Logo Skycitytrans

Tebet Eco Park: Lokasi dan Aktifitas yang Bisa Dilakukan Disana

Tebet Eco Park, sebuah taman kota di wilayah Jakarta Selatan, telah meraih popularitas di kalangan masyarakat. Sebelumnya dikenal sebagai Taman Tebet, ruang terbuka hijau ini telah mengalami revitalisasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan lembaga terkait. Tujuan dari revitalisasi ini adalah untuk meningkatkan aspek rekreasi dan ekologis taman, sambil juga menambahkan dimensi edukasi dan sosial.

Sebelumnya, Taman Tebet terbagi menjadi dua bagian, yakni Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Namun, kini kedua area tersebut telah digabungkan menjadi satu taman terpadu yang luasnya mencapai 7,3 hektare, dilengkapi dengan Infinity Link Bridge yang menghubungkannya.

Proses revitalisasi mencakup transformasi rawa menjadi kolam retensi, konservasi tanaman, dan program penanaman kembali, serta restorasi sungai yang dilakukan untuk meningkatkan fungsi ekologis dan keindahan lingkungan.

tebet eco park

Setelah melalui proses revitalisasi, Tebet Eco Park sekarang terbagi menjadi delapan zona yang mencakup Infinity Link Bridge, Community Garden, Children Playground, Community Lawn, Forest Buffer, Plaza, Thematic Garden, dan Wetland Boardwalk.

Sekarang, Taman ini telah menjadi salah satu destinasi rekreasi yang populer di antara penduduk Jakarta dan sekitarnya. Bahkan, beberapa menyebutnya sebagai tempat penyembuhan baru di wilayah Jakarta Selatan.

Tidak hanya itu, akses ke taman kota ini sepenuhnya gratis, menjadikannya semakin menarik bagi masyarakat untuk mengunjungi dan bermain di Tebet Eco Park.

Namun, bagi mereka yang ingin mengunjungi taman ini, diperlukan pendaftaran online melalui aplikasi JAKI yang tersedia di App Store dan Google Play Store.

Setelah mengunduh aplikasi, pengunjung dapat mendaftarkan diri dan melakukan reservasi untuk kunjungan ke Tebet Eco Park, dengan menentukan waktu, sesi kunjungan, dan jumlah pengunjung.

Perlu dicatat bahwa akses kunjungan ke Tebet Eco Park dibatasi hingga sekitar 4.000 orang per sesi per hari pada hari Senin hingga Jumat, dan 5.000 orang per sesi per hari pada hari Sabtu dan Minggu.

Di sisi lain, Tebet Eco Park memiliki akses transportasi yang mudah dijangkau. Berbagai pilihan transportasi umum seperti MRT, KRL, dan Transjakarta tersedia untuk menuju taman ini. Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan sepeda, bajaj, motor, atau mobil pribadi untuk mencapai destinasi ini.

Lokasi Tebet Eco Park

tebet eco park

Tebet Eco Park berlokasi di Jalan Tebet Barat Raya RT 1/RW 10, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12820. Untuk informasi lebih lanjut tentang taman ini, dapat menghubungi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta melalui email distama@jakarta.go.id atau melalui telepon di nomor (021) 532-8454.

Selain itu, informasi juga dapat diperoleh dengan mengunjungi situs resmi Tebet Eco Park di tebetecopark.id atau mengikuti akun Instagram @tebetecopark.

Taman ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu, dengan jam operasional terbagi menjadi dua sesi kunjungan, yaitu:

– Sesi 1 dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB
– Sesi 2 dari pukul 13.00 hingga 18.00 WIB

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

tebet eco park

Berikut beberapa kegiatan yang dapat dinikmati di Tebet Eco Park.

1. Menikmati Udara Segar
Pengunjung dapat menikmati udara segar di Tebet Eco Park, baik dengan duduk santai maupun berjalan-jalan di berbagai area taman. Zona-zona seperti Community Garden, Community Lawn, Plaza, dan Thematic Garden cocok untuk duduk, sementara Infinity Link Bridge, Forest Buffer, dan Wetland Boardwalk menyediakan tempat untuk berjalan-jalan.

2. Belajar Tentang Alam
Pengunjung yang tertarik dengan alam dapat belajar tentang berbagai jenis vegetasi yang ada di Tebet Eco Park. Taman ini memiliki beragam tanaman seperti Pohon Kupu-kupu, Yang Liu, Khaya, Leda, Kapuk, Mahoni, Ketapang, Bodhi Mindi, Bungur Ungu, Tabebuya, Trembesi, dan Pulai, serta bunga-bunga seperti Bunga Spathodea dan Bunga Tanjung yang tersebar di seluruh area taman.

3. Aktivitas Lari
Infinity Link Bridge dan Forest Buffer merupakan tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas lari. Pengunjung dapat memilih waktu pagi atau sore yang udaranya lebih segar untuk berolahraga ini.

4. Olahraga
Taman ini dilengkapi dengan fasilitas Outdoor Fitness untuk sesi olahraga. Selain itu, pengunjung dapat melakukan yoga, meditasi, atau olahraga ringan lainnya di taman ini.

5. Bermain dengan Anak-Anak
Area Children Playground menyediakan berbagai fasilitas bermain seperti panjat tebing, perosotan, dan ayunan untuk anak-anak. Community Lawn juga merupakan tempat yang cocok bagi anak-anak untuk berlarian dan bermain bersama.

6. Piknik
Pengunjung dapat menikmati piknik bersama keluarga atau teman-teman di Community Lawn atau area terbuka lainnya di Tebet Eco Park.

7. Menikmati Keindahan Malam
Pada malam hari, lampu-lampu di taman ini memberikan suasana yang indah. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar area taman atau mengabadikan momen dengan berswafoto di malam hari.

Peraturan di Tebet Eco Park

Pengunjung diharapkan mematuhi sejumlah aturan yang berlaku, yaitu:

1. Menyimpan sampah pada tempatnya.
2. Berlindung di shelter ketika hujan.
3. Menggunakan sepeda dengan cara dituntun saja.
4. Tidak diperkenankan berteduh di bawah pohon.
5. Tidak diizinkan untuk mengonsumsi minuman beralkohol.
6. Memberi makan ikan hanya dengan menggunakan makanan yang telah disediakan oleh pengurus taman.
7. Tidak diperbolehkan merokok di dalam area taman.
8. Tidak diizinkan membawa hewan peliharaan.
9. Tidak diperbolehkan berenang di sungai.
10. Saat terjadi banjir atau situasi darurat, segera menuju titik kumpul.
11. Tidak diperbolehkan melakukan vandalisme.
12. Hati-hati terhadap ranting yang mungkin jatuh.
13. Selalu menjaga dan merawat semua fasilitas dan area taman.
14. Menjaga etika dan kesopanan serta menghindari perilaku yang tidak pantas selama berada di taman.
15. Taman ini dijaga dan diawasi selama 24 jam.
16. Dilarang melompat dari jembatan Infinity Link Bridge.

Itulah penjelasan yang bisa kami sajikan mengenai Tebet Eco Park, semoga bisa menjadi salah satu referensi Anda untuk berwisata atau hanya sekedar healing sejenak. Jika Anda ingin menikmati pesona keindahan Jakarta lainnya, sewa Hiace saja di Skycity Trans!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Skycitytrans
Halo
Hubungi kami lewat sini yaa...