanan dan Fasilitas Lengkap

Big bus pariwisata modern menawarkan kenyamanan dan fasilitas lengkap untuk memastikan pengalaman perjalanan bagi penumpangnya. Kursi ergonomis yang dapat direbahkan, sistem pendingin udara yang menyegarkan, serta hiburan di dalam bus seperti TV dan audio system.

Selain itu, beberapa juga dilengkapi fasilitas tambahan yang membuat perjalanan semakin praktis. Mulai dari toilet bersih dan nyaman, Wi-Fi yang dapat diakses oleh semua penumpang, hingga colokan listrik untuk mengisi daya perangkat elektronik, semua telah dipersiapkan dengan baik untuk kebutuhan penumpang selama perjalanan jarak jauh.

3. Keamanan Terjamin

Keamanan merupakan aspek yang tidak boleh diabaikan dalam setiap perjalanan, terutama ketika menggunakan bus ini. Fitur keselamatan lengkap seperti sabuk pengaman di setiap kursi, sistem pengereman canggih, dan alat pemadam kebakaran, memberikan jaminan keamanan yang tinggi bagi penumpangnya.

Operator bus yang profesional selalu memastikan bahwa kendaraan selalu dalam kondisi prima melalui perawatan rutin dan pemeriksaan keselamatan secara berkala. Penumpang dapat merasa tenang dan yakin bahwa mereka berada dalam perjalanan yang aman dan nyaman.

4. Efisiensi Biaya

Mungkin pada awalnya akan terlihat mahal, sewa big bus pariwisata dapat menjadi pilihan lebih efisien untuk perjalanan kelompok besar. Mempertimbangkan total biaya perjalanan, bus ini menawarkan penghematan yang signifikan dibandingkan dengan menyewa beberapa kendaraan kecil.

Keuntungan utama menggunakan big bus pariwisata adalah penghematan bahan bakar dan biaya tol yang dapat diakumulasikan ketika digunakan oleh sekelompok orang. Selain itu, menggunakan big bus pariwisata juga dapat mengurangi kebutuhan akan tempat parkir yang besar dan menghindari biaya tambahan yang mungkin timbul dari penggunaan kendaraan pribadi.

5. Ramah Lingkungan

Penggunaan big bus pariwisata menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan. Mengurangi jumlah kendaraan yang digunakan untuk mengangkut rombongan besar, emisi karbon yang dihasilkan juga dapat berkurang secara signifikan. Hal ini tidak hanya membantu menghemat biaya, tetapi juga turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan.

Perbedaan Big Bus Pariwisata dan Medium Bus

Big Bus pariwisata dan Medium Bus memiliki perbedaan signifikan dalam hal kapasitas, ukuran, dan penggunaan. Big Bus pariwisata biasanya memiliki kapasitas lebih besar, mampu menampung hingga 50-60 penumpang, dilengkapi fasilitas lengkap seperti AC, toilet, dan sistem hiburan, sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh, wisata, dan transportasi acara besar seperti konferensi atau pernikahan.

Sebaliknya, Medium Bus memiliki kapasitas lebih kecil, biasanya sekitar 25-35 penumpang. Ukurannya lebih kecil membuatnya lebih fleksibel untuk perjalanan dalam kota atau rute yang lebih sempit. Biasanya dilengkapi fasilitas dasar seperti AC dan sistem audio, tetapi mungkin tidak memiliki toilet atau fasilitas hiburan yang lebih canggih.

Harga Sewa Big Bus Pariwisata

Harga sewa biasanya beragam tergantung banyak faktor seperti lamanya sewa, jarak tempuh, fasilitas yang disediakan, dan lokasi penyewaan. Secara umum, harga sewa di Indonesia bisa berkisar antara Rp 2.500.000 hingga Rp 5.000.000 per hari untuk penggunaan dalam kota. 

Untuk perjalanan jarak jauh atau penggunaan khusus, harga dapat meningkat dan mungkin dikenakan biaya tambahan seperti bahan bakar, tol, dan akomodasi pengemudi. Pastikan untuk melakukan riset dan membandingkan beberapa penyedia layanan sewa bus untuk mendapatkan penawaran terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Nikmati Perjalanan dengan Sewa Hiace di Skycity Trans

Setelah membaca tentang kenyamanan dan kemudahan bepergian dengan big bus pariwisata, bayangkan pengalaman serupa dengan layanan sewa Hiace Jakarta dari Skycity Trans. Kami menyediakan armada Hiace terbaru yang dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi Anda dan rombongan. 

Dengan interior yang luas dan fitur-fitur modern, perjalanan Anda akan menjadi lebih menyenangkan dan bebas stres, baik untuk keperluan bisnis, wisata, maupun acara keluarga. Tidak perlu bingung mencari transportasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Skycity Trans siap memberikan solusi transportasi terbaik dengan layanan sewa Hiace yang profesional dan terpercaya. Hubungi kami sekarang dan rasakan sendiri perbedaan kualitas perjalanan bersama Skycity Trans!

Bagikan ke: