Home » Otomotif » Campervan Hiace: Spesifikasi dan Biaya Pembuatannya

Campervan Hiace: Spesifikasi dan Biaya Pembuatannya

Campervan Hiace: Spesifikasi dan Biaya Pembuatannya

Campervan Hiace – Tren wisata ke alam terbuka dengan menggunakan campervan dan motorhome kini menjadi pilihan liburan yang aman di tengah tingginya angka penularan Covid-19 di Indonesia. Beberapa spesialis modifikasi interior, termasuk Delima Jaya Group, telah mengembangkan berbagai konsep untuk campervan, motorhome, dan bahkan caravan.

Kali ini, kami akan membahas modifikasi Campervan Hiace yang dibuat oleh Delima Jaya. “Untuk campervan, kami menggunakan sasis minivan atau minibus yang sudah dibentuk menjadi bodi, kemudian dimodifikasi interiornya dan ditambahkan berbagai aksesori, seperti pada Toyota Hiace atau Daihatsu Gran Max minibus,” jelas Winston Wiyanta, Direktur Delima Jaya.

Kabin Campervan Hiace Permio buatan Delima Jaya ini menarik karena terinspirasi dari desain campervan di Eropa dan Amerika Serikat. “Desain campervan dan motorhome dari Eropa dan Amerika Serikat menjadi salah satu inspirasi dan referensi dalam pembuatan campervan dan motorhome kami,” ujar Winston.

“Perbedaannya, campervan buatan pabrik di Eropa dan Amerika Serikat dilengkapi dengan pemanas dan pendingin udara karena ada musim dingin, sedangkan di Indonesia tidak ada, sehingga beberapa spesifikasi disesuaikan dengan cuaca di Indonesia,” tambahnya.

Untuk meningkatkan kenyamanan saat berpetualang di Indonesia, Delima Jaya telah menyematkan berbagai fitur terbaik pada kabin Hiace Premio.

“Kami menggunakan material dan aksesori berkualitas premium seperti tangki air, kompor, AC, genset, sistem hiburan, pelapis jok dari kulit, awning, lemari, kitchen set, toilet, karpet, lampu LED, railing, kaca, dan meja, dengan perhatian yang sangat baik pada detail,” jelas Winston.

Bagi konsumen yang tertarik mengubah Toyota Hiace Premio mereka menjadi campervan seperti ini, pengerjaannya dapat diselesaikan dalam 30 hingga 60 hari. “Biaya pembuatan kabin Toyota Hiace Premio campervan berkisar antara Rp 50 hingga 200 juta, tergantung spesifikasi yang diinginkan konsumen, dan kami memberikan garansi pengerjaan selama 1 tahun,” tutup Winston.

Siapkan Rp 125 Jutaan, Biaya Bikin Campervan Hiace Untuk Bertualang

Liburan dengan campervan bisa menjadi alternatif refreshing yang tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan campervan, Anda bisa bepergian ke mana saja tanpa perlu menyewa hotel untuk beristirahat. Jika Anda ingin memiliki campervan di Indonesia, mulailah dengan menyiapkan kendaraan dengan kabin yang luas.

Kemudian, bawa mobil tersebut ke karoseri untuk dilakukan beberapa modifikasi pada kabinnya. Karoseri Delima Jaya di Bogor baru saja menyelesaikan sebuah Campervan Hiace. Kabinnya telah diubah sedemikian rupa sehingga bisa menjadi tempat berkumpul di siang hari dan tempat istirahat atau tidur di malam hari.

Managing Director karoseri Delima Jaya, Winston Wiyanta, mengatakan bahwa konsep Campervan Hiace ini dirancang sebagai campervan mewah. Di dalamnya sudah disediakan berbagai peralatan elektronik seperti TV LED, sistem audio, soket USB, kulkas, dan kompor listrik.

“Di dalamnya sudah ada tempat tidur tingkat di bagian belakang serta sofa bed yang bisa dijadikan tempat tidur,” kata Winston kepada Kompas.com, Senin (23/11/2020). Selain itu, campervan ini juga dilengkapi dengan toilet portabel, genset, dan aki tambahan untuk suplai listrik saat mobil berhenti. Bagi yang suka bersepeda, Delima Jaya juga memasang bracket untuk penyimpanannya.

“Biaya pembuatan Campervan Hiace berkisar antara Rp 125 juta hingga Rp 150 juta, tergantung spesifikasi yang diminta oleh pelanggan. Bisa lebih mahal atau lebih murah sesuai permintaan. Selain itu, kami juga memberikan garansi satu tahun,” kata Winston.

Garansi ini mencakup keahlian pengerjaan Delima Jaya, seperti pelapisan interior dan sistem kelistrikan. Seluruh pekerjaan yang dilakukan oleh karoseri dijamin selama satu tahun. Berikut spesifikasi Toyota Hiace campervan buatan karoseri Delima Jaya:

1. Interior dibungkus dengan kulit sintetis premium dan kayu open pore natural
2. Ambient light LED fleksibel
3. Lantai dengan motif kayu
4. Toilet dengan shower tray dan toilet portabel
5. Tempat tidur tingkat
6. Sofa bed yang dapat dijadikan tempat tidur
7. Meja lipat dengan motif kayu natural open pore
8. Rak gantung
9. Rak kabinet
10. Meja dan laci kompartemen
11. Sink stainless steel
12. TV LED 32 inci
13. Sistem audio lengkap dengan speaker dan audio player
14. Kawat nyamuk pada kaca sliding
15. Sistem kelistrikan lengkap dengan soket USB, MCB, tombol switch, dan panel kontrol
16. Alat pemadam api
17. Kompor listrik
18. Pompa air
19. Aki tambahan
20. Inverter
21. Genset
22. Kulkas mini
23. Bracket untuk sepeda

Baca Juga: Ambulance Hiace

Komponen Biaya Pembuatan Campervan Hiace

Campervan telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang mencari cara berpetualang dengan kenyamanan rumah di atas roda. Salah satu model kendaraan yang sering digunakan sebagai dasar pembuatan campervan dari Toyota Hiace.

Toyota Hiace terkenal dengan ruang yang luas, daya tahan yang baik, dan kinerja yang andal. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengubah Hiace Anda menjadi campervan, penting untuk mengetahui perkiraan biaya yang akan dikeluarkan. Artikel ini akan membahas berbagai komponen biaya yang terkait dengan pembuatan campervan Hiace. Berikut komponennya:

1. Pembelian Kendaraan Dasar Campervan Hiace

  • Harga Toyota Hiace Bekas: Biaya awal yang harus dipertimbangkan adalah harga kendaraan itu sendiri. Toyota Hiace bekas dengan kondisi yang baik biasanya dijual dengan harga antara Rp 200 juta hingga Rp 500 juta, tergantung pada tahun pembuatan, kondisi, dan jarak tempuh.
  • Harga Toyota Hiace Baru: Jika Anda lebih memilih membeli baru, harga Toyota Hiace baru bisa mencapai Rp 500 juta hingga Rp 700 juta.

2. Desain dan Perencanaan Campervan Hiace

Konsultasi Desain: Menggunakan jasa desainer campervan profesional dapat membantu memastikan tata letak yang efisien dan fungsional. Biaya konsultasi desain biasanya berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 20 juta.

3. Konversi Interior Campervan Hiace

  • Material dan Peralatan: Biaya material untuk interior campervan, termasuk tempat tidur, dapur, penyimpanan, dan kamar mandi, dapat bervariasi antara Rp 50 juta hingga Rp 150 juta. Kualitas material yang digunakan, seperti kayu, logam, dan bahan isolasi, sangat mempengaruhi total biaya.
  • Instalasi Peralatan Elektronik: Melengkapi campervan dengan peralatan elektronik seperti sistem kelistrikan 12V, inverter, panel surya, dan baterai tambahan dapat memakan biaya sekitar Rp 20 juta hingga Rp 50 juta.
  • Sistem Pipa dan Air: Instalasi sistem air bersih dan kotor, termasuk tangki air, pompa air, dan pemanas air, bisa memakan biaya antara Rp 10 juta hingga Rp 30 juta.

4. Furnitur dan Aksesoris Campervan Hiace

  • Tempat Tidur dan Sofa: Penggunaan furnitur multi-fungsi seperti sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur akan menambah biaya sekitar Rp 10 juta hingga Rp 30 juta.
  • Dapur Mini: Pemasangan dapur mini dengan kompor, kulkas, dan wastafel dapat memakan biaya sekitar Rp 10 juta hingga Rp 25 juta.
  • Toilet dan Kamar Mandi: Jika Anda menginginkan fasilitas toilet dan kamar mandi di campervan, biayanya bisa mencapai Rp 15 juta hingga Rp 40 juta.

5. Eksterior dan Modifikasi Tambahan Campervan Hiace

  • Peningkatan Suspensi dan Ban**: Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan perjalanan, peningkatan suspensi dan ban yang sesuai untuk campervan bisa memakan biaya sekitar Rp 10 juta hingga Rp 30 juta.
  • Cat Ulang dan Dekorasi Eksterior: Jika Anda ingin memberikan tampilan baru pada Hiace Anda, cat ulang dan dekorasi eksterior bisa memakan biaya sekitar Rp 10 juta hingga Rp 25 juta.

Total Perkiraan Biaya Membuat Campervan Hiace

Berdasarkan yang sudah dipaparkan di atas, total biaya untuk mengubah Toyota Hiace menjadi Campervan HIace dapat berkisar antara Rp 125 juta hingga Rp 500 juta. Rentang biaya ini sangat tergantung pada pilihan material, peralatan, dan layanan yang digunakan.

Kesimpulan

Mengubah Toyota Hiace menjadi Campervan Hiace adalah investasi yang signifikan, namun manfaatnya berupa kenyamanan dan fleksibilitas dalam berpetualang membuatnya layak dipertimbangkan.

Dengan perencanaan dan anggaran yang tepat, Anda dapat menciptakan Campervan Hiace impian yang memenuhi kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Sebelum memulai proyek ini, sangat disarankan untuk melakukan riset mendalam dan berkonsultasi dengan profesional di bidang konversi Campervan Hiace untuk memastikan hasil yang memuaskan dan sesuai harapan.

Sudah Tahu Campervan Hiace? Sewa Hiace Saja di Skycity Trans!

Setelah mengetahui informasi tentang Campervan Hiace, Anda mungkin merasa lebih teredukasi dalam memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda. Namun, dalam merencanakan perjalanan kelompok atau bisnis di Jakarta, tidak hanya kapasitas yang penting, tetapi juga kenyamanan, keamanan, dan fleksibilitas.

Inilah mengapa layanan sewa Hiace dari Skycity Trans adalah solusi ideal untuk memenuhi semua kebutuhan perjalanan Anda. Dengan Skycity Trans, Anda dapat menikmati manfaat dari armada Hiace yang luas dan beragam, cocok untuk berbagai jenis perjalanan, mulai dari perjalanan wisata keluarga hingga acara bisnis skala besar.

Mengapa Memilih Skycity Trans?

  1. Reputasi yang Baik: Skycity Trans telah membangun reputasi yang baik sebagai penyedia layanan penyewaan Hiace yang terpercaya di Jakarta. Dengan puluhan ulasan positif dari pelanggan puas, Anda dapat mempercayai layanan yang mereka tawarkan.
  2. Kendaraan Berkualitas: Skycity Trans menyediakan Hiace yang terawat dengan baik dan dalam kondisi prima. Setiap kendaraan menjalani pemeriksaan rutin untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan.
  3. Fleksibilitas Penyewaan: Anda dapat memilih paket penyewaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk perjalanan singkat maupun jangka panjang. Layanan pelanggan mereka juga siap membantu Anda dalam proses penyewaan.
  4. Harga yang Kompetitif: Skycity Trans menawarkan harga yang kompetitif dengan biaya yang jelas dan transparan. Anda tidak perlu khawatir akan adanya biaya tambahan yang tersembunyi.
  5. Layanan Pelanggan yang Responsif: Skycity Trans siap membantu Anda dengan segala pertanyaan dan kebutuhan Anda sepanjang proses penyewaan. Mereka mengutamakan kepuasan pelanggan dan siap memberikan layanan terbaik.

Dengan demikian, jika Anda mencari tempat terpercaya untuk menyewa Hiace di Jakarta, Skycity Trans adalah pilihan yang tepat.

Dengan reputasi yang baik, kendaraan berkualitas, fleksibilitas penyewaan, harga yang kompetitif, dan layanan pelanggan yang responsif, Anda dapat mempercayakan kebutuhan transportasi Anda kepada mereka.

Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Skycity Trans untuk mendapatkan pengalaman menyewa Hiace yang menyenangkan dan tanpa stres di Jakarta!

Bagikan ke: