Home » Otomotif » Ambulance Hiace: Laris Manis dan Langganan Modifikasi

Ambulance Hiace: Laris Manis dan Langganan Modifikasi

Ambulance Hiace: Laris Manis dan Langganan Modifikasi

Ambulance Hiace yang populer selama pandemi COVID-19 juga dikenal karena modifikasinya yang menarik dengan berbagai tema dan desain. Toyota Hiace, sebagai minivan premium dari Toyota, meraih keuntungan dari situasi pandemi dengan peningkatan penjualan yang signifikan. Sebagai kendaraan komersial berkapasitas besar, Hiace mudah dimodifikasi untuk berbagai keperluan.

Spesifikasi Ambulance Hiace

Toyota Hiace adalah mobil buatan Jepang ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada akhir 2012, dengan target utama perusahaan travel. Namun, mobil ini juga sangat cocok dijadikan ambulance karena kapasitasnya yang luas untuk menampung banyak perlengkapan medis dan rescue.

Selain itu, mesin diesel 2500 cc yang tangguh dan suspensi yang nyaman membuat Toyota Hiace menjadi pilihan yang populer untuk armada ambulans. Seiring waktu, penggunaan Toyota Hiace sebagai ambulans semakin meluas.

Baik instansi pemerintah maupun perusahaan swasta mulai banyak yang menggunakan Toyota Hiace sebagai armada ambulance mereka. Ambulance Hiace kini tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.

Selama pandemi COVID-19, permintaan untuk mobil ini meningkat tidak hanya sebagai ambulans tetapi juga sebagai kendaraan Mobile Lab PCR. Kendaraan ini digunakan untuk melakukan tes PCR dari satu tempat ke tempat lain sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

Terdapat beberapa tipe spesifikasi untuk ambulance Hiace, termasuk Ambulance Emergency, Ambulance Deluxe, Ambulance Standart, Ambulance Standart1, Ambulance Ekonomi, dan Mobil Jenazah.

Ambulance Hiace Transportasi

Ambulance Deluxe, Standart, Standart1, dan Ekonomi adalah tipe ambulans transportasi. Fungsi utamanya adalah memindahkan pasien dari satu tempat ke tempat lain tanpa perlu melakukan tindakan medis di dalam ambulance Hiace. Ambulance transportasi tidak dilengkapi dengan perlengkapan medis untuk tindakan medis darurat.

Ambulance Hiace Darurat

Ambulance Emergency adalah tipe ambulans yang lebih canggih dengan peralatan medis yang lebih lengkap, memungkinkan untuk melakukan tindakan medis di dalam ambulance Hiace. Biasanya dilengkapi dengan monitor pasien, AED, dan bahkan ventilator portabel.

Ambulance Hiace: Penjualan yang Melonjak

Meskipun industri otomotif terpuruk sejak awal pandemi COVID-19, Toyota justru meraih keuntungan dari situasi ini. Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), menyatakan bahwa permintaan tinggi untuk ambulans HiAce didorong oleh kebutuhan rumah sakit.

Anton menjelaskan bahwa penjualan kendaraan komersial menurun drastis pada bulan April hingga Mei, tetapi meningkat pada bulan Juli dan Juni. Pada bulan September, Hiace mencatatkan 800 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), naik dari rata-rata bulanan sebesar 300 unit.

Seperti pabrikan lainnya, Toyota melihat peningkatan penjualan melalui strategi daring. Penjualan online sangat membantu selama pandemi. Anton menyebutkan bahwa enam kali Virtual Expo yang diadakan tahun ini menghasilkan 3.759 unit pemesanan.

Tidak hanya Hiace, kendaraan komersial lainnya seperti Toyota Hilux Double Cabin juga mengalami peningkatan penjualan pada akhir tahun. Pada bulan September 2020, Hilux mencatat 460 SPK, jauh melebihi target Toyota yang sebesar 300 unit. 

Baca Juga: Perbedaan Minibus Hiace dan Isuzu Elf

Beragam Modifikasi Mobil Ambulance Hiace

Ambulance Hiace menawarkan berbagai pilihan modifikasi, tidak hanya terbatas pada satu model. Beberapa pengguna menambahkan kursi di dalam kabin untuk meningkatkan kapasitas penumpang, sejalan dengan reputasi kendaraan ini sebagai kendaraan mewah. 

Untuk penggunaan praktis, modifikasi tertentu dapat membuat Hiace lebih mewah dengan tambahan fitur dan perubahan pada tampilan eksterior serta interior. Misalnya, penambahan bodi kit seperti spoiler depan, side skirt, dan bumper belakang. Velg baru berlapis chrome juga memberikan tampilan elegan di jalan.

Modifikasi interior juga menarik perhatian, seperti penambahan layar belakang untuk hiburan, kursi yang lebih nyaman dengan tambahan captain seat atau jok bergaya sporty, serta sistem audio yang lebih besar di bagasi belakang.

Lampu depan LED running dapat meningkatkan penampilan elegan, sementara penambahan air suspension pada kaki-kaki mobil membuat perjalanan lebih nyaman, terutama dengan ground clearance yang hanya 195 mm.

Bukan hanya untuk kebutuhan pribadi atau ambulance, PT Transjakarta juga memperkenalkan angkutan umum Mikrotrans menggunakan Hiace, yang diklaim lebih nyaman. Layanan ini dilengkapi dengan AC untuk hingga 15 penumpang, TV widescreen, CCTV dengan empat kamera, running text, dan APAR.

Di luar negeri, Toyota dan Softbank meluncurkan versi mewah bernama Monet, yang dimodifikasi untuk mengurangi penyebaran virus corona dengan menyediakan sirkulasi udara dari luar ke dalam kabin. Interior dilengkapi layar dan tirai untuk membatasi penularan virus, serta dapat digunakan sebagai kantor berjalan.

Hiace Premio yang Baru

Di Indonesia, sebelumnya hanya ada satu model Toyota Hiace yang dijual, yaitu Toyota Hiace Commuter generasi kelima yang diperkenalkan sejak 2004. Namun, pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, Toyota Astra Motor memperkenalkan model baru, Hiace Premio, yang dijual bersama Hiace Commuter.

Perbedaan utama antara kedua model ini adalah kesan mewah yang ditampilkan oleh Hiace Premio. Meski demikian, varian Premio tidak memiliki kursi bergaya Captain Seat. Dashboard Hiace Premio menggunakan tema dual tone, meskipun masih didominasi oleh material plastik. Toyota menyatakan bahwa Premio dapat mengangkut hingga 12 penumpang.

Fitur hiburan dalam kabin Premio tidak sebanyak kendaraan penumpang lainnya. Tidak ada head unit layar sentuh atau lampu ambient. Namun, pengemudi dilengkapi dengan Supplemental Mirror untuk memperluas pandangan serta kemudi tilt & telescopic. Penumpang depan memiliki overhead tray dengan ruang penyimpanan.

Berbagai fitur keselamatan, baik aktif maupun pasif, disematkan pada mobil ini, termasuk Vehicle Stability Control (VSC) untuk meningkatkan pengereman selektif pada roda, Hill Start Assist (HAS), dan Anti-lock Braking System (ABS).

Hiace Premio terbaru dilengkapi dengan mesin 1GD-FTV 4-silinder yang menghasilkan tenaga hingga 156 PS dan torsi maksimum 420 Nm, lebih besar 158 Nm dibandingkan model Commuter. Dilengkapi dengan teknologi Intelligent Manual Transmission untuk kontrol lebih baik dan mengurangi kebisingan kabin. Sayangnya, varian Premio hanya tersedia dengan transmisi manual.

Saat ini, ada dua varian yang ditawarkan di Indonesia. Varian terendah, Hiace Commuter Manual, dibanderol mulai Rp 512 jutaan, sementara Hiace Premio 2.8 M/T sebagai varian tertinggi dijual mulai Rp 549 jutaan.

Bagikan ke: