Home » Wisata » Wisata ke Blok M: Pesona Budaya dan Kuliner Jakarta

Wisata ke Blok M: Pesona Budaya dan Kuliner Jakarta

Wisata ke Blok M: Pesona Budaya dan Kuliner Jakarta

Blok M, terletak di bagian selatan Jakarta, adalah salah satu destinasi menarik bagi penduduk setempat maupun wisatawan yang menginginkan hiburan, kuliner, dan pengalaman berbelanja yang beragam.

Terkenal dengan berbagai kegiatan yang ditawarkannya, menghabiskan waktu di kawasan ini dapat menjadi pilihan menarik untuk liburan akhir pekan. Berikut adalah sejarah dan beberapa saran aktivitas yang dapat Anda nikmati di Blok M!

Sejarah Blok M

Warga Jakarta pasti sudah sangat familiar dengan Blok M, sebuah area di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang populer sebagai tempat gaul anak muda.

Kawasan ini menawarkan tempat-tempat Instagramable, pusat perbelanjaan, wisata kuliner, dan hiburan bernuansa Jepang, menjadikannya daya tarik utama bagi para remaja Ibu Kota.

Sejarah mencatat bahwa kawasan ini telah lama menjadi pusat gaya hidup warga Jakarta. Pada masa kolonial Belanda, pemerintah melakukan pembenahan wilayah Batavia.

Sejarawan Asep Kambali menyebutkan bahwa pada tahun 1940, kawasan selatan Jakarta dibangun sebagai kota satelit. Pembangunan ini kemudian dilanjutkan oleh Presiden Soekarno setelah kemerdekaan.

Jalan penghubung yang kini dikenal sebagai Jalan Sudirman-Thamrin dibuat berdasarkan konsep ini. Kota satelit tersebut dibagi menjadi beberapa blok, dari Blok A hingga Blok S, dengan Blok M menjadi sentra bisnis, perbelanjaan, dan terminal dalam kota.

Pada era 80-an dan 90-an, Blok M sudah menjadi tempat nongkrong anak muda metropolitan. Mal-mal seperti Pasaraya, Melawai, Blok M Mal, dan Pasar Mayestik berdiri berdekatan, menjadi tempat para remaja, terutama pelajar SMA, untuk bersantai, mencari hiburan, belanja, atau bahkan mencari cinta.

Zaenuddin HM dalam bukunya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe” yang diterbitkan tahun 2012, mencatat bahwa banyak ABG nongkrong di Blok M dari sore hingga malam.

Popularitas Blok M juga diabadikan dalam film “Blok M” karya Helmy Yahya yang dibintangi oleh Deasy Ratnasari dan Paramitha Rusady.

Selain anak muda, kawasan ini juga dikenal dengan komunitas orang Jepang. Di sekitar Jalan Melawai banyak terdapat restoran Jepang dan penginapan untuk ekspatriat Jepang. Namun, saat Aldiron Plaza berubah menjadi Blok M Square, banyak orang Jepang yang pindah.

Para pemilik kedai Jepang lalu mendirikan pusat hiburan malam dan karaoke khusus untuk orang Jepang, serta panti pijat dan klub malam bernuansa Jepang. Sampai sekarang, kawasan Melawai dikenal sebagai “Little Tokyo” dan tiap tahun mengadakan festival seni dan kuliner Jepang bernama Eniichisai.

Pamornya kawasan ini tetap bertahan hingga kini, dengan akses yang semakin mudah sehingga banyak orang berkunjung. Salah satu tempat baru yang menarik perhatian adalah M Bloc Space, yang diresmikan pada 26 September 2019.

M Bloc Space menawarkan tempat nongkrong bernuansa retro, dilengkapi dengan panggung live music, kafe-kafe hits, dan tempat berburu piringan hitam.

Baca Juga: Pasar Baru Jakarta

Aktifitas Menarik yang Bisa Dilakukan 

Belanja di Blok M Square

Blok M Square merupakan pusat perbelanjaan yang menyediakan berbagai jenis toko, mulai dari pakaian dan sepatu hingga perangkat elektronik. Di sini, Anda bisa menemukan barang-barang mode terkini atau mencari souvenir yang unik.

Selain itu, saat berkunjung ke Blok M Square, jangan lewatkan food court-nya yang menyajikan aneka hidangan lezat yang akan memanjakan lidah Anda.

Cari Barang Unik di Pasaraya Grande

Pasaraya Grande merupakan sebuah destinasi menarik yang berupa pusat perbelanjaan yang menawarkan beragam produk, mulai dari pakaian hingga perhiasan dan peralatan rumah tangga. Di sini, Anda akan menemukan barang-barang unik yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain.

Bersantai di Taman Ayodya

Anda dapat menikmati momen ketenangan dari kesibukan kota dengan mengunjungi Taman Ayodya, sebuah taman kota kecil yang menawan.

Taman ini menjadi tempat yang ideal untuk bersantai, membaca, atau hanya menikmati cuaca yang menyenangkan. Lokasinya masih berada di daerah yang sama dengan Blok M, tepatnya di Jalan Lamandau III, Kebayoran Baru.

Seru-seruan di Little Tokyo

Salah satu destinasi menarik di Jakarta yang menawarkan suasana dan pengalaman yang khas Jepang. Begitu Anda memasuki area ini, Anda akan merasa seolah-olah Anda telah berjalan langsung di jalan-jalan kecil Tokyo.

Saat mengunjungi Blok M, terutama Little Tokyo, Anda akan menemukan beragam restoran, kafe, dan toko-toko yang menawarkan hidangan autentik Jepang dan barang-barang khas Jepang. Mulai dari ramen lezat hingga sushi segar, serta berbagai produk unik yang bisa Anda temui di toko-toko kecil tersebut.

M Bloc Space

Selain sebagai pusat seni dan kreativitas, M Bloc Space juga menyediakan berbagai pilihan tempat makan dan kafe yang menarik. Hal ini menjadikannya destinasi yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama teman sambil menikmati suasana unik dan mencicipi ragam kuliner lezat.

Jika Anda beruntung, ketika berkunjung ke sini, Anda juga dapat berburu spot foto, karena di bagian belakang M Bloc Space terdapat banyak spot yang estetis.

Kuliner Malam yang Menggoda

Ketika berjalan-jalan di kawasan ini, Anda seharusnya menjelajahi pengalaman kuliner malamnya. Anda dapat menikmati berbagai hidangan lezat di kedai-kedai makanan jalanan atau restoran tradisional. Pastikan untuk mencoba hidangan khasnya, yaitu gulai tikungan atau yang sering disebut gultik Blok M.

Nama “gultik Blok M” diambil dari lokasi penjualannya yang berada di tikungan Plaza Blok M. Yang istimewa, gultik ini telah ada sejak tahun 1980-an. Ketika Anda mencicipi hidangan ini, pasti Anda akan ingin menambah porsi karena rasanya yang memikat.

Itulah informasi mengenai Blok M yang bisa kami sajikan. Semoga informasi ini menambah keseruan wisata Anda di Jakarta! Untuk menikmati pesona keindahan Jakarta lainnya, yukk sewa Hiace di Skycity Trans!

Bagikan ke: