Home » Otomotif » 8 Rekomendasi Mobil Travel dan Harganya Untuk Liburan

8 Rekomendasi Mobil Travel dan Harganya Untuk Liburan

Mobil Travel: Kemudahan dan Kenyamanan dalam Perjalanan

Perkembangan industri transportasi di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat dalam beberapa dekade terakhir, salah satunya popularitas mobil travel yang semakin meningkat. Mobil travel, juga dikenal sebagai mobil pariwisata, telah menjadi pilihan utama bagi banyak orang yang ingin melakukan perjalanan antar kota dengan kenyamanan dan kemudahan.

Mobil travel menawarkan berbagai keunggulan, seperti fleksibilitas dalam memilih jadwal perjalanan, kenyamanan selama perjalanan, serta fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan penumpang. Artikel ini akan membahas lengkap mengenai mobil travel, mulai dari definisi, keunggulan, rekomendasi, hingga tips memilih layanan mobil travel yang tepat.

Tentang Mobil Travel

Mobil travel merupakan kendaraan yang didesain khusus untuk mengangkut sejumlah penumpang dalam skala kecil hingga menengah, umumnya antara 7 hingga 15 orang. Kendaraan ini sering digunakan untuk perjalanan jarak menengah hingga jauh, baik untuk tujuan wisata, bisnis, maupun kebutuhan pribadi. 

Dibandingkan moda transportasi umum lainnya seperti bus atau kereta api, mobil travel menawarkan kelebihan dalam hal fleksibilitas dan privasi. Penumpang dapat menentukan sendiri rute perjalanan sesuai kebutuhan mereka tanpa harus terikat dengan jadwal yang telah ditentukan. Selain itu, ruang yang lebih terbatas pada mobil travel juga memberikan suasana lebih intim dan eksklusif bagi para penumpang.

Baca Juga: Mobil yang Muat 10 Orang

Rekomendasi Mobil Travel Beserta Harganya

Beragam pilihan mobil travel tersedia dengan berbagai fitur menarik. Beberapa mobil unggul dalam kapasitas penumpang, sementara yang lain menonjolkan kemewahan interiornya.

1. Toyota Hiace Commuter

Toyota Hiace Commuter adalah pilihan ideal untuk mobil travel dengan kapasitas hingga 16 penumpang. Desain interior yang dirancang secara ergonomis, mobil ini dilengkapi 1 jok pengemudi serta 15 jok penumpang yang terbagi. Baris kedua hingga kelima memiliki tiga jok, sementara baris kelima dilengkapi dengan empat jok untuk kenyamanan maksimal.

Tidak hanya itu, Toyota Hiace Commuter juga dilengkapi berbagai fitur modern seperti AC, pemanas udara, ventilasi AC belakang, power outlet, lampu baca, cup holder, serta head rest di setiap kursi. Fitur keselamatan seperti airbag serta seatbelt juga sudah terpasang lengkap demi keamanan semua penumpang. Harga mobil ini biasanya Rp500 juta ke atas.

2. Daihatsu Gran Max Mini Bus

Daihatsu Gran Max Mini Bus, kemampuannya menampung hingga 11 orang, mobil travel ini tidak hanya nyaman tetapi juga praktis untuk perjalanan jarak jauh. Dilengkapi suspensi tipe per keong serta ground clearance yang tinggi, Gran Max memberikan pengalaman berkendara lebih mulus dan stabil di berbagai medan. 

Harga mobil biasanya berkisar Rp200 juta. Dengan desain luas serta fungsional, penumpang dapat menikmati perjalanan dengan santai tanpa merasa sesak. Selain itu, fitur-fitur tambahan seperti AC, sistem audio, serta kursi yang ergonomis turut menambah kenyamanan selama perjalanan.

3. Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio, memiliki ruang bagasi yang luas, Anda dapat mudah menyimpan semua barang bawaan tanpa perlu khawatir tentang kekurangan tempat. Kapasitas tempat duduknya mencakup 8 orang juga memastikan bahwa seluruh rombongan dapat bepergian bersama dengan nyaman. Harga mobil ini biasanya berkisar Rp199 juta.

Mobil ini juga dilengkapi berbagai fitur mulai dari sistem AC yang dapat menjaga suhu dalam mobil tetap nyaman hingga sistem audio yang memberikan kualitas suara jernih serta memukau. Mesin yang bertenaga juga menjamin performa mobil handal serta responsif saat digunakan.

4. Hyundai New H-1

Hyundai New H-1 memiliki tiga varian menarik: Elegance, XG, serta Royale. Setiap varian memiliki keunggulan masing-masing, mulai dari kapasitas penumpang hingga fitur-fitur yang disediakan. Elegance menawarkan daya angkut hingga 12 orang termasuk sopir, sementara XG hadir dengan konfigurasi 9 seater yang cocok untuk perjalanan bersama keluarga atau teman-teman. 

Kedua varian ini juga dilengkapi kursi baris kedua yang dapat diputar ke belakang. Sementara itu, Royale menawarkan 8 seater dengan baris kedua captain seat elegan serta nyaman. Semua varian dilengkapi jok kulit, glove box dengan pendingin, USB port pada pilar C, dual power outlet, serta head unit 1 DIN layar sentuh untuk menjamin kesenangan selama perjalanan. Harga mobil biasanya berkisar Rp431 juta.

5. Isuzu Elf Microbus

Mobil travel Isuzu Elf NLR Microbus menawarkan kapasitas angkut luas serta nyaman bagi hingga 20 penumpang. Panjang mencapai 6,1 meter, kendaraan ini memberikan ruang cukup untuk perjalanan jarak jauh dengan kenyamanan optimal. Fitur-fitur keamanan disematkan pada mobil travel ini juga tidak kalah menarik. 

Dilengkapi exhaust brake yang membantu pengereman secara maksimal, penumpang dapat merasa aman selama perjalanan. Selain itu, adanya power steering juga memberikan kemudahan dalam mengemudi, sehingga pengemudi dapat menjaga kontrol kendaraan dengan lebih baik. Kisaran harga mobil sekitar Rp300 juta ke atas.

6. Suzuki APV

Mobil travel Suzuki APV, cocok untuk perjalanan bersama keluarga atau teman-teman karena kapasitas penumpang hingga 8 orang, mobil ini menawarkan kenyamanan serta ruang cukup untuk semua penumpang. Fitur-fitur unggulan seperti AC double blower, console box, serta captain seat. Harga mobil travel ini biasanya antara Rp160 juta – 210 juta.

Suzuki APV juga dilengkapi air intake tinggi, mencapai ketinggian 101 cm dari ground. Hal ini membuat mobil lebih aman saat melewati genangan air, sehingga dapat menjelajahi berbagai medan tanpa khawatir. Mesin type G15A berkapasitas 1.500 cc memberikan tenaga ekstra saat melintasi tanjakan, sementara tetap irit bahan bakar sesuai klaim Suzuki.

7. Nissan Elgrand

Nissan Elgrand, mobil travel keluarga atau rombongan besar. Desain interior canggih, mobil ini memberikan kesan lapang serta lega bagi pengguna. Kapasitas hingga 8 orang, Nissan Elgrand dilengkapi fitur-fitur modern seperti AC yang dingin, jok yang dapat dilipat untuk fleksibilitas ruang, airbag untuk keamanan, alarm untuk perlindungan ekstra, dan sistem pengereman yang kuat untuk keamanan dalam berkendara.

Salah satu fitur unggulan dari Nissan Elgrand adalah desain lampu utama yang telah dikombinasikan dengan LED signature pada bagian atas headlamp, memberikan tampilan elegan serta modern. Kombinasi fitur-fitur lengkap dan desain menarik, Nissan Elgrand tidak hanya memberikan kenyamanan bagi penumpang, namun juga memberikan kesan profesional serta eksklusif bagi pengguna. Harga biasanya berkisar Rp300 juta.

8. Toyota Alphard

Toyota Alphard adalah pilihan mobil travel untuk perjalanan jauh bersama keluarga, kabin yang luas dan dilengkapi dengan fitur-fitur mewah seperti AC, captain seat, airbag, alarm & remote, monitor LCD, dan jok yang bisa dilipat, Toyota Alphard memberikan kenyamanan dan keamanan yang tak tertandingi.

Mobil ini juga memiliki pencahayaan interior yang eksklusif dan penyimpanan kursi depan yang ekstra, menambah nilai estetika dan fungsionalitas mobil ini. Desain elegan dan performa handal, Toyota Alphard menjadi pilihan tepat untuk perjalanan bersama keluarga. Harga biasanya berkisar Rp1,23 – 1,66 Miliar.

Jenis-jenis Mobil Travel

Mobil travel tersedia dalam berbagai jenis, tergantung pada kebutuhan dan preferensi penumpang, berikut berbagai jenis mobil travel tersebut antara lain:

  1. MPV (Multi-Purpose Vehicle), cocok untuk perjalanan keluarga atau rombongan kecil dengan kapasitas 7 hingga 8 penumpang
  2. Hiace, dapat menampung hingga 15 penumpang, ideal untuk rombongan lebih besar, serta dilengkapi fasilitas lengkap seperti kursi dan ruang bagasi luas.
  3. Van, pilihan lebih sederhana namun tetap nyaman, sering digunakan untuk perjalanan bisnis atau wisata, kapasitas antara 10 hingga 12 penumpang, 

Dengan berbagai pilihan mobil travel, penumpang dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan jumlah orang akan ikut serta. Dari perjalanan keluarga hingga rombongan besar, mobil travel dapat menjadi solusi transportasi efisien dan nyaman. 

Layanan Mobil Travel di Indonesia

Di Indonesia, berbagai penyedia layanan mobil travel tersedia di hampir semua kota besar dan destinasi wisata. Dibawah ini beberapa penyedia layanan mobil travel yang terkenal:

  1. Traveloka: Salah satu platform pemesanan online terkemuka, menyediakan berbagai opsi mobil travel dengan harga kompetif serta layanan terbaik
  2. Go-Car: Sebagai layanan ride-hailing terkemuka, juga menawarkan opsi perjalanan jarak jauh dengan kenyamanan dan kemudahan dalam memesan melalui aplikasi.
  3. DayTrans: Penyedia layanan transportasi dengan jaringan luas dan menyediakan bermacam pilihan travel untuk perjalanan antar kota di Jawa dan Bali.
  4. Cititrans: Fokus perjalanan pada wilayah Jabodetabek dan Bandung, dikenal dengan pelayanan profesional dan armada terawat dengan baik.

Nikmati Perjalanan dengan Sewa Hiace Jakarta dari Skycity Trans

Setelah membaca artikel tentang mobil travel, Anda pasti sudah memahami pentingnya kenyamanan dan keamanan dalam setiap perjalanan. Jika Anda sedang merencanakan liburan keluarga, perjalanan bisnis, atau wisata bersama teman-teman, jangan ragu memilih layanan terbaik yang bisa memberikan Anda pengalaman berkendara tak terlupakan. 

Sewa Hiace Jakarta dari Skycity Trans menawarkan armada Toyota Hiace modern yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas premium, mulai dari AC, kursi ergonomis, hingga sistem hiburan canggih. Skycity Trans siap mengantar Anda ke berbagai destinasi dengan sopir profesional yang berpengalaman, menjamin perjalanan Anda aman dan menyenangkan. 

Dengan kapasitas luas dan kenyamanan maksimal, Hiace kami adalah pilihan ideal untuk perjalanan berkelompok. Hubungi Skycity Trans sekarang juga dan nikmati kemudahan sewa Hiace secara praktis dan terjangkau untuk setiap kebutuhan perjalanan Anda di Jakarta.

Bagikan ke: