Home » Otomotif » Hiace Pick Up Modifikasi, Alternatif Pick Up Rp 20 Jutaan

Hiace Pick Up Modifikasi, Alternatif Pick Up Rp 20 Jutaan

Hiace Pick Up Modifikasi, Alternatif Pick Up Rp 20 Jutaan

Meskipun populasinya tidak banyak, Toyota Hiace Pick Up modifikasi cocok bagi Anda yang ingin memperindah model yang sayangnya sudah tidak lagi diproduksi ini.

Toyota Hiace Pick Up modifikasi memang jarang terlihat di jalanan saat ini. Terlebih lagi, mobil ini merupakan model klasik yang sudah lama tidak diproduksi lagi. Oleh karena itu, suku cadangnya pun tidak mudah ditemukan.

Namun, jika Anda masih memiliki model pick up yang tangguh ini, ada beberapa desain modifikasi yang mungkin bisa Anda terapkan pada mobil ini. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda.

Spesifikasi Hiace Pick Up

Hiace Pick Up yang dipasarkan di Indonesia merupakan generasi kedua global yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1977. Di Jepang, mobil ini diproduksi hingga pertengahan 90-an, ketika Toyota telah merilis generasi keempat pada tahun 1989. Model yang ada di Indonesia berkisar antara tahun 80-an hingga awal 90-an.

Ciri khas generasi kedua adalah lampu depan bulat yang cukup besar, dilengkapi dengan logo Hiace pada pintu, tepat di bagian bawah spion samping. Tampilan depannya tidak jauh berbeda dengan model Commuter yang juga diperkenalkan pada tahun yang sama.

Model yang dibawa ke Indonesia menggunakan mesin diesel berkapasitas 2,2 liter yang terbukti tangguh untuk angkutan maupun penggunaan sehari-hari. Ciri khas Toyota Hiace Pick Up adalah penggunaan transmisi 4-percepatan, bukan 5-percepatan seperti yang ditemukan pada model terbaru Toyota Hiace.

Mobil ini bersaing dengan Mitsubishi L 300, Suzuki Carry, dan Daihatsu Zebra, yang semuanya sudah lama ada di pasar otomotif Indonesia. Untuk harganya, mobil-mobil ini berada di kisaran Rp 20 jutaan.

Baca Juga: Campervan Hiace

Modifikasi Toyota Hiace Pick Up

Mobil ini memang sudah lama tidak mengalami pembaruan. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat para penggemar Hiace Pick Up untuk memberikan sentuhan baru demi ‘memperbarui’ tampilan mobil ini. Hiace Pick Up modifikasi banyak ditemukan, terutama di daerah Jawa Tengah di mana mobil ini masih sering terlihat.

1. Velg baru

Hiace Pick Up standar sayangnya hanya menggunakan velg kaleng yang sudah ketinggalan zaman. Selain itu, velg kaleng memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan velg lainnya, sehingga berpotensi membuat konsumsi bahan bakar lebih besar. Oleh karena itu, beberapa pengguna Hiace memberikan kesan racing dengan menggunakan velg baru.

Seperti halnya Suzuki Carry dan Mitsubishi L 300, membuat bodi mobil menjadi lebih rendah sering dilakukan oleh pengguna truk pick up. Ini dapat membuat mobil terlihat lebih menarik, mirip dengan mobil sport pada umumnya. Tentunya modifikasi ini membutuhkan perhitungan lebih karena Hiace pada dasarnya adalah sebuah pick up komersial.

2. Interior berbalut kulit

Ruang kabin Toyota Hiace Pick Up dapat menampung hingga tiga orang dewasa. Dengan bagian dalam yang masih menggunakan pelapis kulit sintetis, perhatikan apakah jok yang digunakan sudah cukup nyaman untuk perjalanan harian. Untuk meningkatkan kenyamanan, mengganti jok dengan yang lebih empuk bisa dilakukan.

Begitu pula dengan setir dua palang yang menjadi ciri khas mobil ini. Bahkan Toyota Hiace Premio terbaru masih belum dilengkapi dengan tombol multi fungsi. Demi kenyamanan berkendara dan tampilan yang lebih estetik, Anda bisa menambahkan pelapis kulit yang sewarna dengan interior pada setir mobil.

Untuk melengkapi balutan kulit pada mobil ini, Anda bisa memasang headliner dan pelapis dashboard untuk tampilan yang lebih premium, mengingat interior Toyota Hiace Pick Up masih menggunakan material plastik keras. Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan pelapis kulit pada bagian pintu dalam.

3. Tambahan AC dan fitur lainnya

Salah satu kekurangan mobil ini adalah absennya AC serta beberapa fitur standar lainnya pada Hiace Pick Up. Memasang AC di dalam mobil bisa menjadi modifikasi penting untuk meningkatkan kenyamanan selama berada di dalam kabin.

Mengingat mobil ini masih menggunakan model lama, fitur yang ditawarkan tentunya lebih sederhana dibandingkan pick up terbaru. Peningkatan pada sistem kelistrikan bisa dilakukan dengan mengganti lampu dengan LED, atau menambahkan head unit untuk sistem infotainment yang lebih baik sebagai teman perjalanan.

Harga Toyota Hiace Pick Up

Hiace Pick Up memang jarang ditemukan di pasar mobil bekas. Mengingat mobil ini sudah tidak lagi diproduksi dan sebagian besar populasinya sudah menua. Namun, pick up ini masih bisa Anda temukan di berbagai situs mobil bekas di Indonesia dengan kondisi yang bervariasi.

Karena usianya yang tidak muda, harga Toyota Hiace Pick Up berkisar antara Rp 15 jutaan hingga Rp 30 jutaan. Meskipun banyak Hiace Pick Up yang dimodifikasi, masih banyak pengguna yang mempertahankan kondisi aslinya.

Dengan perawatan yang baik, Hiace original memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan Hiace Pick Up modifikasi. Bahkan, tak jarang pemiliknya enggan menjual mobil ini meskipun ditawar dengan harga tinggi.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil ini, perhatikan komponen apa saja yang mungkin perlu diganti. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, suku cadang mobil ini sudah sulit ditemukan di Indonesia dan tidak diproduksi lagi. Namun, Anda bisa mencari suku cadang alternatif yang mungkin cocok untuk Hiace Pick Up modifikasi Anda.

Bagikan ke: