Home » Wisata » 10 Rekomendasi Taman di Jakarta yang Instagramable

10 Rekomendasi Taman di Jakarta yang Instagramable

10 Rekomendasi Taman di Jakarta yang Instagramable

Ada anggapan bahwa Jakarta kurang memiliki taman karena banyaknya gedung pencakar langit. Namun kenyataannya, sekarang Jakarta memiliki banyak taman terbuka hijau yang dapat dikunjungi tanpa dipungut biaya.

Selain memiliki spot-spot yang Instagramable, taman-taman di Jakarta juga dilengkapi dengan fasilitas yang baik. Oleh karena itu, Anda dapat mengajak keluarga, bahkan anak-anak, untuk menikmati keindahan taman-taman di Jakarta.

Taman di Jakarta yang Instagramable

Berikut ini Skycity Trans bagikan rekomendasi taman di Jakarta yang bagus dan Instagramable, cocok untuk piknik.

1. Taman Menteng

Rekomendasi Taman di Jakarta yang pertama adalah Taman Menteng yang terletak di Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti taman bermain untuk anak-anak, lapangan futsal, dan lapangan basket.

Di dalam taman ini, terdapat 44 sumur resapan yang membantu penyerapan air hujan ke dalam tanah. Fasilitas lainnya termasuk toilet, musala, area parkir, track jogging, dan gedung serba guna rumah kaca yang menjadi ikon utama taman ini.

Baca Juga: Tempat Wisata Jakarta yang Instagramable

2. Taman Suropati

Kemudian taman di Jakarta selanjutnya adalah Taman Suropati yang terletak di Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat ini dikelilingi oleh berbagai pohon dan tanaman yang tertata dengan indah, menciptakan suasana yang teduh, sejuk, dan segar. Di tengah taman terdapat kolam air mancur yang cukup besar.

Fasilitas yang tersedia di taman ini meliputi toilet, gazebo, dan bangku-bangku taman, serta jalan setapak di sekeliling area taman untuk jogging atau berjalan santai.

Namun, taman ini tidak memiliki lahan parkir khusus atau musala, sehingga pengunjung bisa memarkir kendaraan mereka di area parkir Masjid Sunda Kelapa yang terletak di seberang taman.

3. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang terletak di Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng ini sebagian besar terdiri dari danau. Selain berfungsi sebagai tempat memancing, danau ini juga berperan sebagai penyejuk alami.

Di sekitar danau, terdapat berbagai pepohonan rimbun yang menambah kesejukan bagi pengunjung. Taman ini juga dilengkapi dengan musala, toilet, tempat sampah, dan bangku taman yang tersebar di seluruh area.

4. Taman Literasi Martha Tiahahu

Taman Literasi Martha Tiahahu terletak di Jl. Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan adalah taman yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang gemar membaca.

Di taman ini, tersedia perpustakaan lengkap dengan fasilitas seperti meja, sofa, karpet, bean bag, Wi-Fi, dan colokan. Selain itu, area Plaza Anak di taman ini menawarkan berbagai wahana yang menarik untuk anak-anak bermain.

5. Tebet Eco Park

Tebet Eco Park  terletak di Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan merupakan sebuah taman di Jakarta yang mengusung konsep berbasis empat nilai, yaitu ekologi, edukasi, interaksi, dan rekreasi.

Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti bermain di water playground, melakukan piknik di area barbeque, atau membawa hewan peliharaan ke pet park. Untuk anak-anak, tersedia zona children playground dengan beragam arena permainan.

6. Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK  yang terletak Jl. Jenderal Sudirman, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat adalah taman yang ideal bagi mereka yang ingin melakukan piknik  di Jakarta.

Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan duduk santai di atas hamparan rumput hijau sambil menikmati pemandangan gedung-gedung pencakar langit. Selain itu, tersedia juga jalur jogging yang dapat digunakan secara bebas untuk olahraga.

7. Taman Sambas Asri

Salah satu taman di Jakarta yang terletak di Jl. Panglima Polim, RT.2/RW.5, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan ini sangat menarik di Jakarta.

Keunikan tempat ini terletak pada adanya gundukan rumput yang menyerupai bukit Teletubbies. Di samping itu, tersedia berbagai permainan untuk anak-anak, serta lapangan futsal dan jalur jogging yang dapat dinikmati.

8. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki yang terletak di Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat bukan hanya sekadar sebuah taman, tetapi juga merupakan kompleks pusat seni dan budaya. Di sini, terdapat banyak pameran seni rupa, pertunjukan teater, film, musik, dan pembacaan puisi yang diadakan secara berkala.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati wisata astronomi dengan menonton keindahan rasi bintang di Planetarium. Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi Perpustakaan Jakarta yang memiliki desain estetis dan modern di lantai empat.

9. Taman Kalijodo

Taman Kalijodo terletak di Jl. Pangeran Tubagus Angke Blok Siaga No.4, RT.4/RW.5, Angke, Tambora, Jakarta Barat, bersebelahan dengan Sungai Krendang. S

elain berfungsi sebagai ruang terbuka hijau, taman ini menawarkan berbagai fasilitas seperti area BMX dan skateboard, area bermain anak, spot foto dengan monumen kecil dari Jerman, serta mural.

Setiap akhir pekan, taman ini menyelenggarakan bazar yang menjual pakaian, makanan, dan minuman. Selain itu, terdapat juga perpustakaan umum dan ruang belajar di dekat lapangan bermain.

10. Taman Ayodya

Rekomendasi taman di Jakarta yang terakhir adalah taman Ayodya yang terletak di Jl. Lamandau III No.RT.4, RT.4/RW.7, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kolam tersebut dihiasi dengan tanaman teratai dan lampu dekoratif berbentuk gurita serta air mancur. Fasilitas yang tersedia di Taman Ayodya meliputi jalur pijakan atau track jogging, kursi, gazebo, pendopo, dan toilet.

Itulah sebagian rekomendasi taman yang Instagramable di Jakarta, yang cocok dijadikan destinasi wisata akhir pekan. Untuk bisa menikmati pesona keindahan Jakarta lainnya, Anda bisa sewa Hiace di Skycity Trans.

Bagikan ke: