Home » Wisata » 5 Kuliner Setu Babakan dan Kegiatan Wisata Menariknya

5 Kuliner Setu Babakan dan Kegiatan Wisata Menariknya

5 Kuliner Setu Babakan dan Kegiatan Wisata Menariknya

Setu Babakan adalah destinasi wisata yang bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Betawi kepada pengunjung, terutama bagi keluarga dengan anak-anak. Berdasarkan informasi dari situs resmi Setu Babakan Betawi, tempat ini merupakan area yang didedikasikan untuk memelihara dan mengembangkan warisan budaya Betawi.

Salah satu hal menariknya, tempat ini meraih penghargaan juara pertama dalam kategori CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Sejak penghargaan tersebut, Desa Wisata Kampung Betawi Setu Babakan menjadi sorotan masyarakat.

Desa wisata ini terletak di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Harga tiket masuknya terjangkau, berkisar antara Rp2.000 hingga Rp5.000, sehingga cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak. Mari kita simak lebih lanjut tentang pesona Desa Wisata Kampung Betawi Setu Babakan di sini!

Daya Tarik Kampung Betawi Setu Babakan

Kampung Budaya Situ Babakan

Kampung Budaya Situ Babakan

Menurut informasi dari Jejaring Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, salah satu daya tarik utama dari Desa Wisata Kampung Betawi adalah atraksi wisata airnya, seperti perahu naga, sepeda air, dan kegiatan memancing.

Namun, tidak hanya itu saja, Anda, masih ada berbagai kegiatan lain yang dapat Anda nikmati di sini. Bahkan, beberapa kegiatan mungkin tidak tersedia di tempat wisata lain. Desa Wisata Kampung Betawi Setu Babakan dibagi menjadi dua zona utama:

1. Zona A atau Zona Statis

Museum Betawi dan Rumah Adat Betawi. Di zona ini, Anda dapat mengunjungi Museum Betawi, gedung pertunjukan dalam ruangan atau ruang serbaguna, serta amphitheater.

Zona Statis juga menawarkan pengalaman menjelajahi rumah adat Betawi yang dilengkapi kolam ikan dan taman. Taman dan vegetasi di sini mengikuti karakteristik khas Betawi.

Baca Juga: Cafe 24 Jam Jakarta

2. Zona Dinamis

Berbagai Kegiatan Seni Betawi. Seperti namanya, di zona ini Anda diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang ditawarkan. Area ini sering digunakan untuk latihan seni Betawi, termasuk pencak silat, tari Betawi, pembatikan, dan latihan musik gambang kromong.

Selain kedua zona utama tersebut, ada juga Zona Embrio, dimana terdapat contoh rumah adat Betawi yang dapat dijadikan sebagai tempat menginap (homestay).

Baca Juga: Floating Market Lembang

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Setu Babakan

Kegiatan di Situ Babakan

Kegiatan di Situ Babakan

Tidak hanya menikmati dan mengamati budaya Betawi dalam perjalanan, Anda juga dapat mengikuti sejumlah kegiatan yang telah tersedia.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir, karena pasti akan ada banyak hal bisa dilakukan saat mengunjungi tempat ini. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda ikuti:

1. Wisata Budaya

Dikutip dari informasi Setu Babakan Betawi, kegiatan pertama adalah wisata budaya, yang bertujuan untuk memunculkan kembali nilai-nilai tradisional. Wisata ini dipresentasikan dengan tampilan yang menarik, layak untuk ditonton, dan bahkan layak untuk dibeli. Beberapa kegiatan yang dapat Anda saksikan di sini meliputi:

  1. Pertunjukan seni musik, tari, dan teater tradisional di teater terbuka.
  2. Pelatihan seni tari, musik, membatik, dan teater tradisional untuk anak-anak dan remaja.
  3. Atraksi wisata Perkampungan Budaya Betawi dan prosesi budaya seperti upacara pernikahan, sunatan, aqiqah, khatam Al-Quran, nujuh bulan, injak tanah, ngederes, dan lain-lain.
  4. Latihan silat Betawi.
  5. Produk industri rumah tangga berupa souvenir, makanan, camilan, dan minuman khas Betawi.
  6. Kegiatan masyarakat Betawi seperti bertani, memancing, dan budidaya ikan air tawar.

Baca Juga: Wisata Religi Jakarta

2. Wisata Agro

Wisata Agro merupakan kegiatan pariwisata yang memanfaatkan usaha pertanian dengan tujuan rekreasi dan pengalaman. Hal ini juga dapat memberikan peluang usaha di bidang perkebunan. Lokasi perkebunan di Kampung Betawi menjadi salah satu daya tariknya.

Lokasi perkebunan tidak hanya terbatas pada area khusus, tetapi juga terdapat di pelataran Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan dan halaman rumah penduduk.

Berbagai jenis pohon buah dapat ditemui di sini, seperti mangga, melinjo, rambutan, jambu, jengkol, pete, nangka, cempedak, jambu mede, dan lain-lain.

Baca Juga: Tempat Wisata Malam Jakarta

3. Wisata Air

Wisata air di Setu Babakan menawarkan kegiatan olahraga air yang menarik bagi wisatawan. Kegiatan wisata air dapat dinikmati termasuk sepeda air, kano, dan memancing. Menurut situs resmi, pihak pengelola terus mengembangkan fasilitas wisata air di daerah ini, dengan rencana untuk memperkenalkan sarana transportasi air seperti getek dan perahu kecil.

Baca Juga: Cafe Jakarta Pusat

Kuliner Setu Babakan yang Wajib Dicoba

Kuliner Di Situ Babakan

Kuliner Di Situ Babakan

Kuliner di Setu Babakan merupakan daya tarik utama bagi para pengunjung yang ingin menikmati kelezatan kuliner khas Betawi. Dengan beragam pilihan menu yang menggugah selera, Setu Babakan menjadi destinasi yang sempurna untuk wisata kuliner.

Dari soto Betawi yang kaya rempah hingga kerak telur yang renyah dan gurih, Setu Babakan menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Selain itu, jangan lewatkan juga nasi uduk dan ketoprak yang merupakan hidangan favorit di kawasan ini.

1. Kerak Telor

Kuliner Setu Babakan yang patut dicoba adalah kerak telor, sebuah hidangan ikonik Betawi yang selalu menjadi favorit masyarakat setempat maupun wisatawan. Rasanya yang khas dan teksturnya yang unik membuatnya menjadi pilihan utama bagi para pecinta kuliner.

Dibuat dari campuran telur, ketan, dan kelapa, kerak telor memiliki bentuk yang mirip dengan telur dadar namun dengan cita rasa yang berbeda. Setiap gigitan akan membawa Anda merasakan kombinasi yang lezat dan menggugah selera.

Ukurannya yang cukup besar juga membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk mengenyangkan perut setelah seharian berjalan-jalan di sekitar Setu Babakan. Tak heran jika kerak telor selalu menjadi incaran setiap pengunjung yang datang ke Setu Babakan.

Baca Juga: Museum Wayang Jakarta

2. Kembang Goyang

Apakah Anda sedang berada di Setu Babakan dan ingin menikmati kuliner khasnya? Salah satu pilihan camilan yang bisa dicoba adalah kue kembang goyang. Kue ini tidak hanya lezat, tetapi juga unik karena dibuat dengan cara digoyang-goyangkan dari cetakannya.

Rasanya manis dan gurih, dengan tekstur yang renyah membuatnya menjadi camilan yang sempurna untuk dinikmati kapanpun dan dimanapun Anda berada. Kue kembang goyang merupakan salah satu kuliner yang patut dicoba saat berkunjung ke Setu Babakan.

Selain sebagai camilan, kue ini juga bisa menjadi oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang kepada keluarga atau teman. Dengan cita rasa yang autentik dan proses pembuatannya yang unik, kue kembang goyang akan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi Anda.

Baca Juga: Cafe Rooftop Jakarta

3. Laksa Betawi

Salah satu kuliner yang patut dicoba di daerah Setu Babakan adalah laksa Betawi. Makanan khas dari Betawi ini telah menjadi favorit banyak orang karena cita rasanya gurih dan lezat. Laksa Betawi terdiri dari mi yang disajikan dengan kuah kental berisi aneka lauk pauk, seperti potongan daging ayam, udang, dan bahan lain yang melengkapi cita rasa uniknya.

Setiap suapan laksa Betawi akan memanjakan lidah Anda dengan perpaduan rasa yang begitu meriah. Hidangan ini tidak hanya menggugah selera, tetapi juga memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Dengan sentuhan rempah-rempah khas Betawi, laksa ini menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Baca Juga: Coffee Shop Jakarta Jakarta Barat

4. Bir Pletok

Di kawasan kuliner Setu Babakan, tidak hanya terdapat beragam makanan lezat, tetapi juga minuman unik yang patut untuk dicoba, seperti bir pletok. Meskipun namanya mengandung kata “bir”, minuman khas Betawi ini sebenarnya tidak mengandung alkohol.

Bir pletok terbuat dari campuran berbagai rempah-rempah yang tidak hanya menyehatkan, tetapi juga mampu menghangatkan tubuh Anda di tengah cuaca yang dingin. Dengan cita rasa yang khas dan aroma rempah yang menggoda, bir pletok menjadi salah satu minuman favorit bagi pengunjung kuliner Setu Babakan.

Minuman ini tidak hanya menyegarkan tenggorokan, tetapi juga memberikan pengalaman kuliner yang unik dan berkesan bagi para penikmatnya.

Baca Juga: Cafe Rooftop Jakarta Selatan

5. Selendang Mayang

Salah satu kuliner khas dari Setu Babakan yang patut dicoba adalah es selendang mayang. Minuman tradisional ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menggugah selera dengan rasa manis yang unik. Santan yang lembut dipadukan dengan puding sagu memberikan sensasi tekstur yang berbeda dalam setiap tegukan.

Es selendang mayang menjadi pilihan minuman yang cocok untuk dinikmati di tengah cuaca panas atau sebagai penutup makan siang yang lezat. Kombinasi antara santan dan puding sagu menciptakan harmoni rasa yang sulit untuk dilupakan. Selain itu, tampilan es selendang mayang yang cantik dan menarik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Baca Juga: Cafe Rooftop Jakarta Timur

Berkunjung ke Setu Babakan Lebih Mantap Pakai Hiace!

Baru saja selesai membaca artikel tentang keindahan dan kelezatan di Setu Babakan? Dari pesona budaya Betawi yang autentik hingga berbagai sajian kuliner khas yang memanjakan lidah, Setu Babakan memang destinasi yang sempurna untuk liburan tak terlupakan.

Anda pasti ingin segera merencanakan kunjungan berikutnya untuk menikmati lebih banyak lagi pengalaman seru dan mengesankan di sana. Agar perjalanan Anda semakin nyaman dan praktis, gunakan layanan sewa Hiace Jakarta dari Skycity Trans.

Dengan armada Hiace yang luas dan dilengkapi fasilitas lengkap, Anda dan keluarga bisa menjelajahi Setu Babakan dengan nyaman dan aman. Sopir profesional kami siap mengantar Anda ke setiap sudut Setu Babakan, sehingga Anda bisa fokus menikmati liburan. Pesan sekarang dan nikmati pengalaman wisata yang lebih nyaman dengan Skycity Trans!

Baca Juga: 

Bagikan ke: