Home » Otomotif » Toyota Hiace Jadul: Keunggulan, Harga, dan Jenis-Jenisnya

Toyota Hiace Jadul: Keunggulan, Harga, dan Jenis-Jenisnya

Toyota Hiace Jadul: Keunggulan, Harga, dan Jenis-Jenisnya

Toyota Hiace jadul adalah representasi dari awal mula kemegahan Toyota Hiace, sebuah kendaraan komersial yang telah menjadi ikon dalam dunia otomotif. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1967, Hiace telah menjalani berbagai evolusi dan perubahan desain yang membuatnya semakin dikenal dan dicintai oleh banyak orang.

Sejarah Hiace Jadul

Generasi awal Hiace, yang sering disebut sebagai “jadul” atau “klasik,” mencakup model-model yang diproduksi dari tahun 1970-an hingga 1990-an. Sejak awal kemunculannya, Toyota Hiace jadul telah membuktikan dirinya sebagai kendaraan serbaguna yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan pengguna dengan baik. 

Dengan reputasi yang terus berkembang sebagai kendaraan yang tahan lama, Hiace jadul tidak hanya menjadi pilihan untuk bisnis, tetapi juga bagian dari sejarah perkembangan industri otomotif. Meskipun telah mengalami berbagai pembaruan dan inovasi sejak pertama kali diluncurkan, Hiace jadul tetap mempertahankan pesonanya yang unik dan memikat.

Sebagai bagian dari sejarah Toyota Hiace yang kaya akan prestasi dan keberhasilan, Hiace jadul adalah bukti nyata dari dedikasi Toyota dalam menyajikan produk berkualitas tinggi yang selalu memenuhi harapan konsumen. Dengan warisan yang kuat dan pengaruh yang luas, Toyota Hiace jadul tetap menjadi salah satu kendaraan komersial paling ikonik yang pernah ada.

Baca Juga: Mobil Travel

Keunggulan dari Hiace Jadul 

Toyota Hiace jadul, meskipun sudah diproduksi beberapa dekade lalu, tetap memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya masih dihargai dan digunakan hingga saat ini, berikut beberapa keunggulannya:

1. Kapasitas Angkut Besar

Hiace jadul memiliki kapasitas angkut yang besar untuk penumpang dan barang, kemampuannya menampung hingga 10-15 penumpang, hiace jadul menjadi pilihan utama untuk angkutan umum dan travel. Ruang kabin yang luas dan fungsional membuat perjalanan jauh dengan hiace jadul terasa nyaman bagi semua penumpang dan pengemudi.

Desain interiornya dirancang dengan teliti untuk memberikan kenyamanan maksimal selama perjalanan. Fitur-fitur tambahan seperti pendingin udara dan sistem audio yang canggih juga turut menambah kenyamanan dalam perjalanan, serta mesin yang tangguh dan performa yang stabil. 

2. Kemudahan Perawatan

Kemudahan dalam merawat hiace jadul salah satu keunggulan yang tidak dapat diabaikan. Suku cadang untuk kendaraan ini mudah ditemukan di pasaran, sehingga pemiliknya tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari komponen yang diperlukan, mereka dapat dengan mudah melakukan perawatan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Selain itu, teknologi mesin yang digunakan pada juga cukup sederhana. Meskipun tergolong sebagai kendaraan yang sudah lama beredar di pasaran, namun mesinnya tetap handal dan mudah untuk diperbaiki. Pemiliknya dapat dengan mudah melakukan perawatan rutin untuk menjaga performa kendaraan tetap prima. 

3. Efisiensi Bahan Bakar

Hiace jadul memang dikenal sebagai kendaraan yang efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Baik mesin bensin maupun diesel, mampu menunjukkan performa luar biasa dalam menjaga iritnya penggunaan bahan bakar. Efisiensi yang dimiliki ini tidak hanya sekedar menjadi keunggulan, namun juga menjadikannya pilihan yang ekonomis digunakan dalam operasional sehari-hari.

Selain itu, keandalan mesin yang dimiliki juga turut berperan dalam menjaga efisiensi bahan bakar hiace yang optimal. Kombinasi antara efisiensi bahan bakar yang luar biasa dan performa yang handal menjadikan Hiace jadul sebagai kendaraan yang sangat diandalkan dalam berbagai kebutuhan transportasi. 

4. Fleksibilitas Penggunaan 

Kendaraan ini mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kebutuhan, mulai dari angkutan penumpang hingga kendaraan keluarga. Keunggulan multifungsinya menjadi pilihan berguna dalam berbagai situasi. Banyak pemilik kendaraan ini memilih untuk memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan mereka, baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi. 

Kelebihan fleksibilitas dan kemudahan modifikasi tidak hanya membuatnya menjadi kendaraan yang praktis, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pemiliknya untuk mengekspresikan kreativitas dan gaya pribadi mereka. Dengan sedikit sentuhan modifikasi, dapat menjadi kendaraan yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan penggunanya.

Kisaran Harga Hiace Jadul

Kisaran harga Hiace jadul di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan. Pertama-tama, tahun produksi akan mempengaruhi harga, dimana semakin tua tahun produksi, umumnya semakin murah harganya. Kondisi dengan mesin dan bodi yang masih bagus akan memiliki harga lebih tinggi daripada yang kondisinya sudah tidak baik.

Varian juga turut mempengaruhi harga, varian tertua seperti Hiace H10 biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan varian termahal seperti Hiace H12. Lokasi juga menjadi faktor penentu, dimana harga Hiace jadul di kota-kota besar cenderung lebih tinggi daripada di daerah-daerah.

Sebagai gambaran, kisaran harga rata-rata hiace jadul di Indonesia adalah Rp 100 juta, hingga Rp 200 juta. Namun, harga tersebut hanya merupakan estimasi rata-rata dan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Lakukan penelitian yang teliti dan pertimbangkan semua aspek yang relevan sebelum memutuskan untuk membeli.

Jenis-Jenis Hiace Jadul 

Toyota Hiace memiliki beberapa generasi dan varian yang telah diproduksi sejak pertama kali diluncurkan, berikut ini adalah jenis-jenis Hiace jadul yang populer di Indonesia: Berikut adalah jenis-jenis Hiace jadul yang diproduksi antara tahun 1977 hingga 1981:

1. Toyota Hiace H10

Toyota Hiace H10 adalah salah satu generasi pertama yang diproduksi di Indonesia, adir dalam varian minibus dan truk pickup, menjadi pilihan yang populer di kalangan pengusaha dan pengguna komersial. Mesin 1.8L OHV yang dimilikinya mampu menghasilkan tenaga sebesar 70 hp, memberikan performa yang handal untuk kebutuhan sehari-hari.

Meskipun tergolong sebagai hiace jadul, desain timeless dan fitur-fitur yang memadai, transmisi manual 4-percepatan yang dimilikinya memberikan pengalaman berkendara yang lebih responsif dan efisien. Pengguna dapat dengan mudah mengontrol tenaga mesin sesuai dengan kebutuhan, sehingga menjadikan perjalanan semakin menyenangkan.

2. Toyota Hiace H11

Toyota Hiace H11, dikenal sebagai salah satu kendaraan legendaris yang telah memasuki pasar otomotif sejak tahun 1979. Desain eksterior yang lebih modern, menawarkan lampu depan persegi panjang yang memberikan kesan elegan dan futuristik. Tersedia dalam pilihan mesin 1.8L OHV dan 2.0L OHV, menawarkan performa yang handal dan efisien. 

Dengan transmisi manual 4-percepatan atau 5-percepatan, pengemudi dapat merasakan kenyamanan dan kestabilan dalam setiap perjalanan. Meskipun sudah berusia puluhan tahun, Toyota Hiace H11 tetap menjadi pilihan yang populer di kalangan penggemar mobil klasik.

3. Toyota Hiace H12

Toyota Hiace H12 diperkenalkan pada tahun 1981 sebagai versi terbaru dari Hiace jadul yang diproduksi di Indonesia. Kendaraan ini menampilkan desain yang lebih sporty dengan grill depan yang lebih besar, menciptakan kesan yang lebih modern namun tetap mempertahankan sentuhan klasik dari generasi sebelumnya.

Hiace jadul ini dilengkapi dengan mesin 2.0L OHV yang handal dan efisien, memberikan performa yang baik sekaligus hemat bahan bakar. Dengan transmisi manual 5-percepatan, pengemudi dapat merasakan sensasi berkendara yang responsif dan nyaman di berbagai kondisi jalan.

4. Hiace Box

Hiace Box adalah kendaraan yang dirancang khusus untuk membawa barang dengan efisien dan aman. Desain yang kokoh dan ruang kargo yang luas, mesin 2.0L OHV yang dimiliki oleh mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 hp, memberikan performa yang optimal dalam mengatasi berbagai medan perjalanan. 

Meskipun Hiace Box memiliki desain yang modern dan fungsional, namun kendaraan ini tetap mempertahankan sentuhan klasik dari Hiace jadul yang terkenal akan keandalannya. Dengan kombinasi antara desain klasik dan fitur-fitur modern, memberikan kesan yang elegan namun tetap praktis dalam penggunaannya.

Nikmati Kehandalan Layanan Sewa Hiace Jakarta dari Skycity Trans

Setelah mengenal lebih dekat keunggulan dan sejarah Toyota Hiace jadul, sekarang saatnya Anda merasakan langsung pengalaman berkendara dengan kendaraan legendaris ini. Hiace jadul terkenal dengan daya tahannya, kapasitas penumpang yang besar, serta kenyamanannya yang tak tertandingi. 

Tidak ada cara lebih baik untuk menghidupkan kembali nostalgia perjalanan bersama hiace selain dengan menggunakan layanan sewa hiace Jakarta dari Skycity Trans. Skycity Trans memiliki armada yang tentunya terawat dengan baik, siap menemani perjalanan di Jakarta dan sekitarnya. Segera hubungi Skycity Trans dan nikmati layanan sewa hiace terbaik di Jakarta!

Bagikan ke: