Home » Otomotif » Mau Bayar Pajak Innova Reborn? Cek Artikel ini!

Mau Bayar Pajak Innova Reborn? Cek Artikel ini!

Mau Bayar Pajak Innova Reborn? Cek Artikel ini!

Pajak kendaraan bermotor adalah biaya yang wajib dibayar setiap tahun oleh pemilik kendaraan, termasuk untuk MPV populer seperti Toyota Innova Reborn. Besaran pajak untuk Innova Reborn ditentukan oleh pemerintah berdasarkan kapasitas mesin dan tahun kendaraan. Mengetahui jumlah pajak tahunan sangat penting bagi pemilik Innova Reborn untuk menghindari sanksi dan denda akibat keterlambatan pembayaran.

Innova Reborn adalah varian mobil MPV dari Toyota yang dikenal dengan desain modern, cukup besar untuk menampung 8 penumpang dengan nyaman, dan dilengkapi dengan kapasitas bagasi yang luas. Tersedia dengan mesin bensin 2.0 liter atau diesel 2.4 liter, serta pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis 6-speed. Harga Innova Reborn bervariasi tergantung pada tipe dan spesifikasi, dengan kisaran umum antara Rp300 jutaan hingga Rp400 jutaan.

Pajak Innova Reborn 2020 Sesuai Tipenya

Toyota Kijang Innova Reborn tetap menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia sebagai mobil MPV. Selain desainnya yang gagah, mobil ini juga mempertahankan kesan mewahnya. Bagi Anda yang tertarik membeli mobil ini, berikut informasi mengenai pajak Innova Reborn.

Menurut laman resmi Toyota, Toyota Kijang Innova pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2004 dengan dua pilihan mesin: bensin 2000 cc dan diesel 2.500 cc. Setelah beberapa kali mengalami pembaruan, Toyota meluncurkan generasi baru bernama Innova Reborn pada tahun 2015.

Innova Reborn mengalami berbagai perubahan signifikan, mulai dari struktur yang lebih solid dengan desain semi kotak, fitur dan teknologi yang lebih canggih, hingga interior yang lebih modern. Secara umum, Innova Reborn menawarkan dua jenis mesin: mesin bensin 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc dan mesin diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc dengan VNT Intercooler.

Bagi Anda yang tertarik membeli Innova Reborn bekas, sangat disarankan untuk mengetahui besaran pajaknya terlebih dahulu.

Baca Juga: Innova Reborn 2022

Pajak Innova Reborn Tahun 2020

Menurut kumparanOTO, meski PT Toyota Astra Motor (TAM) telah merilis model terbaru Innova Zenix, minat masyarakat terhadap Innova Reborn di segmen mobil bekas tetap tinggi. Salah satu strategi yang penting dalam mengelola keuangan saat membeli mobil bekas adalah mengetahui besaran pajak kendaraan yang akan dibeli. Hal ini membantu dalam memproyeksikan pengeluaran tahunan.

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor, yang pemungutannya dilakukan di Kantor Samsat. Pembayaran pajak ini dilakukan setiap tahun dan setiap lima tahun. Selain itu, pembayaran pajak ini juga disertai dengan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang berjumlah Rp 143.000 untuk mobil.

Perlu diketahui bahwa besaran pajak kendaraan di setiap daerah dapat bervariasi, tergantung pada regulasi yang berlaku di masing-masing daerah. Berdasarkan data dari laman Auto2000, berikut adalah rincian pajak Innova Reborn tahun 2020 sesuai tipenya:

– Innova 2.0 G M/T: Rp 3.825.000
– Innova 2.0 G A/T: Rp 3.585.000
– Innova 2.4 G M/T: Rp 3.930.000
– Innova 2.4 G A/T: Rp 4.185.000
– Innova 2.0 V M/T: Rp 4.155.000
– Innova 2.0 V A/T: Rp 4.380.000
– Innova 2.4 V M/T: Rp 4.545.000
– Innova 2.4 V A/T: Rp 4.785.000
– Innova 2.0 Q M/T: Rp 4.575.000
– Innova 2.0 Q A/T: Rp 4.815.000

Semoga informasi mengenai pajak Innova Reborn tahun 2020 ini bermanfaat.

Panduan Lengkap Pembayaran Pajak Innova Reborn Tahun 2024

Pajak kendaraan bermotor merupakan kewajiban tahunan yang harus dipenuhi oleh setiap pemilik kendaraan, termasuk bagi pemilik Toyota Innova Reborn, salah satu MPV populer di Indonesia. Pembayaran pajak kendaraan ini diatur oleh pemerintah dan besarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kapasitas mesin dan tahun pembuatan kendaraan. Memahami besaran dan cara pembayaran pajak ini penting untuk menghindari sanksi administratif dan denda yang berlaku.

Sekilas tentang Toyota Innova Reborn

Toyota Innova Reborn merupakan varian MPV (Multi-Purpose Vehicle) yang dikenal dengan desain modern dan kapasitas penumpang yang besar, mencapai hingga 8 orang. Mobil ini tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni mesin bensin 2.0 liter dan diesel 2.4 liter.

Kedua mesin tersebut terkenal efisien dan bertenaga, dengan opsi transmisi manual 5-speed atau otomatis 6-speed. Harga Innova Reborn bervariasi tergantung tipe dan spesifikasinya, umumnya berkisar antara Rp300 jutaan hingga Rp400 jutaan.

Besaran Pajak Innova Reborn

Besaran pajak Innova Reborn ditentukan berdasarkan beberapa faktor, termasuk jenis kendaraan, kapasitas mesin, dan tahun pembuatan. Berikut adalah beberapa contoh tarif pajak untuk Innova Reborn:

Innova Reborn 2020:

– Innova 2.0 G M/T: Rp4.872.000
– Innova 2.4 G M/T: Rp5.334.000
– Innova 2.0 V M/T: Rp5.649.000
– Innova 2.4 V M/T: Rp6.489.000
– Innova 2.0 Q M/T: Rp6.531.000

Innova Reborn 2019:

– Innova 2.0 G M/T: Rp4.662.000
– Innova 2.4 G M/T: Rp5.124.000
– Innova 2.0 V M/T: Rp5.418.000
– Innova 2.4 V M/T: Rp6.237.000
– Innova 2.0 Q M/T: Rp5.964.000

Cara Pembayaran Pajak Innova Reborn

Pembayaran pajak Innova Reborn dapat dilakukan di kantor Samsat terdekat. Prosedur yang perlu diikuti adalah:

1. Persiapkan Dokumen:

– KTP asli dan fotokopi pemilik.
– STNK asli dan fotokopi atas nama pemilik.

2. Proses Pembayaran:

– Datang ke kantor Samsat dan ambil nomor antrian.
– Serahkan dokumen ke loket pembayaran STNK.
– Tunggu panggilan dari petugas untuk proses pembayaran.
– Bayar nominal sesuai dengan besaran pajak yang telah ditentukan.
– Setelah pembayaran, tunggu pemrosesan dokumen untuk mengambil STNK asli yang sudah diperbarui.

Cara Bayar Pajak Melalui Aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional)

Berikut adalah langkah-langkah untuk membayar pajak kendaraan motor melalui aplikasi SIGNAL:

1. Unduh aplikasi SIGNAL
2. Registrasi: Isi data diri dan lakukan verifikasi dengan KTP serta foto diri.
3. Dapatkan kode bayar setelah sistem memverifikasi data Anda.
4. Buka aplikasi JakOne Mobile: Lakukan pembayaran dengan memasukkan kode bayar yang telah diterima.
5. Unduh E-TBPKP, E-Pengesahan, dan E-KD dari aplikasi SIGNAL setelah pembayaran berhasil.

Jika Anda belum memiliki aplikasi JakOne Mobile, unduh sekarang untuk menikmati kemudahan bertransaksi dari mana saja.

Denda dan Konsekuensi Keterlambatan

Jika terlambat membayar pajak, pemilik kendaraan akan dikenakan denda yang dihitung berdasarkan persentase dari pajak yang belum dibayar. Selain itu, keterlambatan juga dapat mengakibatkan pemblokiran kendaraan oleh pihak berwenang dan kesulitan dalam proses perpanjangan STNK. Oleh karena itu, sangat penting untuk membayar pajak tepat waktu untuk menghindari masalah hukum dan administratif.

Kesimpulan

Memahami besaran dan prosedur pembayaran pajak Innova Reborn sangat penting bagi setiap pemilik kendaraan ini. Dengan membayar pajak tepat waktu, pemilik kendaraan dapat menghindari denda dan sanksi serta memastikan kendaraan tetap terdaftar secara sah. Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam proses pembayaran pajak kendaraan secara efisien dan tepat waktu.

Bagikan ke: